Home Otomotif Tidak Mau Kalah dengan Singapura, Indonesia Luncurkan Kendaraan Listrik Tanpa Pengemudi

Tidak Mau Kalah dengan Singapura, Indonesia Luncurkan Kendaraan Listrik Tanpa Pengemudi

TELENEWS.ID – Singapura sudah banyak menggunakan robot untuk membantu masyarakat menjalankan kegiatan sehari-hari. Bahkan Singapura juga sudah menggunakan robot sebagai pengganti polisi untuk mengawasi dan memberi peringatan kepada masyarakat. Indonesia tidak mau ketinggalan dalam penggunaan serta pengembangan teknologi canggih sejenis.

Salah satu perusahaan besar di Indonesia, Sinar Mas Land baru-baru ini telah meluncurkan kendaraan listrik tanpa awak atau disebut electric vehicle. Kendaraan ini sudah bisa ditemui dan digunakan masyarakat khusus di kawasan perumahan elit, BSD City, Tangerang Selatan, Banten. Kendaraan listrik ini memiliki merk dagang Navya dengan varian Arma. Namun rute perjalanan yang ditempuh masih terbatas yaitu hanya dari pusat perbelanjaan Qbig sampai ke komplek perkantoran Green Office Park dan sebaliknya.

Saat ini baru ada satu kendaraan saja yang beroperasi untuk rute tersebut. Ke depan, Sinar Mas Land akan menyiapkan dua kendaraan untuk rute yang sama untuk mengakomodir pengguna yang semakin banyak. CEO Sinar Mas Land, Michael Widjaja menjelaskan bahwa nantinya setiap rute akan memiliki dua unit kendaraan untuk mengakomodir pengguna yang semakin banyak. Saat ini untuk rute Qbig – Green Office Park baru satu unit karena masih dalam tahap uji coba walaupun sudah dapat digunakan masyarakat.

Target dari kendaraan listrik tanpa awak ini akan disiapkan cukup banyak karena akan mendukung integrasi transit oriented development (TOD) Cisauk dengan target pengguna 11,000 orang per hari. Michael juga menjelaskan salah satu contoh TOD Cisauk yang akan diterapkan menggunakan mobil ini adalah misal ada 12 orang pengguna akan pergi dari stasiun BSD ke pusat perbelanjaan Aeon BSD. Sedangkan ada 50 orang pengguna yang mau turun di Qbig dari stasiun BSD. Mobil akan di atur untuk menurunkan penumpang di Aeon BSD dulu dan melanjutkan perjalanan kembali ke stasiun BSD untuk menjemput penumpang dan mengantar sampai ke Qbig.

Baca juga :  Pedro Acosta, Pembalap Debutan Moto3 yang Mampu Pukau Marquez dan Rossi

Mobil ini memiliki kapasitas baterai 33 kilo watt hour (kWH) dan akan bertahan untuk penggunaan selama 9 jam. Mobil ini berukuran 4,7 meter x 2,1 meter dengan kapasitas 15 orang, dengan 11 formasi duduk dan 4 orang berdiri. Mobil ini juga memiliki banyak sensor seperti Global Positioning System (GPS), sensor LIDAR (Light Radar) dengan kamera resolusi tinggi dan analisa data.

Mobil ini juga dilengkapi dengan kecanggihan akselerasi, navigasi, serta dapat mendeteksi kondisi jalan yang dilalui dan menghindari lokasi jalan yang akan membuat penumpang tidak nyaman. Sensor pada mobil akan membuat mobil berhenti secara otomatis jika ada jalan atau halangan yang mengganggu perjalanan sehingga tidak berbahaya bagi penumpang maupun lingkungan sekitar. (Angela Limawan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Bukan Beras Merah, Inilah Sumber Karbohidrat Terbaik untuk Perut yang Langsing

TELENEWS.ID - Selama ini nasi merah dianggap sebagai sumber karbohidrat terbaik pengganti nasi atau beras putih. Memiliki indeks glikemik lebih rendah dari...

5 Resep Kulit Sehat dan Awet Muda ala Cameron Diaz yang Wajib Dicoba Semua Wanita!

TELENEWS.ID - Sebentar lagi usia bintang Hollywood, Cameron Diaz akan genap 50 tahun. Namun ibu satu anak ini masih tampak tetap cantik...

Dialami Almarhum Tjahjo Kumolo, Ini 5 Tanda Kelelahan yang Tak Boleh Diabaikan

TELENEWS.ID - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat, (01/07/2022) pada pukul 11.10 WIB....

Tips Menyimpan Bawang Merah Segar dan Tahan Lama Saat Harganya Mulai Melonjak Naik

TELENEWS.ID - Harga bawang merah dilaporkan perlahan naik. Bahkan di beberapa daerah di tanah air, harga bawang merah dikabarkan menembus angka 95...