Home Teknologi Tinggalkan Android, Huawei Mulai Pakai HarmonyOS

Tinggalkan Android, Huawei Mulai Pakai HarmonyOS

TELENEWS.ID – Huawei akhirnya resmi ‘bercerai’ dengan Operating System (OS) Android. Brand ponsel raksasa asal China itu baru saja meresmikan OS originalnya yang bernama ‘HarmonyOS 2.0 kepada publik’, dan akan segera digunakan dalam seri ponsel terbarunya.

Dilansir dari CNBC Internasional HarmonyOS 2.0 sesungguhnya telah dikembangkan sejak tahun 2016. Ia dirancang untuk menjadi sistem operasi yang bisa terhubung dengan internet dari banyak perangkat.

Dalam acara peluncuran virtual yang digelar hari Rabu (2 Juni) kemarin, Wang Chenglu, Presiden of Huawei Consumer Business Software Department, menyatakan bahwa HarmonyOS 2.0 nantinya tak hanya akan terpasang di smartphone, tapi di semua perangkat, seperti tablet, jam tangan pintar, TV, dan perangkat lainnya.

HarmonyOS 1.0 pertama kali menjalani debut pada tahun 2019 silam, kala Huawei masuk daftar hitam pemerintah AS di bawah kepemimpinan Donald Trump yang menyebabkan akses mereka ke sistem operasi Android Google juga ikut tertutup.

Adapun seri ponsel Mate 40 dan Mate X2 Huawei sudah dipastikan akan memakai HarmonyOS 2.0, dan disusul oleh jajaran perangkat lain yang telah rilis sebelumnya. Hingga saat ini, disebut lebih dari 500.000 pengembang sedang membangun aplikasi berbasis HarmonyOS.

HarmonyOS menggunakan teknologi terdistribusi yang memungkinkan pengguna untuk secara bebas menggabungkan perangkat dan mengintegrasikan menjadi satu. Ini membuatnya sesederhana menggunakan satu perangkat untuk konsumen.

“Sebagai sistem operasi generasi berikutnya untuk perangkat pintar, HarmonyOS menyediakan bahasa umum untuk berbagai jenis perangkat agar dapat saling terhubung dan berkolaborasi, memberikan pengguna pengalaman yang lebih nyaman, lancar, dan aman” tulis pernyataan resmi Huawei.

“HarmonyOS menggunakan teknologi terdistribusi untuk memenuhi berbagai kebutuhan semua jenis perangkat yang berbeda dalam satu sistem, sehingga memungkinkan penyebaran yang fleksibel sesuai kebutuhan,”.

Baca juga :  Canggih! Pesan Whatsapp Bisa Terhapus Otomatis Dalam 24 Jam

Huawei juga menegaskan bahwa kehadiran HarmonyOS tidaklah dimaksudkan untuk menggantikan Android atau iOs secara keseluruhan. Penerapannya pun dimaksudkan untuk cakupan yang lebih luas. Huawei pun memastikan bahwa para pengguna masih dapat menginstal aplikasi Android di Harmony OS 2.0 lewat fitur AppGallery atau Petal. (Billy Bagus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Mengenal Oversharing, Kebiasaan Menggunakan Medsos yang Bisa Membuatmu Kehilangan Privasi

TELENEWS.ID - Di zaman seperti sekarang ini hampir segala sesuatu dibagikan oleh orang-orang di media sosial. Mulai dari aktivitas setelah bangun tidur...

Makanan yang Membantu Mengatasi Selulit Secara Alami

TELENEWS.ID - Sejatinya adalah hal yang normal dan lumrah jika wanita memiliki selulit pada kulit atau tubuh mereka. Namun tak bisa dipungkiri...

Kementerian PUPR Antisipasi Banjir di Mandalika

TELENEWS.ID - Kementerian PUPR tengah menyelesaikan pembangunan berbagai infrastruktur pendukung Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Nusa Tenggara Barat yang merupakan salah satu...

Tetap Cantik Saat Touring, Ini 6 Tips Menjaga Kulit dan Rambut untuk Para Lady Biker

TELENEWS.ID - Kesan garang dan tangguh dari seorang lady biker memang tak bisa untuk dipungkiri. Ini karena touring dengan motor umumnya dilakukan...