Home Gaya hidup Ternyata Hanya Orang Sehat Saja yang Sanggup Melakukan 5 Kebiasaan Kecil...

Ternyata Hanya Orang Sehat Saja yang Sanggup Melakukan 5 Kebiasaan Kecil Ini, Apa Itu?

TELENEWS.ID – Orang sehat punya kebiasaan unik, yang membuat mereka selalu sehat dan juga prima. Bukannya tak pernah sakit sama sekali, tetapi kebiasaan ini membantu mereka untuk meminimalisir efek penyakit yang mungkin bisa berbahaya untuk orang lain yang kurang sehat.

Satu hal yang kamu harus tahu bahwa Hidup sehat tidak memerlukan badan berotot, perut six-pack, atau mengkonsumsi salad serta makanan super untuk setiap kali makan.

Ini karena semakin rumit dan sulit kita menerapkan gaya hidup sehat, justru akan semakin sulit kita menjadi sehat. Itu sebabnya banyak ahli kesehatan yang menyarankan kita agar fokus pada kebiasaan terbaik dan sederhana yang biasa dilakukan oleh orang sehat.

Sejatinya orang sehat juga hidup layaknya manusia lain pada umumnya. Namun mereka punya beberapa kebiasaan yang mungkin terlihat simpel dan sederhana yang hanya bisa dilakukan oleh mereka yang benar-benar sehat dan prima. Apa sajakah itu?

  1. Aktif bergerak
    Kebiasaan orang sehat yang pertama tentu saja mereka akan selalu aktif bergerak, baik dalam rupa olahraga ataupun hal lainnya. Jarang sekali kita jumpai orang sehat yang hanya menghabiskan waktunya untuk rebahan sambil bermain handphone dan menonton televisi.

Perlu diingat bahwa orang yang menjalani kehidupan sedentary atau menetap, berisiko mengalami banyak masalah kesehatan yang serius. Karena itu bergeraklah. Ini bagus untuk tubuhmu, mengecilkan lingkar pinggangmu, dan bahkan membantu menjaga kesehatan mentalmu. Beristirahatlah untuk meregangkan tubuh dan berjalan-jalan. Gunakan tangga daripada lift, lakukan aktivitas seperti berkebun, membersihkan rumah atau apa saja yang membuat tubuhmu selalu aktif bergerak.

  1. Tidak mengkonsumsi makanan olahan
    Makanan olahan yang serba instan memang praktis. Tapi kamu harus tahu bahwa mereka yang benar-benar sehat, berusaha untuk selalu menghindari aneka jenis makanan olahan dan instan.

Daging tanpa lemak, ikan, sayuran, biji-bijian, dan buah-buahan yang tidak berasal dari kotak atau kalengan sarat dengan vitamin, nutrisi, serat, dan banyak lagi; akan selalu dikonsumsi oleh mereka yang sehat. Di sisi lain, diet yang penuh dengan junk food olahan dapat menyebabkan risiko diabetes dan penyakit jantung yang lebih tinggi.

  1. Berusaha menghindari stress
    Tak bisa dipungkiri bahwa memang stres meningkat di seluruh dunia. Terlalu banyak stres terkait dengan berbagai masalah kesehatan, mulai dari tekanan darah tinggi dan penyakit jantung, hingga depresi dan bahkan masalah kulit seperti jerawat.
Baca juga :  Waspada, Inilah 4 Kebiasaan Tidur yang Bisa Membuat Tubuh Jadi Gendut

Luangkan waktu beberapa menit setiap hari untuk bersantai, melepas lelah, dan memulihkan tenaga. Cobalah latihan mindfulness seperti yoga, yang dapat mengurangi kecemasan dan menurunkan tekanan darah. Orang yang bahagia adalah orang yang lebih sehat. Bahkan dengan hanya memiliki pandangan positif saja, dapat menurunkan risiko penyakit jantung koroner, diabetes, serangan jantung, stroke, dan infeksi.

  1. Selalu mengkonsumsi air putih
    Tahukah kamu bahwa tubuh manusia terdiri dari sekitar 60% air?. Itulah mengapa hidrasi yang tepat, sangat penting untuk kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan. Kamu harus tahu bahwa tingkat dehidrasi terkecil sekalipun, dapat memengaruhi suasana hati, energi, dan kesehatan.

Minumlah banyak air, dan hindari terlalu banyak mengkonsumsi minuman manis atau bersoda. Meskipun jumlah air yang direkomendasikan tergantung pada tingkat aktivitas, jenis kelamin, iklim dan lain-lain, aturan yang mudah adalah minum cukup sehingga urin berwarna kuning muda, bukan keruh apalagi kecokelatan.

  1. Tidur yang cukup
    Tidur sangat penting untuk kesehatan fisik dan mental. Saat tidur itulah otot dan sel-sel tubuh diperbaiki, tubuh menjadi sembuh, dan banyak lagi manfaat dari tidur. Namun menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), sekitar satu dari tiga orang dewasa tidak cukup tidur, sehingga dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan seperti penyakit jantung, obesitas, dan stroke.
Baca juga :  Pendidikan Perlu Tetap Berjalan di Tengah Tingginya Varian Omicron, Pimpinan MPR Minta Evaluasi PTM

Usahakanlah untuk bisa tidur tujuh hingga sembilan jam setiap malam. Mulailah kebersihan tidur yang baik, dan hindari menggunakan benda elektronik sebelum tidur atau terlalu banyak kafein di sore hari.

Nah itulah lima kebiasaan yang hanya dilakukan oleh orang yang sehat saja. Apakah kamu juga melakukan kebiasaan di atas guys? (Yuyun Amalia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Bukan Beras Merah, Inilah Sumber Karbohidrat Terbaik untuk Perut yang Langsing

TELENEWS.ID - Selama ini nasi merah dianggap sebagai sumber karbohidrat terbaik pengganti nasi atau beras putih. Memiliki indeks glikemik lebih rendah dari...

5 Resep Kulit Sehat dan Awet Muda ala Cameron Diaz yang Wajib Dicoba Semua Wanita!

TELENEWS.ID - Sebentar lagi usia bintang Hollywood, Cameron Diaz akan genap 50 tahun. Namun ibu satu anak ini masih tampak tetap cantik...

Dialami Almarhum Tjahjo Kumolo, Ini 5 Tanda Kelelahan yang Tak Boleh Diabaikan

TELENEWS.ID - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat, (01/07/2022) pada pukul 11.10 WIB....

Tips Menyimpan Bawang Merah Segar dan Tahan Lama Saat Harganya Mulai Melonjak Naik

TELENEWS.ID - Harga bawang merah dilaporkan perlahan naik. Bahkan di beberapa daerah di tanah air, harga bawang merah dikabarkan menembus angka 95...