Home Gaya hidup Tingkatkan Imun Tubuh di Musim Hujan dengan Konsumsi Susu Fermentasi

Tingkatkan Imun Tubuh di Musim Hujan dengan Konsumsi Susu Fermentasi

Facebook
Twitter

TELENEWS.ID – Musim hujan dipercaya sebagai musim penyakit. Ini karena banyak orang yang mendadak jatuh sakit seperti mengalami flu, batuk pilek, demam, sakit kepala dan sebagainya.

Mengapa kita mudah sakit saat musim hujan tiba?
Menurut sains, ada alasan mengapa seseorang mendadak mudah jatuh sakit saat musim hujan tiba. Menurut Dr. William Schaffner, pakar penyakit menular di Universitas Vanderbilt di Tennessee; penyakit pernafasan memang mudah menyerang di musim dingin atau musim penghujan karena dua alasan.

“Infeksi pernapasan lebih mudah menular di musim dingin karena dua alasan,” katanya. “Yang pertama adalah karena kita menghabiskan lebih banyak waktu di ruang tertutup, dekat satu sama lain, sehingga kita mengalami kontak fisik yang lebih lama dengan orang lain” lanjutnya lagi.

Yang kedua menurut Dr. Schaffner, kelembapan di musim hujan menjadi media yang disenangi virus untuk berkembang biak. Saat musim dingin atau musim hujan, tampaknya uap air yang mengelilingi virus menguap, sehingga virus tetap berada di udara untuk waktu yang cukup lama. Inilah dua alasan yang menurut sains mengapa seseorang jadi mudah jatuh sakit di musim hujan dan atau musim dingin.

Cara meningkatkan imun tubuh dengan cepat dan efektif
Meningkatkan imun tubuh bukan hal yang mudah, namun bukan berarti tidak bisa dilakukan. Berikut ini ada beberapa cara meningkatkan imun tubuh dengan efektif, seperti:
• Olahraga rutin. Olahraga dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dengan meningkatkan sirkulasi tubuh secara keseluruhan. Kondisi ini membuat sel-sel kekebalan dan molekul penangkal infeksi lainnya untuk bergerak lebih mudah ke seluruh tubuh.
• Minum air putih yang cukup. Cairan dalam sistem peredaran darah yang disebut getah bening, berfungsi membawa sel-sel kekebalan penangkal infeksi yang penting di sekitar tubuh. Limfa sebagian besar terdiri dari air, sehingga dengan minum air yang cukup membantu limfa bekerja lebih baik.
• Istirahat yang cukup. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang tidak mendapatkan kualitas tidur yang cukup lebih rentan sakit setelah terpapar virus, seperti virus yang menyebabkan flu.
• Meminimalkan stress. Stres kronis yang sering terjadi dan berlangsung lama, memicu tubuh membentuk respons stress. Pada gilirannya, respons stress ini menekan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan kemungkinan infeksi atau penyakit.
• Konsumsi makanan bergizi. Selain memberikan energi yang dibutuhkan sistem kekebalan tubuh, diet sehat dapat membantu memastikan tubuh mendapatkan jumlah mikronutrien yang cukup yang berperan dalam menjaga sistem kekebalan tubuh.

Salah satu asupan yang dibutuhkan untuk meningkatkan imun tubuh adalah dengan rutin mengkonsumsi susu fermentasi yang kaya akan manfaat.

Apa itu susu fermentasi?
Produk susu fermentasi dibuat ketika susu difermentasi dengan jenis bakteri tertentu yang disebut Lactobacilli atau Bifidobacteria. Fermentasi berarti susu dicerna sebagian oleh bakteri. Hal ini membuat produk susu lebih mudah dicerna, terutama bagi orang yang memiliki alergi susu atau tidak toleran terhadap laktosa.

Dari sudut pandang biologis, susu fermentasi ditandai oleh akumulasi produk metabolisme mikroba di dalamnya. Proses fermentasi meningkatkan umur simpan produk sekaligus meningkatkan rasanya dan meningkatkan proses cerna untuk susu itu sendiri.

Manfaat susu fermentasi untuk meningkatkan imun tubuh
Menurut sejumlah penelitian, usus yang sehat menjadi salah satu faktor yang meningkatkan imun tubuh seseorang.

Mengapa susu fermentasi bagus untuk imun tubuh?
Makanan yang difermentasi seperti susu fermentasi, yogurt, tempe atau kimchi; kaya akan probiotik yang bermanfaat untuk kesehatan, mulai dari menjaga pencernaan meningkatkan hingga kekebalan tubuh. Berbagai alasan makanan yang difermentasi bagus untuk imun tubuh seperti:

  1. Fermentasi mendorong pertumbuhan bakteri baik, yang dikenal sebagai probiotik. Probiotik telah terbukti meningkatkan fungsi kekebalan tubuh serta kesehatan pencernaan dan jantung.
  2. Bakteri yang hidup di usus memiliki dampak signifikan pada sistem kekebalan tubuh. Produk susu fermentasi merupakan sumber mikroorganisme hidup yang bermanfaat yang dapat meningkatkan mikrobiota usus, sehingga membantu meningkatkan imun tubuh secara keseluruhan.
  3. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum susu fermentasi yang mengandung Lactobacillus acidophilus bisa mengurangi pilek.
  4. Mengkonsumsi susu fermentasi yang kaya probiotik juga dapat membantu pulih lebih cepat saat sakit.

YoyiC Fermented Milk adalah produk susu fermentasi yang bisa membantu meningkatkan imun tubuh di musim hujan seperti sekarang ini. Dalam sebotol YoyiC Fermented Milk, mengandung 10 miliar bakteri Lactobacillus Paracasei yang sangat bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh.

Selain itu YoyiC Fermented Milk memiliki berbagai varian rasa, dikemas dalam botol yang lebih besar dengan tutup yang mudah dibuka sehingga bisa dinikmati kapan saja dan dimana saja.

Yuk rutin konsumsi YoyiC Fermented Milk agar daya tahan tubuh bisa terjaga di musim hujan seperti sekarang ini. (Yuyun Amalia untuk YoyiC Indonesia)

Facebook
Twitter
Yoyic Indonesiahttp://yoyic.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Deretan Destinasi Incaran Wisatawan Berkonsep Alam dan Budaya di Papua, Simak Daftarnya

TELENEWS.ID - Berbicara seputar deretan tempat wisata unggulan sekaligus menjadi incaran semua wisatawan lokal sampai mancanegara pastinya memberi penawaran menarik.

Dianggap Berjasa, Layakkah Brigadir Yoshua Diangkat Sebagai Pahlawan?

TELENEWS.ID - Pengacara Brigadir Nopriansyah Yoshua Hutabarat, Kamaruddin Simanjuntak meminta Presiden Joko Widodo untuk mengangkat Brigadir Josua sebagai pahlawan pada peringatan HUT...

Sebelum Harga Mie Instan Naik 3 Kali Lipat, Yuk Cobain 5 Tips Makan Mie yang Sehat dan Bergizi

TELENEWS.ID - Harga mie instan dikabarkan akan mengalami kenaikan. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebut ada kemungkinan bahwa makanan cepat saji favorit...

Terbukti, Gigi Putih Bersih Bikin Kamu Terlihat Awet Muda dan Menarik di Mata Lawan Jenis

TELENEWS.ID - Gigi yang putih dan bersih memang menyenangkan untuk dilihat. Mereka yang memiliki gigi putih, bersih dan rapi menjadi penanda bahwa...