Home Gaya hidup Tips Penting Untuk Pemula Dalam Mengedit Video

Tips Penting Untuk Pemula Dalam Mengedit Video

TELENEWS.ID – Bila kamu adalah seorang pemula di bidang videografi, tentunya kamu perlu menguasai beragam tips mengenai cara mengedit video yang benar.
Bagaimana tidak ? Salah satu tahap terakhir agar proses penciptaan video rampung adalah pelaksanaan editing yang tentunya tidak mudah untuk dilakukan.
Maka dari itu, TeleNews.id telah menyiapkan beberapa tips mengedit video khusus bagi kamu yang berminat menjadi videografer.

Seperti yang sudah TeleNews.id jelaskan, meskipun kamu mahir merekam gambar, editing tetaplah proses terakhir yang wajib dilakukan para videografer.
Ya, teknik-teknik yang digunakan oleh editor video untuk membentuk cerita telah mengungkapkan banyak hal tentang cara orang menciptakan pesan melalui visual.
Dengan cuplikan mentah yang sama, dua editor yang berbeda dapat membuat dua video yang sama sekali tidak serupa.

Namun, editor yang baik harus selalu selaras dengan perspektif audiens dan dapat menggunakan pengetahuan mereka untuk membangun cerita yang menarik.
Maka dari itu, para pemula tidak perlu gugup yang perlu mereka lakukan adalah menguasai tips-tips mengedit video yang memang dikhususkan untuk perintis di dunia videografi.

Nah, berikut ini adalah lima tips video editing yang perlu dipahami oleh pemula :

  1. Pilih Software Yang Sesuai

Tips pertama sebelum mengedit video adalah untuk mempertimbangkan software yang terbaik.
Sebenarnya, semua perangkat lunak yang kamu butuhkan untuk melakukan pengeditan video telah tersedia secara online.
Kendati demikian, kamu tetap harus memilih satu di antara yang lain. Kamu bisa mempertimbangkannya dengan melihat kegunaan user interface, hingga fitur-fitur pendukungnya.
Kuncinya adalah untuk memilih software yang cocok untuk gaya pengeditan kamu dan bukan hanya karena program pengeditan video yang terpilih merupakan perangkat paling canggih.
Menurut Adorama, software video editing terbaik adalah After Effects, Premiere Pro, Avid Media Composer, Final Cut Pro, dan DaVinci Resolve, yang menawarkan versi Lite gratis dengan tools untuk editing yang lengkap.

  1. Perhatikan Bahasa Tubuh Subjek

Selanjutnya adalah untuk selalu memerhatikan gerak tubuh subjek di kamera.
Mengapa demikian? Karena, selama tersorot kamera subjek dapat mengungkapkan banyak hal melalui bahasa tubuh mereka.
Selain itu, setiap orang akan memiliki intonasi dan irama yang unik dalam bahasa tubuh mereka.
Maka dari itu, jika kamu telah menyorot gerak tubuh subjek dan menangkap detail kecil seperti cara subjek berbicara, atau gestur mereka saat bergerak hindari editing berlebih pada segmen tersebut.
Selain itu, bahasa tubuh memberikan durasi pada hasil rekaman yang terkadang sulit untuk dihapus selama pengeditan video.
Bila editor kurang tanggap, dan banyak memotong segmen karena tidak memerhatikan bahasa tubuh subjek, penonton akan merasa janggal saat menyaksikan adegan.

  1. Jangan Ragu Untuk Mengedit Kesalahan
Baca juga :  Lesti Ngidam Mangga Yang Dipetik Oleh Billar, Yuk Bund Kenali 4 Mitos Seputar Ngidam

Tips mengedit video berikutnya untuk pemula adalah untuk menghapus kesalahan yang terjadi selama proses rekaman.
Mengedit kesalahan teknis yang minor atau memperbaiki adegan di mana subjek tidak terlihat dengan baik merupakan hal yang biasa.
Namun, jika kamu dapat melakukannya dengan mulus maka kamu akan memiliki nilai plus dibandingkan videografer lainnya.
Salah satu metode yang sering digunakan untuk mengedit kesalahan adalah untuk memotong sebuah adegan.
Teknik ini melibatkan pemotongan dari satu shot ke shot lainnya dan memasukan sebuah gambar dari sudut dan adegan yang berbeda.

  1. Percantik Video Dengan Intonasi Warna

Warna merupakan elemen utama yang dapat dimanipulasi untuk menyoroti subjek tertentu, membangkitkan emosi dan mengatur suasana dalam sebuah adegan.
Untungnya, dewasa ini program pengeditan video sudah memberikan banyak opsi terkait pengeditan warna.
Biasanya, para editor akan melakukan koreksi warna untuk memastikan bahwa suasana dalam rekaman tetap konsisten di setiap adegan, serta penilaian warna untuk memberikan video tampilan yang unik.
Keduanya cukup penting ketika kamu ingin cuplikan terlihat realistis dan emosi penonton ikut bermain dalam video.

  1. Ikuti Aturan 321
Baca juga :  Koleksi Video Dewasa Siskaeee Capai 600Gb, Simak Alasan Orang Merekam Aktivitas Seksual Mereka

Tips mengedit video terakhir untuk para pemula adalah untuk mengikuti aturan 321.
Pakar video editing akan selalu mengikuti aturan 321. Yaitu memiliki tiga salinan, di dua tempat berbeda, di mana salah satunya disimpan secara online.
Layanan online seperti Google Drive bisa menjadi tempat yang baik untuk cadangan file.

Itulah lima tips mengedit video yang perlu diketahui pemula videografi.

Proses editing mungkin merupakan sebuah momok mengerikan bagi para perintis di dunia videografi, tetapi tahap tersebut krusial bagi nilai video yang akan diterbitkan.
Yang terpenting adalah untuk tetap percaya diri, dan pahami tips-tips video editing agar proses penyuntingan berjalan dengan lancar. (Nanang Middin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Ragam Tradisi Unik Penuh Makna Keluarga Tionghoa Dalam Menyambut Imlek

TELENEWS.ID - Tradisi masyarakat Tionghoa dalam menyambut Imek atau tahun baru China pastinya memberi makna tertentu. Kali ini di tahun 2022, perayaan...

Status Kelurahan Krukut Tidak Lagi Zona Merah Covid 19, Micro Lockdown Dicabut

TELENEWS.ID - Banyak daerah khususnya di DKI Jakarta mendapat status level 2 dan juga menerapkan micro lockdown. Hanya saja semenjak varian Omicron...

Doyan Sindir Anies Baswedan, Wagub DKI Ke Giring: Tunjukkan Kinerja Dan Prestasi

TELENEWS.ID - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria angkat bicara soal aksi saling sindir antara Gubernur Anies Baswedan dengan Ketua Umum...

Tidak Ada Tempat Bagi Koruptor, Indonesia – Singapura Tanda Tangan Perjanjian Ekstradisi

TELENEWS.ID - Sejak tahun 1998, Indonesia dan Singapura telah melakukan berkali-kali untuk mengukuhkan perjanjian ekstradisi untuk kedua negara namun selalu gagal. Diketahui...