Home Gaya hidup Tips Anti Gerah dan Tetap Nyaman Tampil Berhijab

Tips Anti Gerah dan Tetap Nyaman Tampil Berhijab

Telenews.id- Suhu di Indonesia memang sedang panas-panasnya. Beberapa hari ini, matahari memang bersinar dengan sangat terik membuat suhu naik dengan sangat signifikan. Bahkan tercatat suhu panas di Indonesia sampai menyentuh angka 37 derajat celcius.

Urip Haryoko selaku Pelaksana Tugas Deputi Bidang Klimatologi BMKG, membenarkan bahwa beberapa daerah di Indonesia memang mengalami suhu panas ekstrem beberapa hari belakangan ini. Menurut Urip, hal itu terjadi lantaran adanya gerak semu matahari yang sebenarnya merupakan suatu siklus tahunan.

Urip menyebut beberapa daerah di Indonesia seperti Medan bahkan mengalami kenaikan suhu hingga mencapai 37 derajat celcius. “Suhu tinggi pada haru itu tercatat di Balai Besar Meterologi, Klimatologi, dan Geofisika Wilayah I, Medan, yaitu 37 derajat Celsius,” kata Urip. Meski begitu, Urip mengatakan bahwa hal ini masih tergolong wajar dan bukan merupakan satu jenis penyimpangan cuaca.

Menurut Urip salah satu penyebab suhu yang sangat panas adalah kondisi cerah di berbagai wilayah tanah air, sehingga membuat cuaca semakin panas dan matahari terasa bersinar semakin terik. “Cuaca cerah juga menyebabkan penyinaran langsung sinar matahari ke permukaan lebih optimal sehingga terjadi pemanasan suhu permukaan,” jelas Urip.

Cuaca panas di tanah air menjadi tantangan tersendiri untuk kaum wanita yang mengenakan hijab. Mereka harus cermat memilih hijab dan busana, yang sesuai dengan suhu di tanah air yang benar-benar panas beberapa hari terakhir ini. Untuk menyiasati udara yang panas, ada beberapa tips dan trik yang bisa dicoba para hijaber untuk memilih busana dan hijab yang nyaman dikenakan. Apa sajakah itu?

  1. Pakai hijab berbahan kain yang ringan
    Untuk tetap nyaman dan anti gerah di musim panas seperti sekarang ini, tentu saja kamu harus memilih hijab dari bahan kain yang ringan namun tetap menyerap keringat. Hijab berbahan katun, menjadi salah satu yang sangat disarankan untuk dipakai di musim panas seperti sekarang ini. Selain ringan, hijab berbahan katun juga menyerap keringat dan bonusnya lagi mudah pula untuk dibentuk. Selain itu kini banyak sekali jenis hijab berbahan katun dengan berbagai warna dan corak, sehingga kamu tak akan kesulitan untuk menemukan yang cocok sesuai dengan gayamu.
  2. Hindari warna-warna gelap
    Di cuaca yang sedang panas seperti sekarang ini, sebaiknya hindari memakai hijab atau busana yang berwarna gelap. Warna-warna gelap cenderung menyerap panas, sehingga kamu yang memakainya bisa kegerahan. Karena itu sebaiknya hindari memilih warna-warna gelap seperti hitam, dan beralihlah ke warna yang lebih cerah seperti abu-abu, dusty pink, biru, dan sebagainya.
  3. Pakai baju dan celana yang longgar
    Ada baiknya untuk memilih mengenakan baju dan celana yang longgar di musim panas seperti sekarang ini. Busana yang longgar akan terasa lebih nyaman, dan tidak lembab pula saat dikenakan. Sama seperti hijab, baju dan celana berbahan katun tetap menjadi rekomendasi yang bisa dikenakan di musim panas seperti sekarang ini. Memakai busana yang longgar, juga mencegah bajumu menempel di kulit karena keringat.
  4. Hindari memakai tunik atau celana jeans yang berat
    Jeans dan tunik menjadi dua jenis busana yang kerap dipakai oleh hijaber saat ini. Namun di musim panas seperti sekarang, ada baiknya untuk sementara tak mengenakan tunik dan jeans yang berat dan tebal, sehingga membuatmu mudah berkeringat dan kepanasan. Kamu bisa memakai stretch jeans yang ringan, kemudian dipadu dengan tunik atau kemeja longgar yang berbahan ringan pula.
Baca juga :  3 Skincare Pria Untuk Wajah Lebih Segar dan Sehat
Baca juga :  NONA: Dari Desain Mesin Hingga Desain Baju

Nah itulah beberapa tips untuk tetap tampil nyaman dan anti gerah untuk hijaber, saat suhu di negara kita mencapai 37 derajat celcius. (Yuyun)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

New York Rasa Lokal Ada di Broadway Alam Sutera

TELENEWS.ID- Bicara rencana liburan untuk akhir pekan, sepertinya seru untuk dibahas. Bukan tanpa sebab, saat ini pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) telah...

Berniat Menghibur, Tapi 5 Hal Ini Tak Boleh Dilakukan pada Wanita yang Suaminya Meninggal Dunia

TELENEWS.ID - Betapa hancur hati Nadzira Shafa istri dari almarhum Ameer Azzikra, adik selebgram Alvin Faiz yang tak lain juga putra kedua...

Permohonan Gubernur Anies Baswedan untuk bertemu dengan Bapak Presiden Ir. Joko Widodo

TELENEWS.ID - Saya, Prof. Otto Cornelis Kaligis, Warga Binaan Lapas kelas satu Sukamiskin Bandung, dalam kedudukan saya sebagai praktisi dan ahli hukum,...

Inikah 5 Alasan Nekat Pria Berselingkuh Meski Sudah Punya Pasangan Sempurna?

TELENEWS.ID - Beberapa waktu lalu jagat media sosial dikejutkan dengan kabar YouTuber dan influencer Nessie Judge yang mengakhiri hubungan dengan kekasihnya, Bram...