Home Gaya hidup Tips Diet Selama Bulan Puasa

Tips Diet Selama Bulan Puasa

TELENEWS.ID – Puasa selama satu bulan lamanya di bulan Ramadhan memang telah terbukti bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Bahkan tidak sedikit orang yang memanfaatkan moment bulan puasa ini untuk menurunkan berat badan. Namun perlu diketahui, jika Anda ingin memanfaatkan kesempatan puasa ini sekaligus untuk menurunkan berat badan tubuh, tentu tak sembarangan dilakukan dan ada caranya.

Dilansir dari berbagai sumber, inilah sejumlah tips yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan selama puasa.

  1. Hindari Gorengan Saat Berbuka

Faktor utama yang menyebabkan berat badan tak kunjung turun meskipun menjalani ibadah puasa ternyata adalah makanan yang berminyak. Orang cenderung menghindari makan makanan yang digoreng di usia awal remaja, namun ketika faktor usia mulai menyetir perannya dan diri sendiri yang menentukan apa yang ingin dimakan, maka metabolisme melambat. saat itulah kenaikan berat badan terjadi.

Gorengan mengandung kalori yang tinggi juga rendah nutrisi. Meskipun sudah menjadi makanan khas untuk berbuka ketika bulan Ramadhan, namun terdapat banyak pilihan makanan sehat yang bisa dipilih ketimbang memakan gorengan.

  1. Berbuka Dengan Menu yang Seimbang

Menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan membuat metabolisme tubuh melambat sehingga energi tubuh otomatis berkurang. Ketika menjelang waktu berbuka puasa, anggaplah hal itu sebagai makan malam yang seperti biasa Anda santap selain bulan Ramadhan.

Hal ini dilakukan agar tubuh tidak langsung mengalami perubahan yang signifikan dan akan berpengaruh pada kesehatan.

Setelah berbuka puasa, jangan langsung menikmati makanan sekaligus dengan jumlah yang banyak. Sebagai gantinya, bisa dilakukan istirahat atau sholat untuk menunggu selama beberapa menit dan kemudian bisa melanjutkan menyantap makanan.

  1. Jangan Melewatkan Santap Sahur

Santap sahur yang dilakukan selama bulan Ramadhan merupakan pengganti sarapan. Dengan melewatkan sahur berarti menetapkan pilihan yang berisiko, karena tentunya Anda akan cenderung lapar sepanjang hari dan berakibat untuk makan berlebihan saat buka puasa. Karena seperti sudah diketahui, makan berlebihan tentu perlu dihindari dalam melanjutkan upaya menurunkan berat badan.

  1. Mengurangi Asupan Gula
Baca juga :  Kisah Jumadi, Penata Rambut Langganan Jokowi di Bogor

Alasan utama lainnya yang menghambat penurunan berat badan selama bulan Ramadhan adalah mengonsumsi gula dengan jumlah banyak sepanjang bulan Ramadhan, contohnya dari minuman dan manisan yang sarat gula yang biasanya dijadikan menu buka puasa. Hal terbaik yang perlu dilakukan adalah dengan menghindari gula olahan.

Gula merupakan hal terakhir yang dibutuhkan tubuh jika Anda bertujuan menurunkan berat badan atau tidak menambah berat badan selama Ramadhan. Asupan gula dapat diganti dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan gula alami, seperti halnya buah-buahan dan madu.

  1. Rencanakan Olahraga Kurang Lebih 30 Menit

Selama menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan, sebagian orang merasa kewalahan dalam menyesuaikan diri dengan rutinitas baru. Kurangnya jam tidur juga cenderung berdampak pada pikiran juga tubuh.

Baca juga :  Jam Kerja ASN Pemkot Padang Dipangkas Selama Ramadhan

Untuk itu, sangat penting untuk melakukan beberapa jenis aktivitas fisik seperti jalan cepat atau olahraga sederhana lainnya yang akan membuat tubuh tetap aktif untuk mencegah tubuh menjadi mudah lelah atau malas. Di bulan Ramadhan, tubuh sangat berpotensi menjadi cepat lelah dan mencari alasan tidak melakukan aktivitas fisik, tetapi olahraga menjadi hal penting, terutama ketika bertujuan menurunkan berat badan.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan dengan memanfaatkan moment ibadah puasa di bulan Ramadhan. Namun meskipun begitu, menurunkan berat badan tidak bisa dijadikan tujuan utama dalam menjalankan ibadah puasa, tetap tanamkan di hati bahwa berpuasa merupakan ibadah wajib yang harus dilakukan, sedangkan berat badan yang turun merupakan salah satu bonusnya. (Hifziyah).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Dihadiri Penggemar, Final Liga Champions UEFA Resmi Pindah ke Portugal

TELENEWS.ID - Final Liga Champions UEFA untuk musim 2020-21 antara Manchester City dan Chelsea, yang dijadwalkan pada 29 Mei di Istanbul (Turki),...

Pantai Perasi, Pesisir Timur Bali dengan ‘Pasir Perawan’ Nan Eksotis

TELENEWS.ID - Jika anda menginginkan destinasi pantai di Bali yang masih relatif baru dan jarang tersentuh, Pantai Perasi bisa jadi alternatif yang...

Van Dijk Pastikan Diri Absen Di EURO 2020

TELENEWS.ID - Punggawa andalan Liverpool, Virgil Van Dijk, akhirnya resmi memutuskan untuk absen membela Belanda di ajang EURO 2020 mendatang. Bek sentral...

Terungkap! Jeff Bezos Sempat Iri Pada Elon Musk

TELENEWS.ID - Kendati telah memegang predikat sebagai orang terkaya di dunia saat ini, Jeff Bezos rupanya pernah kuatir dengan perkembangan perusahaan SpaceX...