Home Teknologi Telkom Indonesia Kembangkan Regional Data Center Bersama Singtel

Telkom Indonesia Kembangkan Regional Data Center Bersama Singtel

TELENEWS.ID – Perusahaan BUMN, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk menggandeng Singtel untuk mulai mengembangkan regional digital center di Indonesia. Singtel adalah perusahaan komunikasi Asia yang bertugas mengembangkan regional data center dan melakukan integrasi bisnis fixed dan mobile boardband.

Telkomsel berharap dapat menjaga ekosistem pertumbuhan bisnis digital perusahaan dengan memperkuat kapasitas dan kapabilitasnya, dengan menyesuaikan kecepatan pertumbuhan teknologi dan talenta unggul sumber daya manusia.

Pada Kamis (14/04/2022) diadakan penandatanganan MoU antara Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah dan CEO Singtel Group, Yuen Kuan Moon. Penandatanganan ini juga disaksikan oleh Menteri BUMN, Erick Thohir, Wakil Menteri BUMN II, Kartika Wirjoatmodjo, dan Direktur Utama Telkomsel, Hendri Mulya Syam. Penandatanganan ini dilakukan di Kantor Kementerian BUMN. Adapun isi MoU adalah nota kesepahaman dalam kerja sama pengembangan bisnis data center regional serta integrasi layanan fixed dan mobile boardband atau fixed mobile convergence (FMC).

Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah menyatakan ditengah perkembangan pesat teknologi dunia ini, kebutuhan data center sebuah negara adalah salah satu cara strategis untuk meningkatkan kinerja perusahaan untuk menjadi global scale data center player. Asia Tenggara sendiri sudah diproyeksikan akan menjadi basis data center dengan pertumbuhan tercepat di dunia. Hingga saat ini pertumbuhan data center di seluruh negara Asia Tenggara sudah mencapai 20% hingga tahun 2024 mendatang. Untuk itu Telkomsel juga akan menjadi perusahaan penyedia data center bukan hanya untuk kebutuhan nasional namun juga internasional, sebagai peluang bisnis besar.

Saat ini Telkom sudah memiliki 27 data center untuk kebutuhan nasional dan internasional. Telkom juga diketahui saat ini masih dalam proses pembangunan hyperscale data center (HDC) berkapasitas total 75 MW dan mampu menampung 10 ribu rak.

Baca juga :  3 Operator Menang Lelang Frekuensi 5G di Indonesia

Rak pertama dengan kekuatan 22 MW ditargetkan mulai beroperasi pada kuartal II tahun 2022 ini. Data center yang berjalan ini nantinya akan dimanfaatkan bukan hanya untuk kebutuhan pelanggan dalam negeri namun juga luar negeri. Sistem integrasi bisnis ini akan dijalankan Telkom melalui layanan IndiHome dengan Telkomsel.

CEO Singtel, Yuen Kuan Moon mengatakan seiring dengan sangat cepatnya perkembangan digitalisasi di dunia, perkembangan adopsi IoT, artificial intelligence, dan 5G, permintaan data center yang berkualitas ikut meningkat signifikan. Indonesia merupakan negara dengan ekonomi digital terbesar di Asean menjadi pangsa pasar strategis dari bisnis data center untuk seluruh negara Asean bahkan di luar Asean. Hal ini terbukti bahwa tiga negara dengan pertumbuhan data center tercepat di Asean adalah Indonesia, Singapura, dan Thailand.

Baca juga :  Lakukan Pelecehan Seksual, CEO Riot Games Dituntut!

Menteri BUMN, Erick Thohir menyatakan bahwa sebagai perusahaan telekomunikasi digital, Telkomsel harus mampu mengembangkan bisnis untuk menjadi pemimpin teknologi tidak hanya dalam negeri namun juga luar negeri, untuk membantu pemasukan negara. (Angela Limawan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Thomas Cup 2022 Usai, Ternyata Ada Skor Tertukar Sampai Pamitnya Mohammad Ahsan

TELENEWS.ID – Thomas Cup 2022 telah usai, secara mengejutkan Tim Thomas Cup India dan Tim Uber Cup Korea Selatan berhasil keluar sebagai...

Tips Makeup Simpel untuk Datang ke Kondangan Pernikahan

TELENEWS.ID - Datang ke kondangan pernikahan menjadi hal yang cukup tricky untuk kaum Hawa. Selain harus memilih busana apa yang tepat untuk...

Kata Ahli, 5 Jenis Makanan Ini Harus Dikonsumsi Anak Setiap Hari

TELENEWS.ID - Orangtua akan melakukan segala cara agar buah hati mereka mendapatkan yang terbaik. Termasuk dalam urusan gizi dan kesehatan. Salah satunya...

Rakernas Partai Pelita Dihadiri Gatot Nurmantyo dan Ahmad Riza Patria

TELENEWS.ID – Pada Senin (16/05/2022) Partai baru, Partai Pelita mengadakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Hotel Mercure Ancol, Jakarta Utara. Pada acara...