Home Nasional Tidak Ada Tawar Menawar, Nadiem Inginkan Sekolah Tatap Muka Dimulai Juli

Tidak Ada Tawar Menawar, Nadiem Inginkan Sekolah Tatap Muka Dimulai Juli

TELENEWS.ID – Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (mendikbud Ristek), Nadiem Anwar Makarim terus menerus menegaskan Sekolah Tatap Muka harus segera diberlakukan di semua daerah, bahkan Nadiem menargetkan di bulan Juli 2021 mendatang semua siswa sudah kembali ke sekolah.

Hal ini memang sejalan dengan masa uji coba Sekolah Tatap Muka yang terus dilakukan di semua daerah, sekalipun belum 100 persen, hanya sekolah yang memenuhi kriteria dan siap menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat yang mendatangkan izin tersebut, bahkan pelaksanaannya juga bisa bisa maksimal.

Namun Nadiem tidak puas dengan hasil yang didapatkan dan terus menerus mensosialisasikan untuk membuka Sekolah Tatap Muka, karena sudah tidak ada lagi tawar menawar demi pendidikan di masa mendatang. Bahkan jika ada kendala, ini tergantung pada Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada saat ini.

Dilansir dari siaran Youtube milik Kemendikbud RI pada Rabu (02/06/2021), Nadiem kembali menegaskan jika akan segera membuka Sekolah Tatap Muka dengan kondisi apapun.

“Tidak ada tawar menawar untuk pendidikan, terlepas dari situasi yang kita hadapi saat ini” ujarnya menggebu dalam acara tersebut.

Hal ini sebelumnya sudah dikatakan Nadiem dalam rapat kerja sama dengan Komisi X DPR RI pada Senin (31/05/2021), Nadiem menegaskan jika telah memberikan izin untuk menggelar Sekolah Tatap Muka serentak di seluruh Indonesia pada Juli 2021 mendatang.

Nadiem beralasan sekolah-sekolah di Indonesia harus kembali menggelar Pembelajaran Tatap Muka, terlebih lagi pemerintah telah memberikan izin untuk dibuka kembali pusat perbelanjaan dan perkantoran, selain itu juga sudah ada banyak tempat terbuka yang memicu kerumunan mendapatkan izin kembali beroperasi secara normal.

Nadiem terus menerus menegaskan pentingnya Pembelajaran Tatap Muka digelar secara menyeluruh, meskipun hal ini masih mendapatkan kendala perizinan dari Pemerintah Daerah (pemda) dan Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 yang ada di daerah. Ini terkait dengan daerah yang masih masuk dalam zona merah.

Baca juga :  Gubernur Banten Izinkan Sekolah Tatap Muka

Maka dari itu, Nadiem membuat skema Pertemuan Tatap Muka (PTM) Terbatas. Hal ini guna menjembatani kendala perizinan di daerah, dimana Mendikbud Ristek telah meluncurkan Panduan Belajar yang akan berlaku untuk siswa mulai dari Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar hingga Menengah. Mulai dari jenjang PAUD, SD, SMP dan SMA.

Adanya panduan Operasional untuk PTM Terbatas ini merupakan turunan SKB 4 menteri yang telah disepakati sebelumnya. Ini akan jadi pedoman bagi sekolah yang sudah siap melakukan Pembelajaran Tatap Muka seperti yang di zona hijau serta tenaga kesehatan yang sudah mendapatkan vaksinasi.

Nadiem merasa risih dengan banyaknya keluhan dari siswa dan para orang tua yang sudah tidak sabar lagi untuk dimulainya PTM. Hal inilah yang membuat Nadiem bertanya-tanya, kenapa pihak sekolah belum kunjung berani mengajukan opsi PTM Terbatas, padahal banyak sekolah yang telah melakukan percobaan PTM.

Baca juga :  Covid -19, Presiden Harus Berpijak Pada UU Penanggulangan Bencana dan UU Kekarantinaan Kesehatan

Nadiem memang menyadari langkah ini terbilang cukup sulit, dimana sebagian besar masyarakat masih takut untuk berinteraksi di tengah pandemi. Namun pelaksanaan PTM terbatas ini akan jadi langkah penyelamatan terhadap pendidikan generasi di masa yang akan datang, terlebih lagi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) sudah tidak lagi efektif dan menimbulkan banyak resiko bagi kemampuan belajar peserta didik di masa mendatang. (Chairunisa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Berniat Menghibur, Tapi 5 Hal Ini Tak Boleh Dilakukan pada Wanita yang Suaminya Meninggal Dunia

TELENEWS.ID - Betapa hancur hati Nadzira Shafa istri dari almarhum Ameer Azzikra, adik selebgram Alvin Faiz yang tak lain juga putra kedua...

Permohonan Gubernur Anies Baswedan untuk bertemu dengan Bapak Presiden Ir. Joko Widodo

TELENEWS.ID - Saya, Prof. Otto Cornelis Kaligis, Warga Binaan Lapas kelas satu Sukamiskin Bandung, dalam kedudukan saya sebagai praktisi dan ahli hukum,...

Inikah 5 Alasan Nekat Pria Berselingkuh Meski Sudah Punya Pasangan Sempurna?

TELENEWS.ID - Beberapa waktu lalu jagat media sosial dikejutkan dengan kabar YouTuber dan influencer Nessie Judge yang mengakhiri hubungan dengan kekasihnya, Bram...

Pemerintah Hormati Putusan MK Terkait UU Cipta Kerja

TELENEWS.ID - Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa pemerintah menghormati dan segera melaksanakan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 91/PUU-XVIII/2020 terkait Undang-Undang (UU) Nomor...