Home Gaya hidup Ternyata Begini Cara Lezat Santap Mie Instan Agar Tetap Sehat dan Langsing

Ternyata Begini Cara Lezat Santap Mie Instan Agar Tetap Sehat dan Langsing

TELENEWS.ID-Siapa sih yang tak suka mie instan? Apalagi di musim penghujan seperti sekarang ini, hasrat untuk menyantap semangkuk mi instan yang panas dan pedas semakin bertambah. Apalagi mi instan memang menjadi salah satu hidangan favorit karena selain memiliki banyak varian rasa, harganya juga murah serta praktis untuk membuatnya.

Indonesia bisa dibilang sebagai salah satu negara dengan konsumsi mie instan yang cukup tinggi. Bahkan salah satu mie instan buatan negara sendiri sudah cukup terkenal di berbagai penjuru dunia.

Namun makanan yang satu ini sering dikaitkan dengan berbagai ganguan kesehatan. Masalah pencernaan dan kenaikan berat badan, menjadi dua hal yang membuat seseorang bakalan benar-benat berhenti mengkonsumsi mie instan.

Mie instan sendiri disebut sebagai salah satu makanan yang tidak atau memiliki nilai gizi rendah. Makanan jenis ini juga tinggi akan kandungan sodiumnya, serta dikhawatirkan memiliki kandungan bahan pengawet yang cukup tinggi di dalamnya.

Namun rupanya bukan berarti kamu tidak boleh mengkonsumsi mie instan sama sekali loh. Kamu tetap bisa kok mengkonsumsi mie instan yang lezat, namun tetap terjaga kesehatan serta badan pun tetap kece dan langsing.
Michigan State University pernah menerbitkan makalah online mengenai tips untuk membuat mie instan yang kamu konsumsi tetap lezat, sehat dan ga bikin BB naik.

  1. Gunakan bumbunya separuh saja
    Sodium pada mie instan paling banyak terdapat dalam bumbunya yang asin gurih itu. Karena itulah untuk mengurangi efek kurang baik dari sodium, sebaiknya bumbu mie instan itu hanya digunakan separuhnya saja.

Kamu bisa menambahkan bumbu-bumbu lain agar mie buatanmu tidak hambar seperti kecap, minyak wijen atau minyak ikan, pasta kari, sambal ulek dan bumbu-bumbu dapur lainnya untuk mengurangi efek sodium yang terdapat dalam bumbu mie instan.

  1. Tambahkan sayuran ke dalam mie favorit kamu
    Sudah pasti cara untuk menikmati semangkuk mie yang lezat dan juga sehat adalah dengan menambahkan aneka jenis sayuran ke dalamnya. Alih-alih memasukan sayuran kering dalam kemasan mie, kamu bisa menggantinya dengan sayuran segar yang ada di dapur.
Baca juga :  Aturan Tak Tertulis Dalam Sepak Bola Masa Kecil, Kenapa Anak Gendut Sering Dijadikan Kiper ?

Sayuran hijau seperti bayam, bok choy, brokoli, kale atau sawi sangat cocok ditambahkan ke dalam mie instan. Kamu juga bisa menambahkan aneka sayuran lain seperti wortel, tauge, jagung manis, jagung muda, tomat atau sayuran lain yang akan membuat mie buatanmu tak hanya lezat tapi juga sehat.

  1. Tambahkan juga protein favoritmu
    Menambahkan sebutir telur adalah hal yang lazim dilakukan saat memasak mie instan. Namun selain telur, kamu juga bisa menambahkan sumber protein lain seperti ayam, daging atau bahkan seafood seperti udang dan ikan. Kalau kamu vegetarian, kamu juga bisa menambahkan sumber protein nabati seperti tahu, tempe atau kacang-kacangan. Sebaiknya hindari menambahkan sosis, bakso atau frozen food; karena sama-sama mengandung bahan pengawet dan soidum yang tinggi di dalamnya.
  2. Pilih alternatif mie kuah daripada mie goreng
    Kalau kamu lagi diet dan kepingin banget makan mie instan, ada baiknya kamu memilih mie rebus saja. Hindari panggunaan bumbu minyak di dalam mie kamu. Namun jika kamu benar-benar ingin makan mie goreng, sebaiknya gantilah minyaknya dengan jenis minyak yang lebih sehat seperti minyak zaitun atau minya kelapa.
  3. Masak mie setengahnya saja
    Ya inilah salah satu cara yang sering digunakan oleh mereka yang sedang diet, namun ngidam mie instan. Biasanya mereka hanya memasak separuh mie saja dan menambahkan banyak protein serta sayuran ke dalamnya. Dengan begini keinginan makan mie instan pun terpenuhi.
Baca juga :  Bisa Jadi Gejala Diabetes, Kenali 5 Gangguan Kesehatan yang Menyebabkan Bau Badan Tak Sedap

Mie instan masih bisa dikonsumsi asalkan dengan jumlah yang moderat dan tidak berlebihan, serta tidak terlalu sering ya. (Yuyun)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Mengenal Oversharing, Kebiasaan Menggunakan Medsos yang Bisa Membuatmu Kehilangan Privasi

TELENEWS.ID - Di zaman seperti sekarang ini hampir segala sesuatu dibagikan oleh orang-orang di media sosial. Mulai dari aktivitas setelah bangun tidur...

Makanan yang Membantu Mengatasi Selulit Secara Alami

TELENEWS.ID - Sejatinya adalah hal yang normal dan lumrah jika wanita memiliki selulit pada kulit atau tubuh mereka. Namun tak bisa dipungkiri...

Kementerian PUPR Antisipasi Banjir di Mandalika

TELENEWS.ID - Kementerian PUPR tengah menyelesaikan pembangunan berbagai infrastruktur pendukung Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Nusa Tenggara Barat yang merupakan salah satu...

Tetap Cantik Saat Touring, Ini 6 Tips Menjaga Kulit dan Rambut untuk Para Lady Biker

TELENEWS.ID - Kesan garang dan tangguh dari seorang lady biker memang tak bisa untuk dipungkiri. Ini karena touring dengan motor umumnya dilakukan...