Home Gaya hidup Kesehatan Terungkap, Inilah Kebiasaan Sarapan Terbaik Agar Berumur Lebih Panjang

Terungkap, Inilah Kebiasaan Sarapan Terbaik Agar Berumur Lebih Panjang

TELENEWS.ID – Sejak kecil kita diajarkan untuk sarapan atau makan pagi terlebih dahulu sebelum melakukan aktivitas atau berangkat sekolah. Namun seiring bertambahnya usia dan kesibukan, kita kerap mengabaikan sarapan. Padahal sarapan memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh dan kesehatan kita.

Banyak penelitian telah mengaitkan antara sarapan dengan kesehatan yang baik, termasuk meningkatkan memori dan konsentrasi yang lebih baik, kadar kolesterol LDL “jahat” yang lebih rendah, dan kemungkinan lebih rendah terkena diabetes, penyakit jantung, dan kelebihan berat badan.

Banyak orang melewatkan makan pagi karena mereka terburu-buru untuk segera melakukan aktivitasnya. Jika selama ini kondisi tersebut menjadi kebiasaan, ada baiknya kamu mulai merubahnya dari sekarang. Itu karena kamu membutuhkan makanan di sistem tubuh, jauh sebelum waktu makan siang.

Selain itu, sebuah penelitian juga menemukan bahwa sarapan bisa memperpanjang harapan hidup seseorang juga. Kebiasaan sarapan terbaik untuk hidup lebih lama adalah makan lebih banyak makanan yang berasal dari tanam-tanaman.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2020 yang diterbitkan dalam jurnal Plos Medicine menemukan bahwa asupan tinggi nabati, dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit berbahaya penyebab kematian. Sementara asupan tinggi daging merah dan olahan, berhubungan positif dengan semua penyakit penyebab kematian.

Makan lebih banyak tanaman tidak secara otomatis berarti kamu mengikuti pola makan vegan. Dan tentu saja makan makanan yang berasal dari tanaman, lebih dari sekadar menyantap buah dan sayuran saja. Kamu juga bisa memvariasikan menu makan pagi dengan biji-bijian dan juga kacang-kacangan.

Kamu masih bisa kok mengkonsumsi menu sarapan favoritmu, hanya saja pastikan untuk mengkonsumsi lebih banyak sayuran, buah dan biji-bijian untuk menu makan pagimu. Kamu bisa mengombinasikan oatmeal dan yogurt, serta buah-buahan untuk maka pagi. Atau kamu bisa mengkonsumsi pecel dengan telur rebus sebagai tambahan proteinnya.

Baca juga :  Resep Stroberi Yogurt Cake yang Sehat dan Tips Mencegah Berat Badan Naik Saat Natal

Meskipun makan lebih banyak tanaman berkorelasi dengan umur panjang, ada manfaat lain yang harus kamu tahu saat makan lebih banyak bahan makanan yang berasal dari tanaman. Misalnya, bentuk serat yang ditemukan dalam makanan nabati dapat membantu keteraturan pencernaan dan kesehatan jantung. Tumbuhan juga dikenal dengan kandungan vitamin dan antioksidan-nya yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu waktu sarapan ternyata juga bisa meningkatkan harapan hidup seseorang. Para peneliti dari City University of New York telah melakukan penelitian terhadap lebih dari 34.000 orang Amerika untuk mengetahui apakah waktu ketika mereka sarapan, terkait dengan berapa lama mereka akan hidup.

Hasilnya seperti yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition, menemukan bahwa sarapan antara pukul 6 pagi dan 7 pagi mengurangi kemungkinan kematian dini akibat penyakit jantung atau kanker sebesar enam persen dibandingkan dengan mereka yang sarapan pada pukul 8 pagi.

Baca juga :  Ahli Nutrisi Sebut 2 Camilan Bisa Mencegah Perut Gendut, Berniat Mencoba?

Penelitian dari City University of New York telah menyarankan bahwa jika kamu sarapan telat, kamu telah mengganggu salah satu jam alami tubuh khususnya ‘jam makanan’.

Jam makan adalah sistem di dalam tubuh, yang menengahi dan mengontrol pelepasan insulin dan hormon lain yang terkait dengan mencerna makanan. Fungsi insulin adalah untuk memakan glukosa dalam aliran darah, yang mencapai tingkat tertinggi saat di pagi hari.

Teorinya adalah bahwa kebiasaan sarapan telat pada saat tubuh sedang membuat lebih sedikit insulin, maka kadar glukosa darah akan meningkat. Penelitian itu juga menunjukkan bahwa dalam jangka waktu lama, sarapan pagi yang telat akan meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.(Yuyun Amalia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Kisah Kelam Keluarga Pendiri Gucci

TELENEWS.ID – Rodolfo Gucci atau biasa dikenal dengan Maurizio D’Ancora merupakan pendiri dan pencipta brand Gucci. Pada awalnya Rodolfo membuat brand Gucci...

Telkomsel Merugi Setelah Investasi di GOTO, Kok Bisa ?

TELENEWS.ID – PT Telkom Indonesia (Persero) melalui anak perusahaannya, Telkomsel melakukan investasi di PT Go To Gojek Tokopedia Tbk. Namun yang aneh...

Polemik Anggota TNI Aktif Dilantik Sebagai PJ Bupati

TELENEWS.ID – Pejabat pengganti Gubernur, Bupati, dan Walikota tahun ini sudah banyak yang dilantik. Terakhir Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian telah melantik...

Kedatangan Ten Hag Memberi Angin Segar Bagi Maguire dan Van De Beek

TELENEWS.ID - Erik Ten Hag secara resmi ditunjuk sebagai pelatih utama Manchester United menggantikan Ralf Rangnick untuk musim 2022/2023. Erik datang ke...