Home Gaya hidup Ternyata Ini 5 Rahasia Menaikkan Berat Badan yang Cepat Namun Sehat

Ternyata Ini 5 Rahasia Menaikkan Berat Badan yang Cepat Namun Sehat

TELENEWS.ID – Kekurangan berat badan sama menyebalkan dengan kelebihan berat badan. Seperti orang yang ingin langsing, banyak juga loh orang-orang yang berusaha mati-matian untuk menaikkan berat badan mereka agar tak lagi underweight.

Pada dasarnya sama seperti overweight atau kelebihan berat badan, kekurangan berat badan juga tidak baik bagi kesehatan. Selain itu mereka yang undeweight juga kerap mengalami bullying dari orang-orang sekitarnya lantaran tubuh mereka yang dianggap terlalu kurus.

Memiliki indeks massa tubuh di bawah 18,5 dapat menyebabkan melemahnya kekebalan, masalah kesuburan dan hormonal, dan kekurangan nutrisi yang dapat menyebabkan anemia dan osteoporosis. Terlebih lagi, penelitian menunjukkan kekurangan berat badan terkait dengan peningkatan risiko kematian.

Colleen Chiariello, ahli diet terdaftar di Rumah Sakit Syosset di New York menyebutkan ada beberapa hal yang membuat seseorang sulit untuk menaikkan berat badan mereka. Salah satunya yang perlu diwaspadai adalah kemungkinan adanya penyakit serius yang mereka idap.

“Beberapa kekhawatiran yang terkait dengan kondisi berat badan yang kurang mungkin terkait dengan masalah medis yang mendasarinya,” ujar Chiariello. “Disarankan untuk melakukan pemeriksaan fisik dengan pemeriksaan darah dan tes tambahan untuk memastikan orang tersebut sehat” sarannya kemudian.

Selain itu orang yang terlalu kurus juga memiliki metabolisme yang lebih cepat dari orang lain pada umumnya. Beberapa orang mengalami kesulitan menambah berat badan karena metabolisme mereka membakar makanan terlalu cepat. Orang-orang seperti itu perlu memastikan bahwa asupan kalori mereka sepanjang hari lebih tinggi daripada jumlah kalori yang mereka bakar.

Lalu adakah cara untuk menaikkan berat badan secara cepat namun juga sehat?

  1. Pilih buah dan sayuran berkalori tinggi
    Baik ketika mencoba menambah, menurunkan, atau mempertahankan berat badan; buah dan sayuran menjadi sesuatu yang tak boleh ditinggalkan. Konsumsi buah-buahan, sayuran, protein, dan biji-bijian adalah kunci untuk mendapatkan vitamin dan mineral dalam jumlah yang cukup yang dibutuhkan tubuh. Beberapa jenis buah dan sayur yang kaya kalori seperti:
    • Kurma (66 kalori per buah)
    • Kismis (120 kalori dalam 1/4 cangkir)
    • Kacang hitam (220 kalori dalam 1/2 cangkir)
    • Pisang (112 kalori per buah)
    • Kale – (54 kalori per 100 gram)
  2. Konsumsi makanan padat energi dan nutrisi
    Beberapa orang, terutama mereka yang aktif secara fisik atau sedang tumbuh, mungkin membutuhkan banyak kalori untuk mencapai surplus kalori.
    Karena itu ada beberapa jenis lemak sehat yang tinggi nutrisi dan kalori. Makanan tersebut seperti:
    • Alpukat.
    • Ikan berlemak (ikan trout pelangi, salmon, sarden, dan tuna).
    • Kacang-kacangan.
    • selai kacang.
    • Minyak (minyak zaitun, minyak alpukat dan minyak biji rami).
  3. Makan lebih sering
    Makanlah lebih sering paling tidak dua hingga tiga jam sekali. Ini akan membantu Anda mencapai kebutuhan kalori harian Anda secara keseluruhan sambil kamu konsisten mengganti energi yang digunakan untuk aktivitas sehari-hari dan aktivitas fisik. Konsumsi tiga hingga lima makanan seimbang dengan camilan sehat di antaranya. Usahakan untuk mengkonsumsi biji-bijian, protein tanpa lemak, buah-buahan, sayuran, lemak sehat, dan produk susu setiap kali makan.
  4. Tambahkan keju pada makanan kesukaanmu
    Kamu bisa menambahkan beberapa topping atau pelengkap untuk makanan yang kamu konsumsi sehari-hari. Sejumlah ahli gizi menyarankan untuk menambahkan topping keju, guna menaikkan berat badan secara cepat dan sehat. Kamu dapat menambahkan keju ke sandwich, sayuran, salad, irisan buah dan biskuit; untuk meningkatkan asupan kalori.
  5. Ngemil sehat di malam hari
    Manfaatkan waktu setelah makan malam dan sebelum tidur untuk menambahkan kalori padat nutrisi. Produk susu rendah lemak atau tanpa lemak adalah pilihan yang bagus untuk camilan malam hari. Susu penuh lemak biasanya tinggi lemak jenuh yang tidak sehat, sedangkan produk susu rendah lemak memiliki lebih sedikit lemak jenuh dan mengandung lebih banyak protein. Pisang dengan mentega, almond atau smoothie protein tinggi akan menjadi pilihan yang baik untuk ngemil sehat di malam hari.
Baca juga :  Mom, Waspadai 5 Gangguan Pencernaan yang Sering Dialami si Kecil Ini
Baca juga :  Jadi Sering Haus, Waspadai 4 Tanda Diabetes Pada Wanita Yang Sedang Hamil

Itulah 5 rahasia untuk menaikkan berat badan secara cepat dan sehat, jadi kamu bukan sembarangan makan lemak yang jahat ya guys! (Yuyun Amalia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Cerita Korban Penyekapan Diduga Oleh Rentenir di Tangerang Diminta Layani Seks

TELENEWS.ID - Polres Metro Tangerang telah meminta keterangan terhadap Sulistyawati (45), korban dugaan penyekapan dan pengancaman gegara persoalan utang di kawasan Ciledug...

Viral Video Belatung di Alat Vital, Ternyata Hewan Kecil Ini Juga Bisa Hidup di Kelamin Manusia

TELENEWS.ID - Jagat media sosial tengah dihebohkan dengan tagar #belatung. Usut punya usut, tagar yang trending di Twitter dan TikTok ini membicarakan...

10 Jajanan Khas Jawa Timur Identik Dengan Rasa Gurih

TELENEWS.ID - Banyak konsep hidangan berupa jajanan khas memberi cita rasa menarik untuk dijadikan oleh-oleh. Ketika Anda berlibur ke Jawa Timur terdapat...

10 Cara Mudah Pilih Camilan Sehat Untuk Travelling dan Sehari-hari

TELENEWS.ID - Berbicara tentang pemilihan camilan sehat untuk aktivitas travelling dan sehari-hari tentu saja membuka banyak daftar terbaik. Namun, tidak hanya fokus...