Home Nasional Politik Tiga Nama Bacapres Nasdem Diumumkan, Akankah Ada yang Berpasangan dengan Rachmat Gobel...

Tiga Nama Bacapres Nasdem Diumumkan, Akankah Ada yang Berpasangan dengan Rachmat Gobel ?

TELENEWS.ID – Partai Nasdem sudah menyelesaikan rapat kerja nasional (Rakernas) yang diadakan di Jakarta Convention Center (JCC) pada Rabu (15/06/2022) hingga Jumat (17/06/2022). Rakernas diakhiri dengan mengumumkan nama bakal calon presiden yang akan diusung Partai Nasdem pada pemilu 2024 mendatang.

Adapun tiga nama bakal calon presiden yang akan diusung Partai Nasdem pada pemilu 2024 mendatang adalah Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, dan Jenderal TNI, Andika Perkasa. Ketiga nama tersebut nantinya akan mengerucut menjadi hanya satu nama yang akan diusung.

Sebelumnya nama Wakil Ketua DPR RI, Rachmat Gobel menjadi nama yang paling santer terdengar menjadi bakal calon wakil presiden yang akan diusung oleh partai yang diketuai oleh Surya Paloh ini. Selain karena alasan Rachmat Gobel merupakan salah satu kader Nasdem, Rachmat Gobel juga dinilai memiliki kapasitas, kualitas, dan elektabilitas yang memenuhi syarat untuk maju ke kancang politik nasional.

Selain Rachmat Gobel, ada pula nama kader partai Nasdem lain yang diprediksi dicalonkan sebagai bakal calon wakil presiden dari Nasdem. Beberapa nama tersebut antara lain, Menteri Pertanian RI saat ini, Syahrul Yasin Limpo, Wakil Ketua MPR, Lestari Moeridjat, Menteri Komunikasi dan Informasi RI saat ini, Johnny G Plate dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI saat ini, Siti Nurbaya. Nama-nama tersebut masuk ke dalam daftar nama yang diusulkan oleh Dewan Pimpinan Wilayah Partai Nasdem dan telah diserahkan kepada ketua Umum partai Nasdem, Surya Paloh.

Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh akhirnya memutuskan untuk memilih ketiga nama tersebut sebagai kandidat yang akan diusung oleh Partai Nasdem dalam pencalonan pilpres 2024 mendatang. Seperti yang diketahui, Anies Baswedan dan Jenderal TNI, Andika Perkasa bukan merupakan kader dari partai manapun saat ini. Sementara Andika Perkasa saat ini masih berstatus aktif sebagai Jenderal TNI. Hal ini akan memiliki kendala dalam proses administrasi status tersebut jika memang nantinya Andika Perkasa memutuskan untuk mencalonkan diri sebagai calon presiden pada pemilu 2024.

Baca juga :  Cegah Covid-19, Kampanye Pilkada 2020 diperbolehkan Secara Daring

Sementara Ganjar Pranowo sendiri saat ini merupakan kader aktif dari partai PDI-Perjuangan. Namun PDI-Perjuangan masih belum memiliki keputusan akan mencalonkan siapapun dalam menghadapi pemilu 2024 mendatang. Kegalauan PDI-P yang sebenarnya ingin mencalonkan ketua umumnya saat ini, Puan Maharani memiliki kendala besar dengan sangat kecilnya elektabilitas dan popularitas yang dimiliki. Bahkan disebut-sebut, Puan juga memiliki minim prestasi bahkan saat menjabat sebagai menteri pemberdayaan perempuan di Kabinet Kerja Jilid 1.

Dari ketiga nama bacapres yang sudah diumumkan tersebut, masih menjadi pertanyaan siapa yang akan berpasangan dengan kader Nasdem sebagai bacawapresnya. Rachmat Gobel yang memiliki elektabilitas dan popularitas tertinggi saat ini sebagai bacawapres juga belum memiliki kepastian akankah jadi maju sebagai bacawapres dari Nasdem atau tidak. Salah satu hal yang paling santer terdengar dalam tubuh partai Nasdem adalah Andika Perkasa yang akan berpasangan dengan Rachmat Gobel sebagai bacapres dan bacawapres dari Nasdem.

Baca juga :  KAMI Jabar Berdeklarasi dan Beraksi

Pesan dari ketua Steering Committee (SC) Rakernas, Prananda Surya Paloh, pemilu merupakan pesta demokrasi yang hanya dilakukan lima tahun sekali, untuk itu harus diadakan dengan gembira tanpa adanya keributan atau hal-hal negatif yang muncul dari siapapun. Selain itu Prananda juga menjelaskan bahwa Rakernas yang dilaksanakan tahun ini diharapkan mampu menjadi pembuka bagi masyarakat dan partai lain untuk turut serta menghasilkan pemilu yang damai di tahun 2024 mendatang. Walaupun pada awal tahun pembukaan pemilu akan terasa panas karena persaingan politik semakin kencang dan calon presiden serta calon wakil presiden juga sudah akan mulai bermunculan. Namun hal ini jangan sampai menciptakan gesekan dan jarak yang memecah belah masyarakat menjadi poros-poros berbeda. (Angela Limawan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Bukan Beras Merah, Inilah Sumber Karbohidrat Terbaik untuk Perut yang Langsing

TELENEWS.ID - Selama ini nasi merah dianggap sebagai sumber karbohidrat terbaik pengganti nasi atau beras putih. Memiliki indeks glikemik lebih rendah dari...

5 Resep Kulit Sehat dan Awet Muda ala Cameron Diaz yang Wajib Dicoba Semua Wanita!

TELENEWS.ID - Sebentar lagi usia bintang Hollywood, Cameron Diaz akan genap 50 tahun. Namun ibu satu anak ini masih tampak tetap cantik...

Dialami Almarhum Tjahjo Kumolo, Ini 5 Tanda Kelelahan yang Tak Boleh Diabaikan

TELENEWS.ID - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat, (01/07/2022) pada pukul 11.10 WIB....

Tips Menyimpan Bawang Merah Segar dan Tahan Lama Saat Harganya Mulai Melonjak Naik

TELENEWS.ID - Harga bawang merah dilaporkan perlahan naik. Bahkan di beberapa daerah di tanah air, harga bawang merah dikabarkan menembus angka 95...