Home Gaya hidup Tidak Ingin Cepat Pikun dan Kena Stroke? Gampang, Minum Teh dan Kopi...

Tidak Ingin Cepat Pikun dan Kena Stroke? Gampang, Minum Teh dan Kopi Saja!

TELENEWS.ID – Kopi dan teh, dua jenis minuman ini memiliki penggemar setia yang merasa wajib untuk menikmatinya barang secangkir atau dua cangkir setiap harinya. Dua jenis minuman ini juga selalu ada di pagi hari, menemani sarapan sebelum memulai aktivitas.

Mengkonsumsi kopi dan teh kini tak lagi sekedar menjadi gaya hidup. Ini karena sudah banyak penelitian yang menemukan manfaat kopi dan teh bagi kesehatan manusia. Salah satunya belum lama ini, peneliti menemukan manfaat kopi dan teh untuk mengurangi risiko terjadinya stroke dan pikun atau dementia dini.

Sebuah makalah peer-review yang diterbitkan di PLOS Medicine, menemukan bahwa orang dewasa yang yang minum dua atau tiga cangkir kopi atau teh, atau kombinasi keduanya yakni empat hingga enam cangkir sehari; memiliki risiko demensia atau stroke yang lebih rendah jika dibandingkan dengan mereka yang tidak minum teh atau kopi sama sekali.

Para peneliti mengumpulkan sekitar 360,000 partisipan pada UK Biobank yang telah memiliki database kesehatan selama 10-14 tahun. Peneliti fokus pada orang dewasa berusia 50 hingga 74 tahun dan memastikan tidak ada yang mengalami stroke atau demensia sebelum penelitian. Hasilnya ditemukan manfaat mengejutkan bagi partisipan yang bisa meminum kopi dan teh setiap harinya.

Mereka yang minum dua hingga tiga cangkir kopi, tiga hingga lima cangkir teh, atau kombinasi keduanya memiliki risiko demensia atau stroke terendah dari semua tingkatan konsumsi. Dibandingkan dengan mereka yang tidak minum kopi atau teh sama sekali, mereka yang mengkonsumsi dua hingga tiga cangkir teh atau kopi; memiliki risiko stroke 32% lebih rendah dan risiko demensia 28% lebih rendah.

Baik kopi maupun teh mengandung sejumlah kafein, dimana pada penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa stimulan jenis ini memiliki efek perlindungan yang baik pada otak. Salah satunya melindungi otak dari risiko stroke dan juga pikun dini yang rentan dialami oleh manusia modern saat ini.

Baca juga :  Ashanty Diduga Terpapar Omicron, Lakukan 4 Hal Ini Untuk Mendukung Anggota Keluarga yang Terkena COVID

Kopi dan teh juga sama-sama memiliki kandungan polifenol di dalamnya, yakni sejenis mikronutrien yang secara alami ditemukan pada tumbuhan. Peneliti menunjukkan adanya kemungkinan bahwa profil polifenol, atau antioksidan di antara kedua minuman tersebut, dapat melindungi degenerasi otak dan masalah kesehatan lainnya.

Lalu berapa kali sebaiknya kita minum kopi atau teh untuk mendapatkan manfaat melindungi otak dari stroke dan kepikunan? Peneliti menyarankan untuk mengkonsumsi empat hingga 6 cangkir teh setiap harinya, dengan mengurangi tambahan pemanis seperti cream, susu ataupun gula.

Namun meskipun begitu, kamu tetap butuh konsultasi ke dokter sebelum memutuskan untuk mengkonsumsi kopi dan teh dalam jumlah tersebut. Pastikan kamu tak memiliki masalah kesehatan terutama lambung dan kecemasan, sebelum mengkonsumsi teh dan kopi sebanyak itu.

Baca juga :  Uni Eropa Akan Tuntut Pfizer dan AstraZeneca Karena Mangkir Produksi

Selain itu kamu juga disarankan untuk banyak mengkonsumsi air putih guna mengimbangi efek kopi dan teh agar tak memberatkan kerja ginjal. Namun peneliti juga menyebutkan bahwa minum kopi dan teh saja, tidak menjamin 100% seseorang bakal terhindar dari stroke dan kepikunan.

Mereka tetap menyarankan bagi kita untuk menjalankan pola hidup sehat, mengkonsumsi makanan bergizi, mengurangi rokok dan alkohol, serta aktif bergerak untuk membantu mencegah stroke dan juga kepikunan dini.

Selain itu kamu juga bisa melakukan berbagai aktivitas yang mengasah ketajaman otak seperti membaca cerita detektif, bermain puzzle dan teka-teki silang, sambil menikmati secangkir teh atau kopi favoritmu. (Yuyun Amalia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Ragam Tradisi Unik Penuh Makna Keluarga Tionghoa Dalam Menyambut Imlek

TELENEWS.ID - Tradisi masyarakat Tionghoa dalam menyambut Imek atau tahun baru China pastinya memberi makna tertentu. Kali ini di tahun 2022, perayaan...

Status Kelurahan Krukut Tidak Lagi Zona Merah Covid 19, Micro Lockdown Dicabut

TELENEWS.ID - Banyak daerah khususnya di DKI Jakarta mendapat status level 2 dan juga menerapkan micro lockdown. Hanya saja semenjak varian Omicron...

Doyan Sindir Anies Baswedan, Wagub DKI Ke Giring: Tunjukkan Kinerja Dan Prestasi

TELENEWS.ID - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria angkat bicara soal aksi saling sindir antara Gubernur Anies Baswedan dengan Ketua Umum...

Tidak Ada Tempat Bagi Koruptor, Indonesia – Singapura Tanda Tangan Perjanjian Ekstradisi

TELENEWS.ID - Sejak tahun 1998, Indonesia dan Singapura telah melakukan berkali-kali untuk mengukuhkan perjanjian ekstradisi untuk kedua negara namun selalu gagal. Diketahui...