Home Gaya hidup Tips Mudah Namun Efektif untuk Merawat Rambut di Musim Hujan, Kamu Wajib...

Tips Mudah Namun Efektif untuk Merawat Rambut di Musim Hujan, Kamu Wajib Coba!

TELENEWS.ID – Perawatan rambut di musim hujan terkadang tak menjadi prioritas bagi banyak orang. Padahal, rambut juga rentan mengalami kerusakan di musim penghujan seperti sekarang ini. Apalagi jika kamu sering kehujanan, sehingga menyebabkan rambutmu kebasahan kena air hujan.

Selain itu tanpa disadari di musim hujan dengan kondisi yang lembab menyebabkan kulit kepala lembab dan berminyak. Sebuah studi dalam International Journal of Trichology (2010) menunjukkan bahwa sebum atau zat berminyak yang diproduksi oleh kelenjar sebaceous tubuh, cenderung mudah terakumulasi di kulit kepala, terutama jika tidak sering dibersihkan dan dalam kondisi iklim lembab. Kondisi ini menjadi tempat yang disukai oleh mikroba dan bakteri untuk berkembang biak sehingga menyebabkan berbagai kerusakan rambut.

Studi lain dalam International Journal of Trichology (2018) menunjukkan bahwa Malassezia, jenis jamur yang paling sering dikaitkan dengan ketombe, selalu ada di semua kulit kepala kita dan juga menyebabkan stres oksidatif pada kulit kepala dan rambut, menemukan kondisi yang sempurna untuk tumbuh di musim hujan. Ini adalah salah satu alasan utama mengapa kulit kepala menjadi gatal, berketombe dan rontok selama musim hujan.

Lalu bagaimana cara merawat rambut agar tidak rusak di musim penghujan seperti sekarang ini?

  1. Segera keramas setelah kehujanan
    Untuk mencegah rambut menjadi rusak di musim penghujan seperti sekarang ini, segera keramas atau cucilah rambut setelah kebasahan karena kehujanan. Saat kamu basah kuyup kehujanan, keasaman air hujan yang terperangkap di rambut dapat menyebabkan ketidakseimbangan pH kulit kepala, dan memperburuk masalah rambut. Karena itu sebaiknya kamu segera keramas setelah kehujanan. Disarankan untuk menggunakan sampo dan kondisioner untuk mencegah kelenjar kulit kepala mengeluarkan sebum yang berlebihan dan mencegah masalah rambut.
  2. Jangan lupa keringkan rambut juga
    Ingatlah bahwa rambut akan sangat rapuh dan lemah saat basah. Setelah keramas, pastikan untuk mengeringkan kulit kepala dengan cepat untuk mengurangi kerontokan rambut. Biarkan rambut mengering secara alami, dan jangan mengikat rambut saat basah. Selain itu, gunakan aksesori yang diperlukan seperti payung, topi, atau syal untuk melindungi rambut Anda saat berada di luar ruangan selama musim hujan.
  3. Gunakan kondisioner
    Cuaca yang lembab di musim hujan membuat rambut jadi mudah kusut. Karena itulah gunakan kondisioner untuk membuat rambut menjadi lebih halus dan juga lembut. Menggunakan kondisioner menambahkan lapisan pelindung pada rambut yang dapat mengurangi risiko kerusakan akibat air hujan. Kamu juga bisa menggunakan minyak kelapa atau minyak herbal sebagai kondisioner rambut alami.
  4. Jangan sisir rambut saat masih basah
    Air membuat folikel rambut lemah. Hal ini akan semakin parah di musim hujan saat cuaca menjadi lembab dan rambut sering kebasahan. Karena itulah jangan menyisir rambut saat masih basah. Sisirlah rambut saat setengah kering dengan menggunakan sisir bergigi lebar daripada sisir bergigi halus. Ini karena sisir bergigi lebar mampu merapikan rambut tanpa membuat terlalu banyak kerusakan pada rambut.
  5. Gunakan minyak esensial untuk kulit kepala
    Minyak esensial menjadi salah satu perawatan rambut penting di musim hujan ini. Minyak jenis ini diperlukan untuk melembabkan rambut di musim hujan. Rambut mungkin akan terasa berminyak atau lengket, tetapi pastikan untuk tetap menggunakan minyak esensial sambil melakukan pijatan di kulit kepala setidaknya 20 menit sebelum keramas. Gunakan beberapa tetes minyak kelapa atau minyak esensial seperti lavender, cendana, mawar untuk memberikan minyak alami pada kulit kepala.
Baca juga :  Keracunan Sianida? Begini Ciri-Cirinya
Baca juga :  Tips Jitu Pilih Kost Harian Untuk Traveller Pemula, Dijamin Aman dan Kredibel

Nah itulah beberapa tips untuk merawat rambut dari kerusakan di musim hujan seperti sekarang ini. Selamat mencoba! (Yuyun Amalia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Desa Wisata Ini Diprediksi Bakal Hits di Tahun 2022, Yuk Simak Apa Saja Daftarnya

TELENEWS.ID - Banyak solusi ketika Anda ingin mencari destinasi liburan bersama keluarga ataupun teman-teman dengan tema desa wisata. Saat ini trend mengunjungi...

Pemerintah Enggan Rekrut CPNS di Tahun 2022, Ternyata Ini Alasannya

TELENEWS.ID - Banyak informasi mengenai Pemerintah yang tidak akan melakukan perekrutan CPNS di tahun 2022. Kemudian dari aspek penambahan jumlah ASN juga...

Salah Satunya Bikin Awet Muda, 5 Alasan Kamu Harus Pakai Serum Vitamin C Mulai Dari Sekarang!

TELENEWS.ID - Serum menjadi salah satu skincare yang sekarang menjadi salah satu kebutuhan wanita masa kini. Rasanya perawatan wajah tak akan lengkap...

Berkaca Dari Supir Kecelakaan Maut Balikpapan, Ini 5 Tips Agar Tak Bangun Kesiangan

TELENEWS.ID - Berbagai fakta mengejutkan terungkap pasca kecelakaan maut yang terjadi di tanjakan Rapak, Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (21/1/2022) pagi. Salah satunya,...