Home Olah Raga Timnas Indonesia Kembali Tanpa Pemain Naturalisasi di Laga Internasional

Timnas Indonesia Kembali Tanpa Pemain Naturalisasi di Laga Internasional

TELENEWS.ID – Kepastian batal bergabungnya Elkan Baggott dengan timnas Indonesia di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA) untuk melakoni pertandingan lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 grup G membuat skuat Garuda akan kembali tanpa pemain naturalisasi di pertandingan internasional.

Terakhir kali timnas Indonesia tidak diperkuat pemain naturalisasi pada pertandingan internasional terjadi pada Oktober 2010 silam. Kala itu skuat Garuda yang dilatih Alfred Riedl menghadapi Maladewa di Stadion Siliwangi, Bandung. Kemenangan pun berhasil diraih dengan skor 3-0 lewat gol Okto Maniani, Yongki Aribowo dan Tony Sucipto.

Setelahnya, para pemain naturalisasi silih berganti masuk menjadi tulang punggung timnas Indonesia. Mulai dari Cristian Gonzales yang mencatatkan laga debutnya bersama skuat Garuda pada 21 November 2010 silam. Sampai kini sudah terdapat puluhan pemain naturalisasi yang pernah berseragam timnas Indonesia.

Di bawah komando Shin Tae-yong, peran para pemain naturalisasi di timnas Indonesia memang tidak lagi sevital dahulu. Pelatih asal Korea Selatan itu sepertinya lebih percaya dengan talenta-talenta asli tanah air untuk menjadi tulang punggung skuat Garuda.

Hal itu juga dapat dilihat ketika timnas Indonesia U-22 proyeksi SEA Games 2021 menjalani pemusatan latihan (TC) pada awal Februari lalu. Kala itu, dari total 36 pemain yang dipanggil tidak terdapat satupun pemain naturalisasi.

Tim tersebut juga sempat menjalani pertandingan persahabatan menghadapi dua klub Liga 1 Indonesia, yaitu kontra Persikabo 1973 dan Bali United. Kedua pertandingan itu berhasil dimenangkan timnas Indonesia U-22 dengan skor 2-0 dan 3-1.

Pada TC untuk babak Kualifikasi Piala Dunia 2022 sendiri, Shin Tae-yong sebenarnya sempat memanggil tiga pemain naturalisasi. Selain Elkan Baggott, ada nama gelandang Persija Jakarta Marc Klok dan penyerang Bali United, Ilija Spasojevic. Namun kedua nama itu kemudian tidak dipilih Shin Tae-yong untuk daftar 28 pemain yang dibawanya ke UEA.

Baca juga :  Dibuang Arsenal Hingga Jadi Pahlawan Argentina, Kisah Kebangkitan Emiliano Martinez

Elkan Baggot sendiri sebenarnya dijadwalkan langsung bergabung di Dubai dengan skuat timnas Indonesia. Namun, baru-baru ini PSSI memastikan bahwa pemain yang kini memperkuat Ipswich Town, Inggris tersebut tidak dapat terbang ke Dubai.

“PSSI sudah berkomunikasi dengan Elkan Baggott, ia menyatakan bahwa tidak dapat bergabung bersama timnas Indonesia untuk Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Dubai,” kata Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi.

Dia menyebut, Ipswich Town selaku klub pemilik Elkan Baggot sebenarnya sudah memberikan jawaban kepada PSSI bahwa sang pemain akan bergabung bersama timnas Indonesia di Dubai pada 31 Mei, namun yang bersangkutan tidak bisa berangkat. 

“Menurut Elkan Dubai termasuk zona merah pandemi Covid-19. Ia pun harus menjalani karantina apabila kembali ke Inggris. Dan klubnya sudah melakukan persiapan pra musim mulai awal Juni mendatang. Terkait hal ini kami sudah berkomunikasi dengan pelatih Shin Tae-yong,” jelasnya.

Baca juga :  Luis Suarez: Banyak Yang Tidak Percaya Saya Masih Bisa Main Di Level Top

Selama di UEA, timnas Indonesia dijadwalkan melakoni dua laga uji coba kontra Afghanistan pada 25 Mei dan Oman 29 Mei. Selanjutnya mereka akan tampil pada ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022 grup G dengan melawan Thailand pada 3 Juni, lalu Vietnam 7 Juni, dan terakhir UEA pada 11 Juni 2021. (Taufik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Berkaca Pada Celine Evangelista, Begini Cara Menciptakan Hubungan yang Sehat dengan Ibu

TELENEWS.ID - Hubungan Celine Evangelita dengan ibundanya, Vicentia Nurul kembali memanas. Belum lama ini Vicentia membongkar aib Celine, terkait kandasnya rumah tangga...

Jakarta International Stadium: Mega Proyek yang Dilalui 5 Orang Gubernur DKI

TELENEWS.ID - Jakarta International Stadium atau JIS adalah salah satu mega proyek Indonesia yang menyimpan banyak makna. Tidak hanya sarat dengan capital...

Jangan Panik, Ini Tips untuk Mengatasi Anak-anak yang Tidak Suka Makan Sayur dan Buah

TELENEWS.ID - Anak-anak memang tidak begitu menyukai buah dan sayuran. Padahal kedua jenis makanan itu merupakan sumber serat yang baik bagi kesehatan...

Rachmat Gobel Diisukan Jadi Menteri Pertanian?

TELENEWS.ID - Nama Rachmat Gobel belakang santer diisukan akan menjadi jajaran kabinet Presiden Jokowi. Rumor tersebut adalah pertimbangan dari beberapa pengamat politik...