Home Ekonomi Bisnis Ternak Ikan Nila atau Ikan Lele, Mana yang Lebih Untung Besar?

Ternak Ikan Nila atau Ikan Lele, Mana yang Lebih Untung Besar?

TELENEWS.ID – Beternak ataupun menjadi pembudidaya ikan nila tentu menghadirkan banyak nilai penghasilan. Proses dari pengembangan ikan nila dari bibit sampai siap panen membutuhkan proses cukup panjang.

Tidak heran bila budidaya ikan nila bisa dibandingkan dengan budidaya ikan lele. Jika dicermati dari nilai keuntungannya ternyata nilai ikan nila dianggap lebih potensial dibandingkan ikan lele.

Mungkin belum banyak orang mengetahui seperti apa potensi dari pengembangan ikan nila sebagai komoditas bisnis skala besar.

Sehingga ada beberapa poin kenapa ikan nila jauh lebih unggul dibandingkan ternak ikan lele.

1. Tingkat Pangsa Pasar Lebih Luas di Ikan Nila

Ada perbandingan dari peminat antara ikan nila dan ikan lele yang mana level pemasaran pada ikan nila jauh lebih luas dibanding lele.

Cakupan pasaran dari ikan nila sendiri terbilang lebih tinggi sampai ke pasar global.
Itulah mengapa dari beternak ikan nila jauh lebih menguntungkan dibandingkan ikan lele.

2. Indonesia Dikenal Sebagai Pusat Perdagangan Global Ikan Nila

Terdapat keuntungan ketika Anda membudidayakan ikan nila yang mana Indonesia dianggap sebagai pemilik pasar global dari penjualan ikan nila.

Dari beberapa bukti data Badan Pusat Statistik (BPS) telah mengkonfirmasi Indonesia dikenal sebagai produsen ikan nila terbesar kedua di dunia.

Hasil data tersebut juga lebih jelas membuat nama besar Indonesia sebagai satu modal awal untuk berbisnis ikan nila sampai tingkat internasional.

3. Ikan Nila Tidak Butuh Modal Besar

Berbicara soal modal untuk usaha di bidang ternak ikan nila ternyata lebih hemat biaya dibandingkan ikan lele.

Ternak ikan nila sendiri tidak butuh modal besar karena dari indukan ikan nila bisa menghasilkan telur mencapai 250 sampai 1.000 telur ikan nila.

Baca juga :  Keuangan Lesu, Matahari Segera Tutup 13 Gerai

Bahkan pada sisi harga jual ikan nila juga cenderung stabil di pasaran, karena itu saat Anda memutuskan untuk budidaya ikan nila pastinya menjadi pilihan terbaik.

4. Tingkat Kesulitan Ternak Ikan Nila Jauh Lebih Mudah

Bila dibandingkan antara ikan nila dan ikan lele tentu ada banyak faktor membuat pihak pembudidaya lebih memilih ikan nila.

Dari aspek kemudahan ternak ikan nila tidak sulit dilakukan, sehingga jenis ikan satu ini memiliki daya tahan tubuh lebih kuat.

Beberapa faktor membuat potensi penjualan ikan nila sanggup dikembangkan sebagai ide bisnis populer di Indonesia.

Baca juga :  Netflix Alami Peningkatan Pelanggan Selama Pandemi

Potensi ternak ikan nila maupun ikan lele sebenarnya memberi peluang bisnis besar. Namun, pada ternak ikan nila dianggap lebih menguntungkan dari segi jangkauan pasar, biaya usaha, dan perawatannya. (Stefanus Bernadi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Bukan Beras Merah, Inilah Sumber Karbohidrat Terbaik untuk Perut yang Langsing

TELENEWS.ID - Selama ini nasi merah dianggap sebagai sumber karbohidrat terbaik pengganti nasi atau beras putih. Memiliki indeks glikemik lebih rendah dari...

5 Resep Kulit Sehat dan Awet Muda ala Cameron Diaz yang Wajib Dicoba Semua Wanita!

TELENEWS.ID - Sebentar lagi usia bintang Hollywood, Cameron Diaz akan genap 50 tahun. Namun ibu satu anak ini masih tampak tetap cantik...

Dialami Almarhum Tjahjo Kumolo, Ini 5 Tanda Kelelahan yang Tak Boleh Diabaikan

TELENEWS.ID - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat, (01/07/2022) pada pukul 11.10 WIB....

Tips Menyimpan Bawang Merah Segar dan Tahan Lama Saat Harganya Mulai Melonjak Naik

TELENEWS.ID - Harga bawang merah dilaporkan perlahan naik. Bahkan di beberapa daerah di tanah air, harga bawang merah dikabarkan menembus angka 95...