Home Gaya hidup Kesehatan Terungkap! Racun Laba Laba Bisa Ringankan Penyakit Jantung

Terungkap! Racun Laba Laba Bisa Ringankan Penyakit Jantung

TELENEWS.ID – Laba-laba beracun telah lama menjadi momok menakutkan bagi manusia karena berpotensi mematikan dan bisa hadir secara tak terduga. Namun siapa sangka, hasil penelitian terbaru menunjukkan bahwa racun laba-laba memiliki khasiat untuk meringankan penyakit jantung secara signifikan.

Penelitian tersebut dilakukan oleh tim ilmuwan dari University of Queensland, Australia. Para ilmuwan tersebut telah berhasil mengembangkan kandidat obat perawatan penyakit jantung yang diracik dari molekul pada racun laba-laba terowongan (funnel web) di Fraser Island.

Selain mencegah kerusakan sel akibat serangan jantung, obat dari racun laba-laba itu juga bisa memperpanjang umur jantung donor yang akan digunakan dalam sebuah transplantasi.

“Setelah puluhan tahun melakukan riset, belum ada yang berhasil mengembangkan obat yang menghentikan sinyal kematian pada sel jantung. Itu sebabnya penyakit jantung terus menjadi penyebab kematian utama di dunia,” kata salah satu pimpinan tim peneliti, Dr Nathan Palpant.

Adapun kandidat obat dari racun laba-laba tersebut mengandung protein yang disebut Hi1a yang diberikan pada sel jantung manusia yang mengalami serangan. Protein tersebut rupanya ampuh menahan saluran ion pada jantung, akibatnya, kematian sel pun bisa dikurangi secara signifikan.

Jika uji klinis mereka berhasil, maka tim ilmuwan tersebut akan membuat obat pertama di dunia yang bisa digunakan dalam kondisi medis yang fatal dalam kasus serangan jantung.

“Untuk pasien serangan jantung, visi kami di masa depan adalah Hi1a bisa diberikan sebagai pertolongan pertama di ambulans, yang bisa menjadi penyelamat nyawa,” kata Prof Peter Macdonald dari Victor Chang Cardiac Research Institute yang turut mengepalai penelitan tersebut.

Penemuan itu tentunya menjadi kabar baik bagi mereka yang menghadapi serangan jantung, terutama yang mengalami kejadian di pedesaan terpencil ataupun jauh dari rumah sakit.

Baca juga :  Ilmuwan Sebut 150 Tahun Adalah Batas Umur Manusia

Adapun penemuan khasiat protein Hi1a bagi manusia rupanya bukan yang pertama kali. Pada tahun 2017 silam, para ilmuwan juga telah menemukan bahwa protein tersebut ampuh untuk memangkas kerusakan otak akibat stroke sebesar 65 hingga 80%.  (Billy Bagus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Dispatch Bongkar Rahasia Kencan Idol Korea

TELENEWS.ID - Bagi kamu pecinta industri hiburan Korea tentu sudah tidak asing dengan media yang cukup fenomenal yakni Dispatch. Layaknya Lambe Turah...

Maeda Tadashi, Samurai Jepang yang Membantu Kemerdekaan Indonesia

TELENEWS.ID - Kemerdekaan Republik Indonesia tidak lepas dari peran penting beberapa tokoh tanah air yang ingin bebas dari belenggu penjajah. Namun, jangan...

Pemprov DKI Menghentikan Pembiayaan Ajang Formula E

TELENEWS.ID - Penyelenggaraan Formula E yang sedianya dilaksanakan tahun ini harus tertunda akibat adanya pandemi Covid-19. Tidak kunjung mendapatkan kejelasan, pihak DKI...

Pengadaan Rapid Test, Pemprov DKI Melakukan Pemborosan 1,19 Miliar

TELENEWS.ID - BPK merilis Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) mengenai laporan keuangan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Hasilnya, dalam laporan tersebut Pemprov DKI Jakarta...