Home Olah Raga Terungkap! Alasan Athletic Bilbao Hanya Terima Pemain Asal Basque

Terungkap! Alasan Athletic Bilbao Hanya Terima Pemain Asal Basque

TELENEWS.ID – Bagi sebagian besar penikmat sepakbola, La Liga mungkin hanya dikenal sebagai kompetisi rutin klub elit seperti Real Madrid, Barcelona dan Atletico Madrid. Namun liga kebanggaan Spanyol itu juga menyimpan sejumlah keunikan, seperti klub Athletic Bilbao yang ‘kekeuh’ hanya menerima pemain asal daerah Basque. Mengapa demikian?

Selain Real Madrid dan Barcelona, Athletic Bilbao menjadi salah satu penyumbang pemain tim nasional Spanyol terbanyak dan paling konsisten. Pasalnya, klub tersebut tetap memegang teguh aturan ‘Cantera’ yang telah disahkan sejak tahun 1912 silam, yakni hanya menggunakan pemain berdarah Basque atau didikan asli akademi mereka sendiri.

Hebatnya, meskipun sangat terbatas, Bilbao seakan tak pernah kehabisan suplai talenta di skuad utamanya. Hingga saat ini, mereka juga menjadi salah satu tim La Liga yang belum pernah terdegradasi serta selalu setia menghuni sepuluh besar La Liga di tiap musim kompetisi.

Bukan hanya urusan kesebelasan inti, pemain Basque jebolan Bilbao juga sudah teruji kualitasnya di jajaran sepakbola elit Eropa. Sebut saja Ander Herrera yang sempat sukses di Manchester United dan PSG, atau Kepa Arrizabalaga yang dibeli Chelsea dengan banderol luar biasa, kemudian ada pula Aymeric Laporte yang saat ini menjadi bagian rotasi Pep Guardiola di Manchester City.

Dalam skuad utama Athletic Bilbao saat ini pun terdapat sejumlah pemain hebat yang masih setia merumput di San Mames Stadium diantaranya duet striker maut Iker Muniain dan Inaki Williams. Di lini belakang, ada pilar kharismatik Yeray Alvarez yang siap menggalang pertahanan, disokong oleh kiper muda berbakat Unai Simon sebagai tembok terakhir di bawah mistar.

Di daerah Basque sendiri, sebenarnya ada klub La Liga selain Bilbao, yakni Real Sociedad dan Osasuna. Namun keduanya hanya tahan sejenak dalam menerapkan aturan Cantera dan akhirnya tergoda untuk mendatangkan talenta dari luar.

Baca juga :  Jadi Penentu Kemenangan Lazio, Immobile Targetkan Bobol Gawang Inter Pekan Depan

Ironisnya, daerah Basque dimana Bilbao berada, Biscay, memiliki kebudayaan yang cukup berbeda dengan wilayah Basque lainnya. Hal itu disebabkan Biscay merupakan daerah industri yang sarat pendatang.

Hal itu pun terejawantahkan nama klub Bilbao, ‘Athletic’ yang lebih ke-Inggris-Inggrisan dibanding Atletico Madrid–misalnya. Dari segi kostum pun, Bilbao memakai corak garis merah-putih menurun yang banyak digunakan tim Inggris seperti Stoke, Southampton dan Sunderland.

Hal tersebut pun menjadi bahan olok-olok suporter garis keras Real Sociedad, yang menyebut Bilbao tidak bisa menjadi ‘paling Basque’ karena daerahnya memiliki banyak imigran atau pendatang.

Untungnya, meski kerap berlomba untuk menjadi ‘ter-Basque’, suporter Bilbao dan Sociedad terbilang cukup akur. Mereka jarang terlibat bentrok fisik dan bahkan sering berada di tribun yang sama ketika kedua tim kesayangan mereka bertemu dalam Basque Derby yang bergengsi. (Billy Bagus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Berkaca Pada Celine Evangelista, Begini Cara Menciptakan Hubungan yang Sehat dengan Ibu

TELENEWS.ID - Hubungan Celine Evangelita dengan ibundanya, Vicentia Nurul kembali memanas. Belum lama ini Vicentia membongkar aib Celine, terkait kandasnya rumah tangga...

Jakarta International Stadium: Mega Proyek yang Dilalui 5 Orang Gubernur DKI

TELENEWS.ID - Jakarta International Stadium atau JIS adalah salah satu mega proyek Indonesia yang menyimpan banyak makna. Tidak hanya sarat dengan capital...

Jangan Panik, Ini Tips untuk Mengatasi Anak-anak yang Tidak Suka Makan Sayur dan Buah

TELENEWS.ID - Anak-anak memang tidak begitu menyukai buah dan sayuran. Padahal kedua jenis makanan itu merupakan sumber serat yang baik bagi kesehatan...

Rachmat Gobel Diisukan Jadi Menteri Pertanian?

TELENEWS.ID - Nama Rachmat Gobel belakang santer diisukan akan menjadi jajaran kabinet Presiden Jokowi. Rumor tersebut adalah pertimbangan dari beberapa pengamat politik...