Home Gaya hidup Tips Buat Gaji Seperti Air Mengalir, yuk Cek Langkahnya

Tips Buat Gaji Seperti Air Mengalir, yuk Cek Langkahnya

TELENEWS.ID – Menerima gaji bulanan menjadi satu impian dan penantian bagi banyak karyawan. Namun, secara tidak dasar dari penerimaan gaji bulanan tersebut hanya seperti air mengalir saja dan lewat tanpa ada pengaturan lebih baik di setiap alokasinya.

Maka dari itu perlu mencermati seperti apa cara tepat untuk bisa mengelolanya secara tepat. Para pekerja juga perlu menghemat keuangan sebelum mendapatkan gaji berikutnya.

Dari sinilah terlihat ada beberapa cara dalam mengatur gaji agar tidak cepat habis dan hilang tanpa diketahui alokasinya.

1. Membuat Rencana Keuangan Lebih Efektif
Ketika Anda menerima gaji bulanan, sebisa mungkin buat rencana keuangan sebagai satu hal penting agar penerimaan tidak cepat habis.

Buatlah daftar pengeluaran setiap bulan dahulu, sehingga ada momen menyisihkan dan menghapus beberapa hal yang bukan prioritas bulanan.

Tujuan utama dari membuat rencana keuangan adalah mengurangi pengeluaran berlebihan.

2. Menyisihkan Gaji Dengan Cara Ditabung
Menjadi satu poin penting bahwa Anda bisa menyisihkan gaji bulanan untuk tabungan masa depan. Membagi uang gaji bulanan sebagai tabungan dan memisahkannya dengan data pengeluaran adalah cara tepat untuk menghemat pengeluaran.

Tidak ada kata boros ketika Anda menyisihkan gaji dan uang yang dimiliki juga bisa dimasukkan sebagai tabungan.

3. Belanja Sesuai Kebutuhan Saja
Seperti halnya konsep utama yang selama ini diperhitungkan bahwa banyak orang masih butuh uang lebih dengan tujuan belanja.

Belanja pakaian, gadget dan lainnya sebenarnya tidak terlalu penting. Sehingga pilih kembali pengeluaran Anda yang benar-benar dibutuhkan bukan berdasarkan keinginan semata.

4. Bayarlah Hutang di Awal Bulan
Sudah menjadi kewajiban bagi semua pekerja yang memiliki hutang bahwa harus membayar hutang sesuai besarannya.

Baca juga :  Buat Si Dia Terkesan Saat First Date, dengan 6 Trik Busana Berikut Ini!

Jangan menunda dalam membayar cicilan baik itu pembelian kendaraan, kartu kredit, rumah dan aspek lainnya.

Setidaknya dari gaji bulanan Anda bisa dialokasikan sebagai satu cara meringankan beban hutang.

Dalam mendapatkan akses gaji tambahan juga bisa diperhitungkan untuk menambah nilai gaji lebih besar. Ketika besaran gaji bisa memberi manfaat lebih besar, akan ada sumber nilai penghasilan lain untuk menambah gaji pokok bulanan Anda. (Stefanus Bernadi)

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Sebelum Harga Mie Instan Naik 3 Kali Lipat, Yuk Cobain 5 Tips Makan Mie yang Sehat dan Bergizi

TELENEWS.ID - Harga mie instan dikabarkan akan mengalami kenaikan. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebut ada kemungkinan bahwa makanan cepat saji favorit...

Terbukti, Gigi Putih Bersih Bikin Kamu Terlihat Awet Muda dan Menarik di Mata Lawan Jenis

TELENEWS.ID - Gigi yang putih dan bersih memang menyenangkan untuk dilihat. Mereka yang memiliki gigi putih, bersih dan rapi menjadi penanda bahwa...

Pertamina Jadi Perusahaan RI Satu-satunya Masuk ke Fortune Global 500, yuk Simak Faktanya

TELENEWS.ID - Sejumlah prestasi dan kontribusi Pertamina untuk menyediakan energi bagi masyarakat Indonesia masih terus ditingkatkan. Bentuk prestasi Pertamina...

Mentan Sarankan Masyarakat Konsumsi Singkong untuk Gantikan Gandum yang Semakin Mahal

TELENEWS.ID - Kondisi harga gandum secara global mengalami perubahan dan meningkat lebih mahal karena kondisi perang Rusia-Ukraina. Alhasil dari...