Home Gaya hidup Tips Mudah Mendeteksi Minyak Goreng Limbah yang Beredar di Pasaran

Tips Mudah Mendeteksi Minyak Goreng Limbah yang Beredar di Pasaran

TELENEWS.ID – Di tengah kelangkaan dan mahalnya harga minyak goreng, ternyata ada saja oknum tak bertanggung jawab yang berusaha untuk mencari kesempatan demi keuntungan mereka pribadi. Salah satunya adalah mereka menjual minyak goreng limbah yang tentu saja berbahaya jika dikonsumsi oleh manusia.

Minyak goreng limbah yang dimaksud disini bukan minyak jelantah yang mungkin biasa kita pakai dalam rumah tangga. Meskipun sama-sama minyak bekas pakai, namun minyak sisa menggoreng di rumah setidaknya lebih sehat dan mungkin hanya dipakai 2 hingga 3 kali saja.

Minyak goreng limbah yang dimaksudkan disini adalah minyak sisa industri yang mungkin bahkan sudah dipakai hingga puluhan kali. Celakanya lagi minyak goreng jenis ini susah sekali terdeteksi karena oleh oknum produsen nakal, minyak telah disuling beberapa kali sehingga tampak terlihat bening dan seperti minyak goreng baru.

Yang lebih mengkhawatirkan lagi, belakangan beredar kabar yang menyebut bahwa minyak goreng limbah yang sudah disuling ini kemudian dikemas dalam botol dengan merk-merk baru, dan dijual secara bebas di pasaran. Tentu saja sangat sulit bagi konsumen untuk mendeteksi mengenai minyak goreng merk baru, yang mungkin saja beberapa diantaranya adalah minyak limbah bekas pakai.

Namun tak perlu khawatir, rupanya ada beberapa tips untuk mengetahui apakah minyak goreng yang kamu beli di pasaran itu merupakan minyak limbah atau bukan.

  1. Pertama simpan minyak goreng dalam lemari es selama kurang lebih dua jam. Setelah dibeli, kemudian simpanlah minyak tersebut ke dalam lemari es. Jika minyak goreng menunjukkan busa berwarna putih setelah dua jam disimpan dalam kulkas, maka kemungkinan besar itu adalah minyak limbah.
  2. Yang kedua dengan memanfaatkan bawang putih yang ada di rumah. Jadi sebelum digunakan, tumis sedikit bawang putih dengan minyak yang kamu curigai sebagai minyak limbah itu. Jika bawang putih berubah warna menjadi kemerahan, itu bisa menjadi tanda bahwa minyak yang kamu pakai adalah minyak limbah. Ini karena menurut seorang dokter asal Padang, bawang putih memiliki kemampuan mendeteksi Aflatoksin dan Karsinogenik atau zat penyebab kanker.
Baca juga :  Minuman Tradisional Populer Sebagai Pencegah Covid-19

Itulah dua cara yang konon bisa mendeteksi mengenai minyak goreng limbah yang saat ini kabarnya sedang beredar di pasaran. Adapun bahaya minyak goreng bekas jika dipakai lagi berulang kali adalah sebagai berikut!

• Memasak makanan dengan menggunakan kembali minyak bekas dapat meningkatkan radikal bebas dalam tubuh, yang dapat menyebabkan peradangan atau akar penyebab sebagian besar penyakit termasuk obesitas, penyakit jantung dan diabetes.

• Makanan yang dimasak dengan minyak goreng bekas pakai yang dipanaskan kembali, dapat meningkatkan kadar LDL atau kolesterol jahat dalam tubuh. Kadar kolesterol LDL yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan nyeri dada.

Baca juga :  Mengenal Fenomena Single Shaming, Saat Para Jomblo Dipandang Rendah dan Dibully

• Jika kamu mengeluhkan sensasi terbakar di perut dan tenggorokan menjadi lebih sering dari sebelumnya, minyak goreng bekas yang dipanaskan kembali mungkin menjadi penyebabnya.

Itulah informasi mengenai minyak goreng limbah yang kabarnya kini telah beredar di pasaran, semoga bermanfaat untuk para pembaca Telenews yang budiman. (Yuyun Amalia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Kisah Kelam Keluarga Pendiri Gucci

TELENEWS.ID – Rodolfo Gucci atau biasa dikenal dengan Maurizio D’Ancora merupakan pendiri dan pencipta brand Gucci. Pada awalnya Rodolfo membuat brand Gucci...

Telkomsel Merugi Setelah Investasi di GOTO, Kok Bisa ?

TELENEWS.ID – PT Telkom Indonesia (Persero) melalui anak perusahaannya, Telkomsel melakukan investasi di PT Go To Gojek Tokopedia Tbk. Namun yang aneh...

Polemik Anggota TNI Aktif Dilantik Sebagai PJ Bupati

TELENEWS.ID – Pejabat pengganti Gubernur, Bupati, dan Walikota tahun ini sudah banyak yang dilantik. Terakhir Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian telah melantik...

Kedatangan Ten Hag Memberi Angin Segar Bagi Maguire dan Van De Beek

TELENEWS.ID - Erik Ten Hag secara resmi ditunjuk sebagai pelatih utama Manchester United menggantikan Ralf Rangnick untuk musim 2022/2023. Erik datang ke...