Home Otomotif Tesla: Mobil Bukan Sumber Listrik Rumah Tangga!

Tesla: Mobil Bukan Sumber Listrik Rumah Tangga!

TELENEWS.ID – Ford F-150 2021 menjadi sorotan di dunia otomotif, khususnya wilayah Texas, setelah banyak orang mengalihfungsikan mobil tersebut sebagai generator listrik cadangan.

Pemadaman listrik yang meluas terjadi di seluruh negara bagian AS setelah badai musim dingin berimbas pada pemadaman listrik pada hunian jutaan orang di Texas.

Bagi yang memiliki F-150, mereka memasukkannya ke dalam rumah disertai generator Pro Power Onboard-nya.

Fitur inovatif dan brilian ini mampu memberikan daya yang cukup untuk menyalakan banyak peralatan rumah tangga, seperti pemanas ruangan. Namun F-150 bukan satu-satunya kendaraan baru yang dapat menghasilkan listrik.

Bagaimana dengan kendaraan serba listrik seperti Tesla? Kedengarannya seperti ide yang lebih masuk akal.

Tapi jangan salah, Tesla ternyata “mengancam” bahwa pihaknya akan membatalkan garansi pemilik mobil jika mereka melakukan hal tersebut, seperti yang dijelaskan Electrek.

Tesla Model S, atau Tesla apa pun dalam hal ini, tidak dilengkapi dengan pengisian daya dua arah untuk penggunaan vehicle-to-grid atau vehicle-to-home usage.

Pemilik dapat memasang inverter 2.000 watt ke aki mobil 12 volt atau sebagai alternatif, menyambungkan aki tersebut melalui struktur penthouse di bawah jok belakang. Berkat arsitektur tegangan rendah, tampaknya mungkin untuk mendapatkan daya dari unit baterai utama ke perangkat daya pada inverter.

Melakukan hal ini dapat memberikan daya yang cukup untuk benda-benda seperti lemari es dan beberapa lampu rumah. Tapi tetap saja, Tesla tidak ingin pemiliknya melakukan ini.

Itulah yang terjadi pada salah seorang pemilik yang membawa Tesla-nya ke pusat layanan setelah mobil mengirim peringatan yang menunjukkan bahwa baterai 12 volt telah ditembakkan.

Ketika teknisi hendak mengganti baterainya, ia menemukan postingan di media sosial si pemilik kendaraan di grup Facebook, dimana sang pemilik mengalihfungsikan Tesla-nya sebagai sumber listrik rumahnya. Garansi pemilik itupun langsung dibatalkan.

Baca juga :  Salah Kaprah! Behel Motor Bukan untuk Pegangan Pembonceng

Sayangnya, orang itu tidak membaca cetakan halus garansi yang secara eksplisit menyatakan “Menggunakan kendaraan sebagai sumber daya stasioner” tidak boleh dilakukan. (Dhe)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Cerita Korban Penyekapan Diduga Oleh Rentenir di Tangerang Diminta Layani Seks

TELENEWS.ID - Polres Metro Tangerang telah meminta keterangan terhadap Sulistyawati (45), korban dugaan penyekapan dan pengancaman gegara persoalan utang di kawasan Ciledug...

Viral Video Belatung di Alat Vital, Ternyata Hewan Kecil Ini Juga Bisa Hidup di Kelamin Manusia

TELENEWS.ID - Jagat media sosial tengah dihebohkan dengan tagar #belatung. Usut punya usut, tagar yang trending di Twitter dan TikTok ini membicarakan...

10 Jajanan Khas Jawa Timur Identik Dengan Rasa Gurih

TELENEWS.ID - Banyak konsep hidangan berupa jajanan khas memberi cita rasa menarik untuk dijadikan oleh-oleh. Ketika Anda berlibur ke Jawa Timur terdapat...

10 Cara Mudah Pilih Camilan Sehat Untuk Travelling dan Sehari-hari

TELENEWS.ID - Berbicara tentang pemilihan camilan sehat untuk aktivitas travelling dan sehari-hari tentu saja membuka banyak daftar terbaik. Namun, tidak hanya fokus...