Home Gaya hidup Kesehatan Ternyata Ga Sulit, Begini Cara Mudah Mencegah Bopeng Bekas Jerawat

Ternyata Ga Sulit, Begini Cara Mudah Mencegah Bopeng Bekas Jerawat

TELENEWS.ID-Wanita akan melakukan segala cara untuk menjaga wajah mereka selalu kelihatan bersih, cerah, glowing dan bebas jerawat. Bisa dibilang diantara berbagai masalah kulit wajah, jerawat adalah salah satunya yang paling menakutkan dan bikin frustasi.

Padahal menurut Dr. Anita Dhanorkar, BHMS , jerawat merupakan sesuatu yang umum dialami oleh penduduk dunia dari berbagai ragam ras. Menurutnya hampir 80% populasi manusia yang berusai 11-30 tahun, memiliki masalah jerawat dikarenakan perubahan hormonal, stress, datang bulan, kosmetik yang salah atau penggunaan pil KB.

Namun masih menurut Dr. Anita hanya 5% populasi manusia yang memiliki bekas bopeng di wajah mereka karena jerawat. Ini karena saat mengalami jerawat, bakteri masuk terlalu dalam ke pori-pori kulit. Kulit yang selalu beregenerasi kemudian mencoba membentuk jaringan kolagen baru, yang menimbulkan bekas atau bopeng.

Dibandingkan masalah jerawat lain, bopeng menjadi salah satu hal yang sangat ditakuti. Ini karena bopeng jerawat akan sangat sulit untuk dihilangkan. Paling mungkin adalah menyamarkannya dengan metode kecantikan, seperti perawatan dengan ablative laser dan non-ablative laser.

Tentu perawatan kulit semacam itu butuh waktu lama dan harganya juga mahal. Namun ternyata kamu bisa loh mencegah munculnya bopeng bekas jerawat dengan berbagai cara berikut ini:

  1. Stop memencet jerawat
    Untuk menghindari bopeng bekas jerawat, maka sangat dilarang bagi kamu untuk memencet jerawat. Memencet jerawat apalagi dengan tangan yang belum tentu terjamin kebersihannya bisa membuat bakteri masuk ke dalam pori-pori, sehingga meningkatrkan resiko munculnya bopeng.

Bahkan meski telah mencuci tangan atau menggunakan kain dan tissue bersih, tetap tidak disarankan untuk memencet jerawat. Karena itu alih-alih memencet jerawat, sebaiknya tunggu saja hingga jerawat tersebut kempes sendiri.

  1. Selalu mengaplikasikan tabir surya
    Kalau kamu sering beraktivitas di luar ruangan dan punya kulit yang sensitif terhadap jerawat, sangat dianjurkan untuk selalu mengaplikasikan sunscreen atau tabir surya dengan SPF yang tepat.
Baca juga :  Pakai Bahan Alami, Begini Cara Untuk Merawat Kulit Sensitif dan Berminyak

Sinar UV dari matahari bisa membuat bekas jerawat menjadi menghitam, sehingga membuat luka semakin parah. Sangat dianjurkan untuk menggunakan paling tidak tabir surya dengan SPF 30, kalau kamu sering beraktivitas di luar ruangan.

  1. Jangan terlalu sering mencuci muka
    Alih-alih bebas jerawat, terlalu sering mencuci muka apalagi dengan facial foam yang mengandung scrub justru bisa memperparah jerawat. Ini karena mencuci muka terlalu sering bisa membuat kulit wajah kehilangan minyak alami, yang beperan untuk menghalangi zat kimia dalam kosmetik masuk langsung ke pori-pori wajah.

Selain itu mencuci wajah terlalu sering juga akan menghilangkan elstisitas kulit dan merusak kelembaban kulit. Dokter kulit Dr. Diane Madfes merekomendasikan untuk mencuci wajah minimal dua kali sehari dengan facial wash.

  1. Jangan sampai dehidrasi
    Kurang minum air putih bisa menyebabkan dehidrasi yang tak hanya bisa berakibat fatal bagi kesehatan, tapi juga buruk untuk kulit kita. Dehidrasi menyebabkan kulit menjadi kering, tidak elastis dan juga mudah berkeriput.
Baca juga :  Stunting pada Anak Indonesia Meningkat

Kulit kering meningkatkan resiko tumbuhnya bakteri yang memicu munculnya jerawat atau break out. Selain itu mengkonsumsi air putih juga membantu menyingkirkan racun dan bakteri yang ada di dalam tubuh.

  1. Jalani gaya hidup sehat
    Untuk mencegah munculnya bopeng bekas jerawat, tentu kamu harus menjalani hidup sehat juga. Berhanti merokok, olahraga rutin, makan-makanan bergizi dan tidur yang cukup bisa membantu kulit tetap sehat sehingga menurunkan resiko munculnya bopeng akibat bekas jerawat.

Bopeng bekas jerawat adalah mimpi buruk untuk banyak orang. Namun tentu saja kamu masih bisa mencegah munculnya bopeng, dengan berbagai cara yang telah disebutkan diatas. (Yuyun)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Entrasol Dukung Pencanangan Gerakan Nasional Melawan Osteoporosis

TELENEWS.ID - Memperingati Hari Osteoporosis Nasional (HON) yang jatuh pada 20 Oktober 2021, KALBE Nutritionals melalui Entrasol, nutrisi tinggi kalsium dengan ekstrak buah zaitun yang dapat membantu...

Ketahui Penyebab Sering Bermimpi Buruk dan Cara Efektif untuk Mengatasinya

Telenews.id- Mimpi buruk bisa dialami oleh siapa saja, dari berbagai usia. Ini adalah hal yang wajar, dan sejatinya tak perlu membuat seseorang...

Berapa Kali Baiknya Buang Air Besar dalam Sehari? Dokter Ini Punya Jawabannya Plus Tips agar Bisa BAB Rutin

Telenews.id- BAB atau buang air besar secara rutin dianggap sebagai tanda pencernaan dan perut yang sehat. Mereka yang buang air besar secara...

Inilah 5 Zodiak Paling Jujur dan Apa Adanya Menurut Astrologi, Coba Cek Kamukah Salah Satunya?

Telenews.id- Sikap jujur, blak-blakan dan apa adanya ternyata tak dimiliki oleh semua orang. Namun biasanya orang yang jujur cenderung punya sifat blak-blakan....