Home Ekonomi Telkomsel Suntik Dana ke Gojek, Apa Manfaatnya Bagi Pengguna?

Telkomsel Suntik Dana ke Gojek, Apa Manfaatnya Bagi Pengguna?

TELENEWS.ID – Telkomsel baru saja menggelontorkan dana sebesar total USD 450 juta kepada Gojek. Investasi dalam jumlah besar itu dinilai sangat tepat karena dilakukan sesaat sebelum Gojek melakukan merger dengan Tokopedia dan memulai IPO saham. Lantas, apa keuntungannya bagi para pengguna aplikasi tersebut kelak?

Menurut pakar ekonomi Indef, Bhima Yudhistira, saat sebuah perusahaan memulai IPO (penjualan saham kepada publik) maka valuasi sahamnya berpotensi besar meningkat. Dari situ, investor yang menyuntikkan dana para perusahaan bersangkutan dapat meraup ‘cuan’ dalam bentuk capital gain ketika melepas saham yang dimiliki usai IPO dilakukan.

“Biasanya perusahaan itu menyuntik startup sebelum IPO untuk mendapatkan harga saham yang meningkat” cetus Bhima. “Kemudian didorong (Gojek) melakukan merger dengan tokopedia sehingga saham Gojek valuasinya mengalami kenaikan yang luar biasa, sehingga nanti kalau IPO nilainya lebih besar lagi,” imbuh dia.

Setelah proses merger Gojek dan Tokopedia rampung, Telkomsel sebagai investor juga memiliki peluang untuk menggarap lebih dari 11 juta pelaku usaha, baik yang masih berskala UMKM maupun yang telah memiliki nama besar dan masuk dalam ekosistem bisnis bersangkutan. 

Gojek serta Tokopedia juga diprediksi akan memiliki lebih dari 100 juta pengguna aktif setiap bulannya. Bentang sayap Tokopedia yang sudah menjangkau nyaris 99% dari seluruh kecamatan di Indonesia juga sangat mungkin untuk dimanfaatkan Telkomsel.

Bhima juga menjabarkan keuntungan yang akan diperoleh oleh pengguna aplikasi Gojek serta Tokopedia. Pertama, Telkomsel bisa menjadi ‘jembatan’ untuk memfasilitasi para driver atau mitra merchant dengan infrastruktur jaringan telekomunikasi yang mereka miliki.

Secara lebih rinci, Telkomsel bisa menawarkan bundling bagi pengguna GoTo, yang tentunya akan naik sejalan dengan peningkatan konsumsi data. “(Untuk) Jangka panjang Telkomsel, juga bisa menginvestasikan teknologi seperti 5G kemudian membangun infrastruktur di tempat-tempat yang akses internetnya belum bagus, beserta data centre dan supporting untuk aplikasi digitalnya, jadi saling menguntungkan di situ,” urai Bhima.

Baca juga :  Kirim Email, Cara Dirjen Pajak Jelaskan Soal PPN Sembako dan Sekolah pada 13 Juta Wajib Pajak

Hal senada pun diungkap oleh pengamat telekomunikasi dari IndoTelko, Doni Ismanto. Menurut Doni, Telkomsel bisa lebih memberikan manfaat bagi pengguna dalam hal layanan dengan mengintegrasikan diri di dalam Gojek serta Tokopedia, terutama dengan sistem bundling.

“Kalau saya lihat harusnya sudah mulai ada bundling layanan Gojek dan layanan Telkomsel sejenis, harusnya sudah dipikirkan sudah mulai ada. Tapi pasti arahnya ke situ juga, harus end user yang dimanjakan” papar Doni. “Boleh GoPlay atau ke Tokopedia, jadi bonus yang ditawarkan telkomsel itu yang benar-benar diperlukan pelanggan,” tukas dia.

Baca juga :  Merger Gojek dan Tokopedia, Ini Timbangan Untung Ruginya

Seru nih! Kira-kira bundling seperti apa yang akan dilakukan Telkomsel kepada Gojek dan Tokopedia ya? Kita nantikan perkembangan selanjutnya! (Billy Bagus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Ladies, Kenali 6 Tanda Cowok Parasit yang Perlu Diwaspadai

TELENEWS.ID - Hubungan mantan pasangan Laura Anna dan Gaga Muhammad kembali memanas. Laura yang merasa dirugikan baik secara fisik maupun finansial, akhirnya...

Mengenal Situationship yang Bisa Menjebakmu Dalam Hubungan Toxic Tanpa Status

TELENEWS.ID - Apakah kamu memiliki seorang teman yang memperlakukan kamu dengan mesra, dan memberikan perhatian lebih dari seorang teman? Akan tetapi sayangnya,...

Hati-hati, Dokter Peringatkan Bahaya Memakai Celana Jeans Ketat Bagi Organ Intim Wanita

TELENEWS.ID - Praktis, stylish dan bisa dipadukan dengan jenis busana apa saja membuat celana jeans menjadi salah satu item fashion favorit kaum...

Manchester United Ditangan Ralf Rangnick, Apakah Mampu Bersaing?

TELENEWS.ID - Belakangan nama Ralf Rangnick mencuat di kancah dunia sepak bola untuk menjadi juru taktik klub Manchester United. Seperti diketahui bersama,...