Home Ekonomi Tiga Perusahaan BUMN Dibubarkan Erick Thohir, Bagaimana Nasib Pegawainya ?

Tiga Perusahaan BUMN Dibubarkan Erick Thohir, Bagaimana Nasib Pegawainya ?

TELENEWS.ID – PT Kertas Kraft Aceh (Persero) atau KKA, PT Industri Sandang Nusantara (Persero) atau ISN, PT Industri Gelas (Persero) atau Iglas adalah tiga perusahaan BUMN yang baru saja resmi dibubarkan Ercik Thohir.

Pembubaran ketiga perusahaan tersebut diresmikan setelah diadakan rapat umum pemegang saham (RUPS) masing-masing. Penyelesaian perkara pasca dibubarkannya perusahaan akan ditangani oleh PT Perusahaan Pengelola Aset (Persero) atau PPA sebagai pemegang surat kuasa khusus (SKK).

Menteri BUMN, Erick Thohir mengungkapkan pembubaran ini dilakukan karena ketiga perusahaan memang sudah lama tidak beroperasi dan tidak produktif. KKA dan ISN diketahui telah berhenti beroperasi sejak 2018, sedangkan Iglas sendiri telah berhenti beroperasi sejak 2015. Selain itu ketiga perusahaan ini tidak mungkin dikonsolidasikan ke dalam perusahaan BUMN lain.

Pembubaran ISN diresmikan pada RUPS yang diadakan pada 2 Februari 2022. Sedangkan Iglas resmi dibubarkan setelah RUPS pada 10 Maret 2022, dan KKA diresmikan bubar setelah RUPS pada 11 Maret 2022.

Pembubaran ketiga perusahaan ini tetap akan disahkan ke dalam peraturan pemerintah (PP) yang akan segera diterbitkan pada Juni 2022.

Direktur Utama PPA, Yadi Jaya Ruchandi mengungkapkan pihaknya telah melakukan restrukturisasi untuk beberapa aspek seperti hukum, sosial, bisnis dan keuangan. Selain itu terkait pembubaran, PPA juga telah mengkomunikasikan hal ini kepada kementerian keuangan, DPR RI, dan pemerintah daerah. PPA juga akan segera membentuk tim untuk mengurus likuidasi perusahaan pasca ditutup.

Erick Thohir juga mengapresiasi PPA dalam menyelesaikan isu kepegawaian terkait ketiga perusahaan yang ditutup tersebut. Untuk Iglas sendiri sudah ada 429 orang karyawan yang statusnya sudah diselesaikan perusahaan.

Pesangon telah mereka terima sejak September 2021. Sedangkan hal-hal terkait kewajiban kreditur, vendor akan segera diselesaikan segera setelah penjualan aset terealisasi dan perusahaan mendapatkan pengembalian dari kurator.

Baca juga :  Cermati Perbedaan Trading Komoditas dan Trading Forex, Pemula Wajib Mengerti

Untuk ISN sendiri penyelesaian kewajiban karyawan termasuk pesangon akan diselesaikan melalui penjualan aset melalui lelang yang saat ini telah dilakukan. Untuk KKA sendiri, pembayaran kewajiban karyawan hingga pesangon akan dilakukan melalui mekanisme dana talangan oleh PPA, sebagai pemegang surat kuasa khusus (SKK). (Angela Limawan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Tips Makeup Simpel untuk Datang ke Kondangan Pernikahan

TELENEWS.ID - Datang ke kondangan pernikahan menjadi hal yang cukup tricky untuk kaum Hawa. Selain harus memilih busana apa yang tepat untuk...

Kata Ahli, 5 Jenis Makanan Ini Harus Dikonsumsi Anak Setiap Hari

TELENEWS.ID - Orangtua akan melakukan segala cara agar buah hati mereka mendapatkan yang terbaik. Termasuk dalam urusan gizi dan kesehatan. Salah satunya...

Rakernas Partai Pelita Dihadiri Gatot Nurmantyo dan Ahmad Riza Patria

TELENEWS.ID – Pada Senin (16/05/2022) Partai baru, Partai Pelita mengadakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Hotel Mercure Ancol, Jakarta Utara. Pada acara...

Wajarkah Merasa Cemas Setelah Jokowi Perbolehkan Lepas Masker di Area Terbuka? Ini Penjelasannya!

TELENEWS.ID - Presiden Jokowi mulai melonggarkan aturan penggunaan masker di ruangan terbuka. Presiden menyampaikan hal ini melalui video pernyataan pers yang disiarkan...