Home Daerah Bali Tingkat Vaksin Menuju 80%, Bali Siap Hidup 'Berdamai' Dengan Corona?

Tingkat Vaksin Menuju 80%, Bali Siap Hidup ‘Berdamai’ Dengan Corona?

TELENEWS.ID – Belum lama, Singapura mengklaim siap ‘berdamai’ dengan virus Corona setelah mencapai ‘herd immunity’ setelah berhasil memvaksin hampir 80% dari seluruh warganya, dan Pulau Bali dikabarkan bisa akan segera menyusul jejak negara tetangga Indonesia tersebut.

Singapura memutuskan untuk mengambil langkah damai dengan COVID-19 setelah menggiatkan program vaksinasi bagi penduduknya. Menteri Kesehatan Singapura, Ong Ye Kung, memperkirakan bahwa sekitar 50% dari total populasi telah menerima vaksin dosis kedua sekitar 26 Juli mendatang.

Berkaca dari Singapura, bisa dilihat betapa pentingnya peran vaksinasi dalam menekan tingkat mortalitas (kematian) atau kejadian fatal karena virus Corona. Meskipun masih sulit dilakukan di Indonesia secara menyeluruh, langkah Singapura tersebut sepertinya bisa disusul oleh Pulau Bali dalam waktu dekat.

Berdasarkan data dari situs Kemenkes per hari Kamis (15 Juli) kemarin, Bali tercatat sebagai provinsi pertama di Indonesia dengan tingkat vaksinasi tertinggi. Dari data yang terakhir diperbarui tanggal 13 Juli, tercatat, sekitar 82,95% masyarakat Bali telah menerima vaksin dosis pertama. Sedangkan untuk vaksin dosis kedua, sekitar 23,35% masyarakat Bali telah menerimanya.

Jumlah tersebut memang masih lebih kecil ketimbang Singapura yang 40% penduduknya telah mendapat dosis vaksin kedua. Namun bisa jadi hanya tinggal perkara waktu hingga Bali bisa mencapai posisi yang sama.

Kemungkinan bagi Bali untuk hidup damai dengan COVID-19 pun terbilang cukup tinggi. Terlebih, hal itu didukung oleh ketaatan masyarakatnya pada prokes seperti memakai masker di tempat umum dan lainnya. Masyarakat pun cenderung taat pada pemberlakuan PPKM darurat dan mayoritas tempat hiburan dan wisata dengan patuh menerapkan peraturan PPKM tersebut.

Hasilnya pun dapat dibuktikan secara statistik: dikutip dari situs pemprov Bali, per 14 Juli kemarin, Pulau Dewata hanya mencatatkan 791 kasus infeksi COVID-19 baru. Sekitar 315 pasien sembuh dan 21 pasien meninggal dunia.

Baca juga :  Vaksinasi dan Perang Melawan Penyakit Menular Dari Masa Ke Masa

Jika hal ini dapat terlaksana, maka pariwisata Pulau Bali pun kemungkinan besar akan bisa kembali dibuka seperti sediakala bagi wisatawan lokal maupun internasional. Hal itu tentu akan berdampak baik bagi perekonomian Pulau Dewata yang selama ini hancur lebur diterpa pandemi Corona.

Salah satu program yang dicanangkan pemerintah guna membangkitkan kembali perekonomian Bali adalah pariwisata berbasis vaksin. Rencana tersebut disampaikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

“Saya menyampaikan bahwa sekarang yang menjadi tren adalah pariwisata berbasis vaksin” Tutur Sandiaga. “Ada beberapa paket paket-paket wisata ke negara-negara lain sampai paling jauh ke Amerika yang menawarkan wisata dan mendapatkan vaksin berbagai jenis mulai dari Pfizer, Moderna, Johnson & Johnson, paketnya ada yang 14 hari ada yang 21 hari dan beberapa lain sebagainya,”.

Lebih lanjut, Sandiaga mengungkap alasan mengapa Bali dipilih sebagai daerah pertama di Indonesia untuk menerapkan wisata berbasis vaksin. “Bali yang sudah menjadi provinsi terdepan dalam pelaksanaan percepatan vaksin” paparnya.

Baca juga :  Cara Mudah Jaga Sistem Imun Tubuh Menjelang Liburan

“Kedua, Bali ini sangat membutuhkan sentuhan dari pemerintah dan masyarakat Indonesia karena perekonomian Bali menjadi yang paling terkontraksi secara dalam (karena ditutupnya sektor pariwisata akibat pandemi Corona)” pungkasnya.

Lebih lanjut, pemerintah juga telah merencanakan sejumlah program lain untuk mendongkrak pariwisata Bali jika sektor pariwisata bisa beroperasi kembali, diantaranya Work From Bali (WFB) dan juga penerapan zona hijau bebas-Corona (green zone) di tiga wilayah destinasi wisata berbeda, yakni Sanur, Ubud dan Nusa Dua. (Billy Bagus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Desa Wisata Ini Diprediksi Bakal Hits di Tahun 2022, Yuk Simak Apa Saja Daftarnya

TELENEWS.ID - Banyak solusi ketika Anda ingin mencari destinasi liburan bersama keluarga ataupun teman-teman dengan tema desa wisata. Saat ini trend mengunjungi...

Pemerintah Enggan Rekrut CPNS di Tahun 2022, Ternyata Ini Alasannya

TELENEWS.ID - Banyak informasi mengenai Pemerintah yang tidak akan melakukan perekrutan CPNS di tahun 2022. Kemudian dari aspek penambahan jumlah ASN juga...

Salah Satunya Bikin Awet Muda, 5 Alasan Kamu Harus Pakai Serum Vitamin C Mulai Dari Sekarang!

TELENEWS.ID - Serum menjadi salah satu skincare yang sekarang menjadi salah satu kebutuhan wanita masa kini. Rasanya perawatan wajah tak akan lengkap...

Berkaca Dari Supir Kecelakaan Maut Balikpapan, Ini 5 Tips Agar Tak Bangun Kesiangan

TELENEWS.ID - Berbagai fakta mengejutkan terungkap pasca kecelakaan maut yang terjadi di tanjakan Rapak, Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (21/1/2022) pagi. Salah satunya,...