Home Gaya hidup Tips Pemilihan Warna Cat Khusus untuk Bagian Pintu Masuk Rumah

Tips Pemilihan Warna Cat Khusus untuk Bagian Pintu Masuk Rumah

TELENEWS.ID – Setiap rumah pasti memiliki ciri khas sendiri yang mencerminkan pemiliknya baik dari dekorasi, interior, maupun cat yang dipilih. Bagian depan rumah adalah cermin utama untuk gambaran bagian rumah lainnya dan pemiliknya. Untuk itu sangat perlu diperhatikan untuk pemilihan cat sebagai salah satu poin penting.

Menurut designer interior utama di Decorilla, Devin Shaffer, pemilihan cat untuk tampak depan rumah sangat penting karena menunjukkan keseimbangan kohesi dan kontras. Warna pertama adalah merah. Menurut Direktur Kreatif Nash Online Interior Design, Nishtha Dhand, bahwa warna ini untuk tampak depan rumah perlu dihindari. Apalagi varian warna merah yaitu burgundy adalah warna yang tidak tepat untuk pintu rumah.

Varian warna merah lainnya yang jika bisa untuk tidak digunakan adalah warna merah anggur. Dhand menambahkan untuk sebuah pintu rumah harus menggunakan warna yang bersifat lembut namun hidup.

Warna lain yang disarankan untuk tidak digunakan sebagai warna cat pintu rumah adalah warna hitam. Pintu masuk atau tampak depan rumah harus memiliki kesan tenang dan penyambutan hal baik yang datang. Sedangkan warna hitam menunjukkan sebaliknya yaitu gelap dan merupakan warna yang digunakan sebagai simbol berduka, kehilangan, kesedihan. Secara kepercayaan budaya Tionghoa yang disebut Feng Shui, warna hitam sangat dilarang untuk digunakan sebagai warna cat pintu.

Warna lain yang tidak bisa digunakan sebagai warna tampak depan rumah terutama pintu masuk adalah warna kuning mustard. Dhand kembali menjelaskan bahwa warna kuning identik dengan warna yang membuat bersemangat, energik, dan kegembiraan. Namun jika digunakan untuk pintu rumah utama, kesan yang diberikan menjadi berlebihan. Dhand menambahkan sebagai masukan warna yang digunakan untuk pintu rumah atau tampak depan rumah jika masih menginginkan warna yang tidak jauh dari warna kuning, bisa menggunakan warna krem.

Baca juga :  Bahayanya Hand Sanitizer untuk Anak-Anak

Warna keempat yang disarankan untuk tidak digunakan sebagai warna cat pintu masuk adalah hijau zaitun. Dhand menjelaskan warna hijau zaitun ini hanya tidak disarankan digunakan untuk bagian pintu utama rumah saja, namun jika menginginkan dekorasi di dalam rumah menggunakan warna ini, bisa digunakan karena sebenarnya warna ini memiliki nuansa ketenangan terutama untuk ruangan yang menghubungkan ke area belakang rumah yang terbuka.

Warna terakhir yang tidak disarankan digunakan sebagai warna pintu rumah adalah warna Teal. Dhand menjelaskan bahwa warna teal ini biasa digunakan untuk warna cat kamar mandi. Jadi untuk digunakan sebagai warna cat pintu masuk atau bagian depan rumah agak tidak sinkron dengan kesan warna yang ditimbulkan adalah energik. (Angela Limawan)

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Waspada! Ada Aplikasi dan Web Ilegal MyPertamina, Jangan Asal Akses

TELENEWS.ID - Masyarakat perlu berhati-hati terhadap akses situs dan aplikasi MyPertamina yang dianggap ilegal. Sudah beredar situs dan aplikasi...

Hasil Kunjungan Jokowi ke Ukraina, Pembahasan Soal Perdamaian dan Kondisi Ukraina Saat Ini

TELENEWS.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan pertemuan dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, di Istana Negara Ukraina, Maryinsky, Kyiv pada Rabu (29/06/2022)...

Update Hasil Pertandingan Petronas Malaysia Open 2022 – 29 Juni 2022

TELENEWS.ID – Hari kedua babak 32 besar dalam turnamen Petronas Malaysia Open 2022 pada Rabu (29/06/2022) di Axiata Arena, Kuala Lumpur, menghasilkan...

Update Hasil Pertandingan Petronas Malaysia Open 2022 – 28 Juni 2022

TELENEWS.ID – Turnamen tertinggi versi BWF, Petronas Malaysia Open 2022 telah digelar pada Selasa (28/06/2022) di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Malaysia. Sayangnya,...