Home Gaya hidup Tips Menyimpan Daging Kurban agar Tetap Segar dan Tahan Lama

Tips Menyimpan Daging Kurban agar Tetap Segar dan Tahan Lama

TELENEWS.ID – Menjelang Idul Adha, warga masyarakat masih dihantui dengan kekhawatiran adanya penyakit mulut dan kuku (PMK) yang menyerang kambing dan sapi. Namun pemerintah memastikan daging kurban akan tetap aman, asalkan masyarakat waspada dan membeli hewan dari outlet resmi mendapatkan izin dari pemerintah.

“Masyarakat jangan asal beli dan sekarang outlet sudah banyak tinggal lebih selektif saja dengan pencarian surat keterangan hewan,” ujar Kepala DKPP Jawa Barat Moh Arifin Soedjayana. Arifin mengatakan warga tidak akan sulit memilih hewan kurban yang berkualitas baik karena sudah diberikan penanda seperti kalung dan stiker.

“Layak atau tidaknya hewan juga dilihat dari tanda pengenal, tidak hanya tanda di kuping, itu bisa stiker, kalung dan lainnya,” kata Arifin. “Kalau khawatir (PMK) tanyakan surat keterangan hewannya. Kesehatan hewan juga bisa terindikasi seperti hewan pincang dana kalau pincang jangan,” lanjutnya lagi.

Selain memastikan keamanan daging kurban, kamu juga harus tahu bagaimana menyimpan daging kurban dengan baik agar tahan lama dan tak merusak kualitas dagingnya. Apalagi biasanya daging kurban tak akan langsung dimasak dalam sehari, dan akan disimpan agak lama di lemari es.

Ahli endokrin dan ahli gizi Aleksei Kalinchev pernah mengatakan bahwa sebaiknya daging dimasukkan ke dalam freezer untuk memastikan kesegarannya. Menyimpan daging di lemari es beberapa hari kemudian baru memasukkannya ke freezer, akan merusak kualitas daging itu sendiri.

“Daging tidak boleh disimpan di lemari es di rumah selama empat hari dan kemudian dimasukkan ke dalam freezer. Ini salah. Kualitas rasa akan terganggu dan jumlah vitamin yang larut dalam lemak akan berkurang” terang Kalinchev.

“Jika kamu tidak memasak daging secara langsung, lebih baik langsung masukkan ke dalam freezer. Selain itu, kualitasnya menurun saat mencairkannya dengan cepat. Lebih baik mencairkannya secara perlahan, bukan dalam microwave,” lanjutnya lagi.

Baca juga :  Cegah Berfoya-foya, Ketahui 4 Prioritas Pengeluaran Uang THR

Lalu bagaimana cara menyimpan daging kambing dan sapi agar lebih tahan lama di dalam freezer tanpa merusak kualitas dan nutrisi di dalamnya?

  1. Jangan membekukan daging dalam jumlah besar
    Banyak orang membuat kesalahan dengan membekukan daging dalam jumlah sekaligus. Hindari melakukan ini bila memungkinkan, karena dapat mempersulit proses pembekuan dan pencairan. Sebaliknya daging harus disimpan dalam porsi seukuran makanan dengan potongan, jumlah, dan tanggal yang diberi label dengan jelas. Dengan cara ini, kamu dapat memastikan bahwa daging membeku dengan benar tanpa terkena bakteri dan mencair secara merata.
  2. Pastikan freezer dalam kondisi dingin sempurna
    Ingat bakteri akan sangat mudah tumbuh pada daging yang dibiarkan begitu saja. Karena itulah dalam hal pembekuan, daging harus selalu dibekukan secepat mungkin. Hal ini untuk mencegah pembentukan kristal es besar di sepanjang permukaan daging, yang dapat menyebabkan daging menjadi lebih kering dan lebih keras saat dicairkan. Untuk mencegah hal ini agar tidak terjadi, pastikan suhu freezer diatur ke setidaknya 0ºc.
  3. Selalu bungkus daging sebelum membekukannya
    Sebelum menyimpan ke dalam freezer, pastikan daging dalam bungkusan yang sudah tertutup rapat. Meskipun vacuum-sealer sangat ideal untuk memastikan bahwa daging dikemas dengan benar, kamu tetap bisa mengemas daging dengan baik dengan menggunakan pembungkus ganda dengan wadah plastik, bungkus plastik, aluminium foil atau kantong zip-loc kedap udara.
  4. Letakkan daging di bagian bawah freezer
    Simpan daging mentah, unggas, dan makanan laut di rak bawah lemari es agar cairan yang mungkin keluar dari daging tidak menetes ke makanan lain dan menyebabkan kontaminasi silang. Kamu harus ingat bahwa kontaminasi silang, bisa memicu penyebaran bakteri yang cepat dan berbahaya. (Yuyun Amalia)
Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Sebelum Harga Mie Instan Naik 3 Kali Lipat, Yuk Cobain 5 Tips Makan Mie yang Sehat dan Bergizi

TELENEWS.ID - Harga mie instan dikabarkan akan mengalami kenaikan. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebut ada kemungkinan bahwa makanan cepat saji favorit...

Terbukti, Gigi Putih Bersih Bikin Kamu Terlihat Awet Muda dan Menarik di Mata Lawan Jenis

TELENEWS.ID - Gigi yang putih dan bersih memang menyenangkan untuk dilihat. Mereka yang memiliki gigi putih, bersih dan rapi menjadi penanda bahwa...

Pertamina Jadi Perusahaan RI Satu-satunya Masuk ke Fortune Global 500, yuk Simak Faktanya

TELENEWS.ID - Sejumlah prestasi dan kontribusi Pertamina untuk menyediakan energi bagi masyarakat Indonesia masih terus ditingkatkan. Bentuk prestasi Pertamina...

Mentan Sarankan Masyarakat Konsumsi Singkong untuk Gantikan Gandum yang Semakin Mahal

TELENEWS.ID - Kondisi harga gandum secara global mengalami perubahan dan meningkat lebih mahal karena kondisi perang Rusia-Ukraina. Alhasil dari...