Home Metropolitan Tiang Pendek di Sepanjang Trotoar DKI, Apakah Efektif Menahan Kendaraan Bermotor?

Tiang Pendek di Sepanjang Trotoar DKI, Apakah Efektif Menahan Kendaraan Bermotor?

TELENEWS.ID – Belakangan ini, masyarakat di ibukota dibuat heboh dengan banyaknya tiang kecil yang ada di beberapa pedestrian di ibukota tersebut. Hal tersebut terjadi lantaran tiang yang ada di sepanjang trotoar tersebut melintang di sepanjang trotoar yang juga menjadi pembatas antara jalan raya dan tempat pejalan kaki.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan bahwa tiang pendek yang ada di trotoar tersebut diperuntukkan bagi disabilitas dan pejalan kaki. Adanya tiang tersebut tujuannya supaya trotoar yang ada digunakan sebagai fungsinya yakni untuk pejalan kaki termasuk disabilitas dan bukan digunakan untuk kendaraan bermotor.

Dengan berdirinya tiang kecil tersebut maka akan menyulitkan kendaraan bermotor baik itu roda dua atau roda empat untuk bisa memarkirkan atau memasuki kendaraannya di dalam trotoar. Beberapa waktu yang lalu, sempat viral video di media sosial yang menceritakan mengenai keluhan salah satu pengendara mobil yang kesulitan menemukan tempat untuk parkir karena adanya tiang pendek tersebut di trotoar.

Tidak hanya pengguna kendaraan saja, hal tersebut juga dikeluhkan oleh juru parkir yang juga harus kehilangan pendapatannya karena adanya tiang tersebut. Jika dilihat, memang hal tersebut kelihatannya rapi, namun bagi sebagian orang semestinya Pemprov DKI Jakarta menyediakan lahan parkir juga apabila tiang pendek tersebut tetap ada di jalur pedestrian.

Namun, tidak sepenuhnya keberadaan tiang tersebut mampu menghalangi kendaraan yang masuk ke dalam jalur pedestrian tersebut. Di beberapa lokasi, keberadaan tiang kecil tersebut seolah tidak berguna karena dibuat renggang sehingga bisa dilewati oleh sepeda motor seperti misalnya di sepanjang Jalan Jatinegara Timur yang ke arah Terminal Kampung Melayu yang sering terjadi kemacetan.

Baca juga :  Polda Metro Masih Dalami Kebijakan Ganjil-Genap Bagi Roda Dua di Jakarta

Apabila kemacetan sedang parah, maka banyak pengendara sepeda motor yang masuk ke trotoar jalan, meskipun sudah dipasangi tiang yang sedianya digunakan untuk menahan sepeda motor agar tidak masuk ke area pejalan kaki. Jika berkaca pada negara Singapura, di sana memang ada tiang pendek di trotoar tersebut, namun dipasang pada ujung persimpangan jalan.

Fungsinya memang untuk melindungi pejalan kaki apabila sewaktu-waktu ada kecelakaan kendaraan bermotor. Posisi serta penempatan diatur sedemikian rupa secara akurat agar benar-benar tidak bisa dilewati oleh kendaraan yang datang dari arah jalan raya.

Sementara untuk di Jakarta ini, posisi tiang tersebut dipasang seolah tidak beraturan sehingga menimbulkan kesan tidak ada gunanya jika masih bisa diterobos oleh kendaraan bermotor. (Latief)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Desa Wisata Ini Diprediksi Bakal Hits di Tahun 2022, Yuk Simak Apa Saja Daftarnya

TELENEWS.ID - Banyak solusi ketika Anda ingin mencari destinasi liburan bersama keluarga ataupun teman-teman dengan tema desa wisata. Saat ini trend mengunjungi...

Pemerintah Enggan Rekrut CPNS di Tahun 2022, Ternyata Ini Alasannya

TELENEWS.ID - Banyak informasi mengenai Pemerintah yang tidak akan melakukan perekrutan CPNS di tahun 2022. Kemudian dari aspek penambahan jumlah ASN juga...

Salah Satunya Bikin Awet Muda, 5 Alasan Kamu Harus Pakai Serum Vitamin C Mulai Dari Sekarang!

TELENEWS.ID - Serum menjadi salah satu skincare yang sekarang menjadi salah satu kebutuhan wanita masa kini. Rasanya perawatan wajah tak akan lengkap...

Berkaca Dari Supir Kecelakaan Maut Balikpapan, Ini 5 Tips Agar Tak Bangun Kesiangan

TELENEWS.ID - Berbagai fakta mengejutkan terungkap pasca kecelakaan maut yang terjadi di tanjakan Rapak, Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (21/1/2022) pagi. Salah satunya,...