Home Gaya hidup Tips Mudah Bebas Jerawat untuk Pemilik Kulit Wajah Sensitif, Wajib Dicoba!

Tips Mudah Bebas Jerawat untuk Pemilik Kulit Wajah Sensitif, Wajib Dicoba!

Telenews.id- Jerawat jadi salah satu masalah kulit paling menjengkelkan dan bisa dialami oleh siapa saja, laki-laki dan perempuan, tua ataupun muda. Bahkan ada beberapa yang sampai mengalami masalah kepercayaan diri, gara-gara jerawat membandel yang tak kunjung hilang dari wajah mereka.

Wajah berjerawat memang lazim dialami oleh siapa saja. Namun ada beberapa orang yang memang memiliki kulit super sensitif, sehingga membuat wajah mereka mudah sekali berjerawat. Mereka yang memiliki kulit wajah seperti ini memang benar-benar harus ekstra merawat wajah, dan menjauhi hal-hal yang memicu timbulnya jerawat di wajah mereka.

Dr Jaishree Sharad, seorang dokter kulit yang biasa menangani selebritis dan penulis buku “Skin Rule”, membagikan 5 aturan sederhana yang bisa diikuti agar mereka yang memiliki kulit sensitif, bisa mengurangi efek munculnya jerawat di wajah mereka. Aturan ini bisa diikuti oleh siapa saja, baik pria atau wanita.

  1. Hindari makanan manis dan berbahan susu
    Aturan pertama yang disarankan oleh Dr Sharad adalah mengurangi konsumsi gula dan juga makanan berbahan susu. Dr Sharad menyebut indeks glikemik tinggi yakni mencapai 105 pada gula, menjadi salah satu penyebab makanan atau minuman yang manis wajib untuk dihindari. “Ketika Anda mengkonsumsi makanan dengan indeks glikemik tinggi seperti gula dan susu, itu meningkatkan faktor pertumbuhan seperti insulin-1 (IGF-1) dalam tubuh. Hal itu menyebabkan lebih banyak jerawat karena merangsang kelenjar minyak untuk memproduksi lebih banyak sebum,” ujar sang dokter. “Selain itu, susu dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon karena susu sendiri memiliki banyak hormon estrogen di dalamnya” tambahnya kagi.
  2. Sebisa mungkin hindari stress
    Menghindari stress menjadi aturan kedua bagi si kulit sensitif. Menurut Dr Sharad, stress memicu tubuh membuat hormon kortisol dalam jumlah besar, yang bisa menyebabkan ketidakseimbangan hormon. Stress juga akan mengirim sinyal ke kelenjar sebasea yang terletak di permukaan kulit, sehingga menyebabkan peningkatan sekresi sebum. Hal ini memicu munculnya cutibacterium, yang menghasilkan lebih banyak jerawat di wajah.
  3. Jangan pakai krim atau kosmetik yang berbahan minyak
    Krim atau kosmetik berbahan minyak memang akan menimbulkan kesan glowing dan dewy pada wajah. Namun mereka yang memiliki wajah sensitif, sebaiknya tidak sering menggunakan krim atau kosmetik jenis ini. Meskipun krim atau kosmetik berbahan minyak tampak seperti moisturizer yang melembabkan kulit, kandungan minyak di dalamnya bisa menyumbat pori-pori sehingga memicu munculnya jerawat.
  4. Hindari untuk memencet jerawat
    Aturan selanjutnya yang diungkapkan oleh Dr Sharad adalah jangan pernah memencet jerawat, meskipun ia masih kecil dan kamu risih melihatnya. Jika jerawat itu pecah, pada akhirnya akan merusak kulit dan terjadi hiperpigmentasi pasca inflamasi yang membuat noda atau flek hitam. Selain itu, ada kemungkinan lebih banyak bakteri atau mikroorganisme masuk ke dalam kulit, yang menyebabkan infeksi yang lebih parah lagi.
  5. Gunakan skincare dengan kandungan asam salisilat atau salicylic acid
    Terakhir kalau ingin wajah bebas jerawat dalam waktu yang lama, pastikan untuk selalu menggunakan skincare yang kaya akan kandungan salicylic acid atau asam salisilat di dalamnya. Asam salisilat bersifat lipofilik sehingga membantu melarutkan lipid di kelenjar minyak dan pori-pori. Ini membantu untuk menjaga pori-pori agar tidak tersumbat. Selain wajah akan bebas jerawat, skincare dengan kandungan asam salisilat juga akan mengurangi komedo hitam dan komedo putih di wajah.
Baca juga :  Menurut Penelitian, 5 Hal ini Membuat Pria Tampak Lebih Menarik
Baca juga :  Tanpa Disadari, Ternyata Ini Penyebab Utama Kamu Jadi Sering Mengigau Saat Tidur

Nah itulah 5 tips agar wajah bebas jerawat, bagi kamu yang memiliki kulit sensitif. (Yuyun)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Startup Indonesia Lakukan PHK Besar, Ada Apa?

TELENEWS.ID – Beberapa hari lalu, perusahaan startup Indonesia seperti LinkAja, Zenius, SiCepat, dan JD.ID melakukan pemutusan hubungan kerja kepada sejumlah karyawannya. Hal...

Elon Musk Batal Bangun Pabrik Tesla di India, Peluang Indonesia Semakin Besar

TELENEWS.ID – Dikutip dari India Times dan ABP Live, Elon Musk memutuskan untuk tidak berinvestasi di India dalam membangun pabrik mobil Tesla...

Ibukota Akan Pindah, Bagaimana Pertahanan Udaranya?

TELENEWS.ID - Pemindahan Ibukota negara ke Penajam, Paser Utara, Kalimantan Timur harus dibarengi dengan pertahanan udara yang maksimal. Karena, posisi Ibukota tersebut...

Pemprov DKI Mengandalkan SPAM untuk Mengatasi Akses Air Bersih

TELENEWS.ID - Untuk mengatasi masalah banjir dan juga menanggulangi masalah air bersih di DKI Jakarta, Pemprov DKI Jakarta mendapatkan kucuran dana dari...