Home Ekonomi Tertarik Pakai Air Fryer Saat Harga Minyak Mahal? Simak Dulu Kelebihan dan...

Tertarik Pakai Air Fryer Saat Harga Minyak Mahal? Simak Dulu Kelebihan dan Kekurangannya di Sini!

TELENEWS.ID – Harga minyak goreng semakin melambung tinggi. Di beberapa daerah di Indonesia, harga minyak goreng tembus hingga Rp. Rp 25.000-26.000 per liter.

Yang mengejutkan lagi, harga minyak goreng diprediksi akan terus merambat naik dan semakin mahal menjelang lebaran nanti. Hal ini diungkapkan oleh Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Oke Nurwan, yang menyebut kenaikan harga minyak goreng ini lantaran harga minyak sawit mentah (CPO) di tingkat internasional yang masih tetap tinggi.

“Pemerintah melihat perkembangan harga CPO internasional akan terus berjalan, diperkiran lepas puasa dan lebaran masih terjadi harga CPO tinggi, sehingga ini berdampak ke minyak goreng dalam negeri yang merangkak naik,” kata Oke.

Naiknya harga minyak goreng membuat banyak orang kemudian memilih untuk memasak mengguakan cara lain yang diklaim lebih irit minyak. Salah satunya adalah dengan menggunakan air fryer, yang beberapa bulan terakhir ini memang sedang naik daun diantara para foodie dan food blogger nasional maupun internasional.

Bagi para pembaca Telenews yang belum tahu, air fryer adalah semacam oven listrik yang dirancang untuk mensimulasikan penggorengan tanpa merendam makanan dalam minyak. Air fryer memang mirip dengan oven, namun kamu bisa menggoreng aneka jenis makanan tanpa atau hanya menggunakan sedikit minyak, namun tekstur dan rasa makanan akan tetap sama seperti saat digoreng dalam minyak yang banyak.

Peralatan dapur yang satu ini dianggap menjadi salah satu solusi terbaik saat harga minyak goreng sedang mahal seperti ini. Namun seperti gadget elektronik pada umumnya, air fryer sendiri memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yang harus kamu tahu sebelum memutuskan untuk membelinya.

Beberapa kelebihan air fryer seperti:

  1. Lebih sehat. Bagi kamu yang sedang diet atau ingin mengurangi konsumsi minyak, air fryer adalah pilihan yang sangat tepat. Karena menggunakan minyak goreng 70-80% lebih sedikit daripada menggoreng di wajan, ini akan membantu memotong sebagian besar lemak dari makanan yang kamu masak.
  2. Air fryer juga mudah digunakan. Kamu bisa memasukkan makanan beku seperti nugget, kentang goreng, onion ring, dan chicken finger, mengatur mode dan timer, lalu “ding!” makanan akan siap dalam sekejap. Kamu juga bisa menghangatkan sisa makanan tadi malam menggunakan air fryer ini.
  3. Air fryer juga mudah untuk dibersihkan. Hanya membutuhkan sedikit usaha untuk membersihkan air fryer dibandingkan dengan deep fryer. Sedikitnya jumlah minyak yang digunakan untuk menggoreng, membuatnya mudah dicuci hanya dengan sabun cuci piring dan air mengalir.
  4. Bentuknya yang mungil tidak menyita banyak tempat, sangat cocok untuk rumah yang minimalis yang tak memiliki banyak space untuk membuat dapur atau menggunakan perabot masak yang besar. Kamu bisa meletakkan air fryer di meja dapur dan menggunakannya kapan saja.
  5. Tidak seperti microwave, air fryer tidak menimbulkan radiasi yang berbahaya pada makanan. Alat ini juga melindungi pengguna dari panas dan cipratan minyak. Tidak hanya itu, air fryer juga otomatis mati sesuai dengan timer, untuk mencegah makanan menjadi gosong.
Baca juga :  Peneliti Ungkap Usia Terbaik Untuk Hamil Jika Ingin Punya Anak Cerdas

Ada kelebihan, tentu juga ada kekurangan dari air fryer ini. Apa sajakah itu?

  1. Harganya yang relatif mahal. Air fryer biasanya dibanderol dengan harga yang cukup mahal sekitar 500 ribu hingga 1,5 juta Rupiah untuk setiap unitnya, tergantung merk air fryer yang ingin kamu beli.
  2. Air fryer memiliki ukuran yang sedang, sehingga kurang cocok untuk digunakan memasak hidangan untuk keluarga besar. Air fryer ukuran sedang hanya memiliki kapasitas untuk memasak hidangan bagi 1-2 orang saja.
  3. Ukuran kabelnya yang pendek membuatnya harus selalu dekat dengan soket listrik, yang bisa di jangkau di dapurmu. Selain itu beberapa merk air fryer tertentu juga mengkonsumsi listrik yang cukup besar untuk memasak.
  4. Rasa makanannya tidak begitu enak dibandingkan dengan makanan yang digoreng minyak. Rasa makanan saat masih panas mungkin masih lezat, tapi setelah dingin rasanya tidak terlalu enak jika dibandingkan dengan menggoreng di minyak seperti biasa.
  5. Jika kamu tidak berhati-hati dan menyetel timer dengan tepat, maka makanan bisa gosong atau kering, alot dan keras. Selain itu makanan dengan adonan lembek seperti tempura atau bakwan, juga sulit dimasak dalam air fryer.
Baca juga :  Manfaat dan Fakta Sains dari Essential Oil

Memasak menggunakan air fryer adalah tentang bereksperimen dengan makanan dan mode yang berbeda. Bacalah buku petunjuk sebelum kamu mencoba eksperimen masakan apapun, dan patuhi apa yang disarankan oleh resep air fryer.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan air fryer sebagai salah satu alternatif memasak saat harga minyak goreng tengah mahal seperti sekarang ini. Berniat membelinya? (Yuyun Amalia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Resmikan Groundbreaking Hilirisasi Batu Bara Jadi DME, Jokowi: Mau Sampai Kapan Impor Terus?

TELENEWS.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, groundbreaking proyek hilirisasi batu bara menjadi dimetil meter atau DME di Kabupaten Muara Enim, Sumatera...

Kronologi OTT Kasus Korupsi Bupati Penajem Paser Utara

TELENEWS.ID - Nur Afifah Balqis sedang ramai menjadi perbincangan publik nasional akhir-akhir ini karena menjadi salah satu tersangka OTT KPK dan terlibat...

Kisruh Arteri Dahlan Mengancam Elektabilitas PDIP

TELENEWS.ID – Anggota komisi III DPR RI dari fraksi PDIP, Arteri Dahlan membuat gaduh Indonesia. Arteria meminta Jaksa Agung ST Burhanuddin mencopot...

Kemanakah Ridwan Kamil Berlabuh Untuk Pilpres 2024 ?

TELENEWS.ID - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil telah mendeklarasikan diri sebagai calon presiden 2024. Namun hingga saat ini masih belum ada partai...