Home Teknologi Tinggalkan Android, Huawei Mulai Pakai HarmonyOS

Tinggalkan Android, Huawei Mulai Pakai HarmonyOS

TELENEWS.ID – Huawei akhirnya resmi ‘bercerai’ dengan Operating System (OS) Android. Brand ponsel raksasa asal China itu baru saja meresmikan OS originalnya yang bernama ‘HarmonyOS 2.0 kepada publik’, dan akan segera digunakan dalam seri ponsel terbarunya.

Dilansir dari CNBC Internasional HarmonyOS 2.0 sesungguhnya telah dikembangkan sejak tahun 2016. Ia dirancang untuk menjadi sistem operasi yang bisa terhubung dengan internet dari banyak perangkat.

Dalam acara peluncuran virtual yang digelar hari Rabu (2 Juni) kemarin, Wang Chenglu, Presiden of Huawei Consumer Business Software Department, menyatakan bahwa HarmonyOS 2.0 nantinya tak hanya akan terpasang di smartphone, tapi di semua perangkat, seperti tablet, jam tangan pintar, TV, dan perangkat lainnya.

HarmonyOS 1.0 pertama kali menjalani debut pada tahun 2019 silam, kala Huawei masuk daftar hitam pemerintah AS di bawah kepemimpinan Donald Trump yang menyebabkan akses mereka ke sistem operasi Android Google juga ikut tertutup.

Adapun seri ponsel Mate 40 dan Mate X2 Huawei sudah dipastikan akan memakai HarmonyOS 2.0, dan disusul oleh jajaran perangkat lain yang telah rilis sebelumnya. Hingga saat ini, disebut lebih dari 500.000 pengembang sedang membangun aplikasi berbasis HarmonyOS.

HarmonyOS menggunakan teknologi terdistribusi yang memungkinkan pengguna untuk secara bebas menggabungkan perangkat dan mengintegrasikan menjadi satu. Ini membuatnya sesederhana menggunakan satu perangkat untuk konsumen.

“Sebagai sistem operasi generasi berikutnya untuk perangkat pintar, HarmonyOS menyediakan bahasa umum untuk berbagai jenis perangkat agar dapat saling terhubung dan berkolaborasi, memberikan pengguna pengalaman yang lebih nyaman, lancar, dan aman” tulis pernyataan resmi Huawei.

“HarmonyOS menggunakan teknologi terdistribusi untuk memenuhi berbagai kebutuhan semua jenis perangkat yang berbeda dalam satu sistem, sehingga memungkinkan penyebaran yang fleksibel sesuai kebutuhan,”.

Baca juga :  Blokir Aplikasi Snack Video, Ini Alasan Kominfo

Huawei juga menegaskan bahwa kehadiran HarmonyOS tidaklah dimaksudkan untuk menggantikan Android atau iOs secara keseluruhan. Penerapannya pun dimaksudkan untuk cakupan yang lebih luas. Huawei pun memastikan bahwa para pengguna masih dapat menginstal aplikasi Android di Harmony OS 2.0 lewat fitur AppGallery atau Petal. (Billy Bagus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Dispatch Bongkar Rahasia Kencan Idol Korea

TELENEWS.ID - Bagi kamu pecinta industri hiburan Korea tentu sudah tidak asing dengan media yang cukup fenomenal yakni Dispatch. Layaknya Lambe Turah...

Maeda Tadashi, Samurai Jepang yang Membantu Kemerdekaan Indonesia

TELENEWS.ID - Kemerdekaan Republik Indonesia tidak lepas dari peran penting beberapa tokoh tanah air yang ingin bebas dari belenggu penjajah. Namun, jangan...

Pemprov DKI Menghentikan Pembiayaan Ajang Formula E

TELENEWS.ID - Penyelenggaraan Formula E yang sedianya dilaksanakan tahun ini harus tertunda akibat adanya pandemi Covid-19. Tidak kunjung mendapatkan kejelasan, pihak DKI...

Pengadaan Rapid Test, Pemprov DKI Melakukan Pemborosan 1,19 Miliar

TELENEWS.ID - BPK merilis Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) mengenai laporan keuangan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Hasilnya, dalam laporan tersebut Pemprov DKI Jakarta...