Home Otomotif Tips Atasi Mobil Matic Sulit Distarter, Ketahui Apa Faktor Penyebabnya Seperti Berikut

Tips Atasi Mobil Matic Sulit Distarter, Ketahui Apa Faktor Penyebabnya Seperti Berikut

Facebook
Twitter

TELENEWS.ID – Kondisi mesin dan juga performa mobil matic butuh perawatan ekstra. Banyak pengguna mobil matic merasa kewalahan karena biaya hingga beberapa komponen perlu perawatan tidak murah.

Satu permasalahan sering terjadi pada mobil matic adalah kesulitan distarter ataupun dinyalakan terutama pada pagi hari.

Masalah umum tersebut disebabkan beberapa komponen mengalami gangguan. Terkadang tidak disadari oleh pemilik mobil sehingga dari kerusakan dan gangguan kecil seperti sulit dihidupkan ini menjadi satu awal adanya kerusakan lebih besar.

Langsung saja kita ulas seperti apa faktor penyebab kenapa mobil matic sulit distarter dan bagaimana cara mengatasinya seperti pada informasi berikut yang telah kami rangkum dari berbagai sumber pada 27 Juli 2022.

1. Adanya Masalah di Ignition Switch
Perhatikan dari bagian ignition switch yang mana menjadi konektor antara mesin dengan aliran listrik. Bila pada bagian ignition switch terjadi masalah maka kondisi mobil tidak bisa dihidupkan.

Bila terjadi masalah tersebut sebaiknya perlu pengecekan hingga dapat memastikan aliran listrik dapat mencapai mesin mobil atau tidak.

Jika dari kondisi listrik tidak mencapai mesin, cek ulang dan bawa ke bengkel untuk perbaikan.

2. Terdapat Masalah di Bagian Dinamo
Berikutnya ada satu biang kerok kenapa mobil matic sulit dihidupkan ataupun terkesan tidak bisa distarter karena ada masalah di bagian dinamo.

Kondisi dinamo starter perlu perawatan berkala agar tidak terjadi masalah saat menghidupkan mesin mobil.

Pada proses menghidupkan mesin mobil, maka kinerja dinamo starter harus maksimal. Sehingga ada tanda-tanda dinamo starget mengalami masalah yakni terdengar suara mesin kasar akan tetapi kondisi mobil tidak bisa distarter.

Masalah pada bagian dinamo bisa diselesaikan dengan mengunjungi bengkel untuk mendapatkan perbaikan secara tepat.

3. Fungsi Kerja Busi Bermasalah
Kondisi dari busi juga patut diperhitungkan karena dapat memberi dampak pada saat menghidupkan mesin mobil.

Kenadaraan ataupun mesin mobil butuh percikan bunga api dari busi, sehingga kinerja busi harus maksimal untuk membuat mobil bisa distarter.

Pastikan kondisi busi tetap maksimal kinerjanya, bila terjadi masalah pada performa busi cepatlah lakukan pergantian.

4. Kondisi Aki Mobil Tidak Maksimal Bekerja
Selanjutnya ada faktor penyebab kenapa kondisi mobil tidak dapat distarter, salah satunya performa aki mobil tidak maksimal.

Aki dikatakan sebagai sumber daya listrik dan berguna untuk bisa menghidupkan mesin mobil matic.

Bila kondisi aki tidak maksimal bekerja, maka akan sulit distarter.

Jika melihat kondisi aki tidak bekerja maksimal, tetap saja Anda perlu pengisian ulang daya aki ataupun paling parah perlu pergantian aki mobil baru.

Berbagai macam penyebab kenapa mobil tidak dapat distarter perlu dipahami sehingga tidak ada resiko terjadinya kerusakan lebih parah. (Stefanus Bernadi)

Facebook
Twitter

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Deretan Destinasi Incaran Wisatawan Berkonsep Alam dan Budaya di Papua, Simak Daftarnya

TELENEWS.ID - Berbicara seputar deretan tempat wisata unggulan sekaligus menjadi incaran semua wisatawan lokal sampai mancanegara pastinya memberi penawaran menarik.

Dianggap Berjasa, Layakkah Brigadir Yoshua Diangkat Sebagai Pahlawan?

TELENEWS.ID - Pengacara Brigadir Nopriansyah Yoshua Hutabarat, Kamaruddin Simanjuntak meminta Presiden Joko Widodo untuk mengangkat Brigadir Josua sebagai pahlawan pada peringatan HUT...

Sebelum Harga Mie Instan Naik 3 Kali Lipat, Yuk Cobain 5 Tips Makan Mie yang Sehat dan Bergizi

TELENEWS.ID - Harga mie instan dikabarkan akan mengalami kenaikan. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebut ada kemungkinan bahwa makanan cepat saji favorit...

Terbukti, Gigi Putih Bersih Bikin Kamu Terlihat Awet Muda dan Menarik di Mata Lawan Jenis

TELENEWS.ID - Gigi yang putih dan bersih memang menyenangkan untuk dilihat. Mereka yang memiliki gigi putih, bersih dan rapi menjadi penanda bahwa...