Home Gaya hidup Tips Alami Mencegah Rambut Rontok Bagi Wanita Berhijab, Hijaber Wajib Coba Nih!

Tips Alami Mencegah Rambut Rontok Bagi Wanita Berhijab, Hijaber Wajib Coba Nih!

TELENEWS.ID-Mengenakan hijab bukan berarti kaun Hawa abai merawat rambut mereka. Nyatanya banyak hijaber yang juga menaruh perjatian besar pada kondisi kesehatan rambut mereka, meski sehari-hari selalu tertutup hijab dalam setiap penampilan mereka.

Berhijab bukan berarti kita abai pada kesehatan rambut kita. Justru dengan berhijab, kita harus selalu memperhatikan dan merawat kondisi rambut. Jangan sampai dibalik hijab kita yang rapi, rambut kita mengalami masalah dan bahkan kurang sehat.

Salah satu masalah rambut yang kerap dihadapi oleh wanita berhijab adalah kerontokan. Banyak wanita berhijab yang mengatakan bahwa rambut mereka menjadi rontok dan juga rapuh. Lalu apakah penyebab rambut rontok yang kerap dialami oleh wanita berhijab ini?

Menurut Craig Ziering, MD, seorang Dermatologist dan Spesialis Restorasi Rambut memebnarkan bahwa banyak wanita berhijab yang mengalami masalah rambut rontok. Dr. Craig mengungkapkan gesekan antara rambut dan bahan hijab yang menjadi penyebab utama masalah kerontokan rambut ini.

“Rambut rontok akibat hijab atau hijab alopecia memang benar adanya. Dalam hal ini, biang keladinya adalah gesekan yang intens dari hijab” ujar Dr. Craig. Masih menurut Dr. Craig lagi, gesekan antara kulit kepala dan kain untuk hijab terutama untuk waktu yang cukup lama yang menyebabkan kerontokan rambut ini.

“Gaya rambut saat memakai hijab dan dikombinasikan dengan bahan kain hijab yang bergesekan dengan kulit kepala setiap hari selama periode waktu yang sangat lama, dapat membuat trauma pada rambut, merusak folikel dan menyebabkannya rontok, ” kata Craig menambahkan.

Lalu bagaimanakan cara mengatasi rambut rontok bagi wnaita berhijab? Ternyata ada cara alami tanpa kamu harus menggunakan bahan kimia untuk mengatasi kerontokan rambut ini.

  1. Jangan pakai hijab dengan kondisi rambut lembab
    Rambut menjadi sangat rapuh ketika kondisinya basah atau lembab. Karena itulah menutupi rambut yang basah dan lembab dengan hijab menyebabkan kerusakan rambut mulai dari rambut pecah, bercabang, berketombe dan jga rontok. Karena itulah pastikan rambutmu benar-benar dalam kondisi kering sebelum memakai hijab.
  2. Sering-seringlah ganti inner hijab
    Inner hijab menjadi kain yang paling dekat dengan rambut dan kulit kepala. Karena itulah pastikan kalau inner hijab yang kamu kenakan dalam kondisi bersih. Ada baiknya kamu mencuci inner hijab setiap satu atau dua kali sehari, terutama jika kamu tinggal di negara tropis seperti Indonesia. Ketika kamu berkeringat dan kebetulan inner hijabmu kotor atau tidak higenis, maka akan memancing munculnya bakteri penyebab kerontokan rambut.
  3. Kalau bisa, jangan ikat rambutmu saat memakai hijab
    Mengikat rambut apalagi dengan karet yang kencang ketika memakai hijab, akan menyebabkan kulit kepala menjadi menegang. Kondisi ini meningkatkan resiko terjadinya traction alopecia atau rambut rontok karena tarikan pada akar rambut. Jika rambutmu panjang, kamu bisa memilih inner yang dilengkapi dengan tempat untuk menampung rambut di bagian belakangnya. Jika tidak sering-seringlah mengganti gaya mengikat rambut, seperti sesekali dengan cepol kemudian di lain hari dengan ekor kuda.
  4. Ganti bahan ikat rambut dan hijabmu
    Ada baiknya kamu juga mengganti bahan ikat rambut yang kamu gunakan. Hindari penggunaan karet dan gantilah dengan ikat rambut berbahan satin, sutra atau kain yang halus lainnya. Selain itu pilihlan bahan hijab yang bisa membuat rambut bernafas dengan bebas. Katun dan viscose adalah dua jenis bahan hijab yang bersahabat dengan kondisi rambut
Baca juga :  Pemprov Jawa Barat Siapkan Vaksinasi Massal
Baca juga :  Reinkarnasi Tamagotchi, Mainan Anak 90an yang Kini Berubah Bentuk

Merawat rambut bagi wanita berhijab memang butuh tenaga ekstra. Namun bukan berarti kamu abai, dan membiarkan kerontokan rambut terjadi. Cobalah tips diatas untuk mengatasi rambut rontok secara alami untuk wanita berhijab. (Yuyun)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Menurut Penelitian, Pria dengan 7 Sifat Ini yang Bakal Jadi Pasangan Terbaik Untukmu

TELENEWS.ID - Bagi wanita memilih pasangan bukanlah hal yang main-main. Banyak hal yang harus mereka pertimbangkan sebelum memilih pasangan, baik untuk menjadi...

Membongkar 5 Mitos Seputar Operasi Caesar, Proses Melahirkan yang Dipilih Nagita Slavina

TELENEWS.ID - Pasangan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina akhirnya menimang buah hati mereka yang kedua. Pada Jumat, 26 November 2021 kemarin, Gigi...

Mengenal Oversharing, Kebiasaan Menggunakan Medsos yang Bisa Membuatmu Kehilangan Privasi

TELENEWS.ID - Di zaman seperti sekarang ini hampir segala sesuatu dibagikan oleh orang-orang di media sosial. Mulai dari aktivitas setelah bangun tidur...

Makanan yang Membantu Mengatasi Selulit Secara Alami

TELENEWS.ID - Sejatinya adalah hal yang normal dan lumrah jika wanita memiliki selulit pada kulit atau tubuh mereka. Namun tak bisa dipungkiri...