Home Gaya hidup Terungkap, Inikah Alasan Ilmiah Dibalik Mimpi Gigi yang Copot?

Terungkap, Inikah Alasan Ilmiah Dibalik Mimpi Gigi yang Copot?

TELENEWS.ID – Menurut banyak orang mimpi merupakan bunga tidur semata. Namun banyak juga orang yang beranggapan bahwa mimpi merupakan suatu firasat atau pertanda. Salah satunya yang sering membuat orang cemas adalah ketika mereka mimpi giginya copot atau tanggal.

Hal ini karena banyak yang percaya bahwa mimpi gigi yang tanggal merupakan pertanda bahwa orang terdekat akan ada yang meninggal dunia. Bahkan banyak yang percaya dengan mimpi ini sampai mengganggu aktivitas mereka sehari-hari karena terlalu memikirkan mimpi mereka ini.

Para ahli telah berdebat selama bertahun-tahun tentang mengapa kita bermimpi serta mengapa kita memiliki jenis mimpi yang berbeda-beda. Beberapa percaya bahwa mimpi adalah kunci untuk memahami alam bawah sadar kita, sementara yang lain mengabaikannya dan beranggapan itu hanya berasal dari proses biologis alami saja. Namun mengalami jenis mimpi yang sangat spesifik dapat memiliki makna di baliknya, terutama jika mimpi itu dialami berulang kali.

Salah satunya yang dipercaya di berbagai kebudayaan adalah mimpi gigi lepas atau copot yang berarti tanda akan ada orang terdekat yang meninggal dunia. Menurut sains dan psikologi sendiri, ada beberapa penyebab mengapa seseorang mimpi gigi mereka lepas yang tak ada hubungannya dengan firasat apapun juga.

“Mimpi tentang gigi erat kaitannya dengan cara Anda berkomunikasi akhir-akhir ini,” kata Lauri Quinn Loewenberg, analis dan penulis mimpi profesional. “Mimpi apa pun yang berkaitan dengan mulut – bibir, lidah, gigi, tenggorokan – adalah tentang apa yang Anda katakan, bagaimana Anda mengatakannya, dan lain-lain” lanjutnya lagi.

Sedangkan menurut jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh NCBI menyebutkan adanya kaitan psikologis dan emosional mengapa seseorang bermimpi giginya copot atau tanggal. Kesehatan fisik, budaya, dan kesehatan mental; secara keseluruhan mungkin berperan dibalik alasan bermimpi tentang gigi yang tanggal.

Baca juga :  6 Cara Jitu Merebut Hati Calon Mertua Pada Pertemuan Pertama, Sudah Tahu?

Selain itu sejumlah peneliti juga menemukan kebiasaan kalau seseorang tidur dengan gigi yang sering bergesekan, meningkatkan kemungkinan mereka juga akan mengalami mimpi gigi yang copot saat sedang tidur.

Sebuah penelitian menemukan bahwa mimpi gigi berkorelasi dengan ketegangan yang terjadi pada gigi. Menurut peneliti, banyak orang mungkin tidak menyadari bahwa mereka menggertakkan gigi saat tidur. Studi ini juga tidak menemukan korelasi antara ketegangan gigi dan jenis mimpi lainnya, yang tak hanya terbatas pada gigi yang tanggal saja.

Penelitian menyimpulkan dua hal yaitu mimpi gigi terkait dengan iritasi gigi saat tidur, dan yang kedua terkait dengan iritasi gigi. Meskipun penelitian ini tidak menemukan hubungan antara mimpi gigi dan tekanan psikologis, penelitian sebelumnya menemukan bahwa mahasiswa yang menjadi objek pada penelitian ini yang mengalami mimpi gigi patah, juga merasakan depresi, kecemasan, ketidakberdayaan, dan kehilangan kendali yang lebih besar.

Pada hakikatnya tidak setiap mimpi adalah metafora atau perlambang akan sesuatu. Perlu diingat bahwa gigi sendiri adalah salah satu bagian tubuh manusia yang rapuh, namun sering diabaikan dalam kehidupan kita sehari-hari. Kita tidak memperhatikan apa yang kita makan, seberapa sering kita menyikat gigi, atau seberapa sering kita ke dokter gigi.

Baca juga :  Tips Mudah Bebas Jerawat untuk Pemilik Kulit Wajah Sensitif, Wajib Dicoba!

Mimpi tentang gigi copot dapat merepresentasikan hal-hal yang kita abaikan dalam hidup, dan dapat dilihat sebagai peringatan untuk lebih menjaga kesehatan mulut.

Orang lain bermimpi tentang gigi yang patah karena mereka sebenarnya memiliki masalah dengan gigi mereka, yang menyebabkan mereka mengalami kesulitan mengunyah makanan, atau sakit di rahang, atau bahkan gangguan kesehatan pada rongga mulut. Jadi tidak semua mimpi gigi yang tanggal adalah tanda akan kehilangan orang tercinta ya guys! (Yuyun Amalia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Desa Wisata Ini Diprediksi Bakal Hits di Tahun 2022, Yuk Simak Apa Saja Daftarnya

TELENEWS.ID - Banyak solusi ketika Anda ingin mencari destinasi liburan bersama keluarga ataupun teman-teman dengan tema desa wisata. Saat ini trend mengunjungi...

Pemerintah Enggan Rekrut CPNS di Tahun 2022, Ternyata Ini Alasannya

TELENEWS.ID - Banyak informasi mengenai Pemerintah yang tidak akan melakukan perekrutan CPNS di tahun 2022. Kemudian dari aspek penambahan jumlah ASN juga...

Salah Satunya Bikin Awet Muda, 5 Alasan Kamu Harus Pakai Serum Vitamin C Mulai Dari Sekarang!

TELENEWS.ID - Serum menjadi salah satu skincare yang sekarang menjadi salah satu kebutuhan wanita masa kini. Rasanya perawatan wajah tak akan lengkap...

Berkaca Dari Supir Kecelakaan Maut Balikpapan, Ini 5 Tips Agar Tak Bangun Kesiangan

TELENEWS.ID - Berbagai fakta mengejutkan terungkap pasca kecelakaan maut yang terjadi di tanjakan Rapak, Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (21/1/2022) pagi. Salah satunya,...