Home Gaya hidup Terungkap, Ini Manfaat Olahraga di Pagi Hari untuk Wanita!

Terungkap, Ini Manfaat Olahraga di Pagi Hari untuk Wanita!

TELENEWS.ID – Olahraga tak hanya membuat tubuh menjadi lebih sehat dan juga aktif. Bagi mereka yang sedang dalam program penurunan berat badan, olahraga juga dipercaya membantu untuk mendapatkan tubuh yang lebih langsing dan kencang.

Olahraga pagi mungkin menjadi yang terbaik untuk menghilangkan lemak perut pada wanita, dan olahraga malam lebih baik untuk meningkatkan kekuatan tubuh bagian atas, begitu menurut sebuah studi baru.

Penelitian yang dilakukan pada 47 orang dewasa oleh Skidmore College, New York, juga menemukan bahwa bagi pria, olahraga malam menurunkan tekanan darah, risiko penyakit jantung dan perasaan lelah, serta membakar lebih banyak lemak, dibandingkan dengan olahraga pagi.

Pada penelitian ini, satu kelompok berolahraga selama satu jam antara pukul 6 pagi hingga 8 pagi, dan yang lainnya berolahraga antara pukul 18.30. dan 20.30. Grup ini dinilai pada berbagai metrik di awal dan akhir, termasuk saat melakukan olahraga seperti bench press dan leg press, serta komposisi tubuh, dan tekanan darah, dan asupan makanan juga dianalisis.

“Untuk wanita, olahraga di pagi hari mengurangi lemak perut dan tekanan darah, sedangkan olahraga malam meningkatkan kekuatan tubuh, serta memperkuat daya tahan otot tubuh bagian atas, serta meningkatkan mood dan rasa kenyang nutrisi secara keseluruhan,” kata penulis utama studi ini, Paul Arciero.

Dalam penelitian ini 27 wanita dalam uji coba 12 minggu yang melakukan olahraga pagi, berhasil mengurangi total lemak tubuh, lemak perut dan pinggul, dan tekanan darah.

Lalu mengapa olahraga pagi bermanfaat bagi wanita untuk menurunkan berat badan mereka? Sebagaimana kita tahu defisit kalori diperlukan untuk menghilangkan lemak, dan latihan di pagi hari dapat membuat orang mengkonsumsi lebih sedikit kalori sepanjang hari, menurut penelitian sebelumnya.

Ini bukan pertama kalinya para peneliti menilai latihan pagi vs sore dan menemukan bahwa waktu olahraga dapat memberikan perbedaan pada hasil olahraga. Ada penelitian yang menunjukkan latihan pagi hari bermanfaat bagi peningkatan kekuatan dan penurunan berat badan, tetapi tidak ada cukup data untuk membuat kesimpulan yang tegas.

Baca juga :  Manfaat Utama Liburan Bagi Para Pekerja! Segera Manfaatkan Cuti

“Teori pada dasarnya bergantung pada perubahan hormonal dan ritme sirkadian. Proses tubuh tidak seragam sepanjang setiap jam dalam sehari, beberapa hormon naik dan turun,” kata pelatih pribadi Ben Carpenter.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Medicine and Science in Sports and Exercise menemukan bahwa wanita yang berjalan cepat selama 45 menit di pagi hari, kurang terganggu oleh foto makanan yang tampak lezat, dibandingkan dengan ketika mereka tidak berolahraga sama sekali. Aktivitas ini juga membantu mereka aktif secara fisik sepanjang hari.

Berolahraga di pagi hari dapat meningkatkan metabolisme, yang berarti kamu akan terus membakar kalori sepanjang hari. Juga penelitian mengklaim bahwa berolahraga di pagi hari dapat membantu kita tidur lebih baik, dibandingkan dengan berolahraga di malam hari atau di mana saja mendekati waktu tidur.

Baca juga :  6 Hal yang Harus Kamu Tahu Sebelum Pacaran dengan Orang yang Suka Overthinking

Namun secara keseluruhan, sebenarnya tidak peduli jam berapa kamu berolahraga; melakukan workout secara teratur adalah yang paling penting. Manfaat berolahraga secara teratur telah terbukti secara ilmiah memberikan banyak manfaat bagi manusia.

Olahraga rutin membantu mengurangi stres dan kecemasan, hingga meningkatkan mobilitas, kelincahan, kebugaran, dan fleksibilitas tubuh yang lebih baik. Karena itulah sebenarnya, olahraga teratur adalah kunci untuk menurunkan berat badan dan bebas penyakit.

Jadi kalau kamu tidak punya cukup waktu olahraga di pagi hari, jangan khawatir. Kamu masih bisa kok menurunkan berat badan dengan olahraga secara rutin minimal 150 menit dalam satu minggu. (Yuyun Amalia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Waspada! Ada Aplikasi dan Web Ilegal MyPertamina, Jangan Asal Akses

TELENEWS.ID - Masyarakat perlu berhati-hati terhadap akses situs dan aplikasi MyPertamina yang dianggap ilegal. Sudah beredar situs dan aplikasi...

Hasil Kunjungan Jokowi ke Ukraina, Pembahasan Soal Perdamaian dan Kondisi Ukraina Saat Ini

TELENEWS.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan pertemuan dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, di Istana Negara Ukraina, Maryinsky, Kyiv pada Rabu (29/06/2022)...

Update Hasil Pertandingan Petronas Malaysia Open 2022 – 29 Juni 2022

TELENEWS.ID – Hari kedua babak 32 besar dalam turnamen Petronas Malaysia Open 2022 pada Rabu (29/06/2022) di Axiata Arena, Kuala Lumpur, menghasilkan...

Update Hasil Pertandingan Petronas Malaysia Open 2022 – 28 Juni 2022

TELENEWS.ID – Turnamen tertinggi versi BWF, Petronas Malaysia Open 2022 telah digelar pada Selasa (28/06/2022) di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Malaysia. Sayangnya,...