Home Gaya hidup Tips Sederhana Memperbaiki Kuku yang Rusak Akibat Pekerjaan Rumah Tangga Sehari-hari

Tips Sederhana Memperbaiki Kuku yang Rusak Akibat Pekerjaan Rumah Tangga Sehari-hari

Telenews.id- Selain tangan yang kasar, salah satu hal yang kerap dikeluhkan wanita akibat pekerjaan rumah tangga sehari-hari adalah kuku yang rusak. Ya tak bisa dipungkiri bahwa kaum Hawa yang melakukan aktivitas rumah tangga sehari-hari, memang cenderung memiliki kuku yang kurang cantik dan bahkan tidak sehat.

Pekerjaan rumah tangga sehari-hari memang menjadi salah satu penyebab utama kuku menjadi rusak, mudah patah, kusam dan juga rapuh. Apalagi jika pekerjaan rumah tangga itu melibatkan penggunaan bahan kimia misalnya detergen atau pemutih, maka bisa dipastikan bahwa selain tangan yang kasar, kuku pun akan terkena imbasnya pula.

Tentu saja sejatinya kaum wanita menghendaki untuk memiliki kuku yang cantik dan juga sehat. Meski tanpa kutek atau cat kuku yang mahal, kuku yang sehat, bersih dan tidak kusam menjadi dambaan banyak kaum wanita. Rupanya ada cara sederhana yang bisa dilakukan untuk memperbaiki kuku yang rusak, akibat aktivitas atau pekerjaan rumah tangga sehari-hari. Apa sajakah itu?

  1. Jangan lupa menggunakan lotion atau krim untuk tangan
    Untuk memperbaiki kuku yang rusak, ada baiknya Anda secara teratur menggunakan krim atau lotion pada tangan. Seperti kulit tangan pada umumnya, kulit di sekitar kuku juga butuh perawatan dan juga peremajaan. Karena itulah untuk menghindari kutikula kuku menjadi kering, jangan lupa untuk selalu menggunakan krim atau lotion pada area sekitar jari dan juga kuku tangan Anda.
  2. Gunakan rendaman lemon dan minyak zaitun
    Lemon dan minyak zaitun merupakan kombinasi tepat untuk mengembalikan kesehatan kuku yang rusak akibat aktivitas sehari-hari di rumah. Vitamin E yang tinggi pada minyak zaitun membantu menjaga kesehatan kuku, sementara lemon kaya kandungan vitamin C yang meningkatkan ketahanan dan kekuatan kuku. Cukup campurkan 3 sendok makan minyak zaitun dan satu buah perasan lemon ke dalam mangkuk kecil, kemudian panaskan sebentar. Tunggu hingga hangat dan rendam kuku selama 5-10 menit. Lakukan secara rutin, agar kuku kembali menjadi kuat dan bercahaya.
  3. Konsumsi makanan tinggi biotin
    Selain pekerjaan rumah tangga, kuku yang rusak juga bisa dipengaruhi oleh kurangnya asupan biotin dalam makanan. Padahal biotin berperan penting dalam produksi keratin, yang bertanggung jawab atas pertumbuhan kuku di jari Anda. Karena itulah konsumsi makanan tinggi biotin seperti gandum utuh, sayuran hijau dan umbi-umbian seperti ubi jalar.
  4. Jangan memanjangkan kuku
    Untuk menghindari kuku rusak, ada baiknya menjaga pertumbuhan kuku agar tetap pendek atau sedang saja. Kuku panjang terlihat cantik dan feminim, tetapi jenis kuku seperti ini pasti lebih cepat rusak dan patah. Jika lempeng kuku Anda lemah, jangan biarkan kuku tumbuh terlalu panjang. Potong secara teratur dan lakukan perawatan berkala agar kuku kembali sehat dan kuat.
  5. Gunakan sarung tangan karet
    Kandungan SLS dan surfaktan lain yang ada dalam sabun dan detergen, membuat kuku jadi cenderung kering. Kondisi ini menyebabkan berbagai seperti kuku pecah, lemah dan rapuh. Untuk mengatasinya, gunakan selalu sarung tangan karet setiap kali melakukan aktivitas rumah tangga yang berhubungan dengan sabun dan detergen.
  6. Pastikan untuk selalu terhidrasi
    Selain perawatan dari luar, untuk mengembalikan kecantikan kuku yang rusak tentu saja membutuhkan perawatan dari dalam pula. Pastikan untuk minum setidaknya 8 hingga 10 gelas air, untuk memberikan kelembapan yang cukup pada kuku dan mencegahnya terkelupas serta rapuh.
Baca juga :  Hipersomnia, Sindrom Kantuk Ekstrem yang Sangat Berbahaya
Baca juga :  Kenali Perbedaan Biseksual, Panseksual dan Queer

Selain itu, konsumsilah makanan yang sehat dan seimbang yang terdiri dari vitamin dan nutrisi penting untuk memicu pertumbuhan kuku yang lebih kuat dan sehat. (Yuyun)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Mengenal Oversharing, Kebiasaan Menggunakan Medsos yang Bisa Membuatmu Kehilangan Privasi

TELENEWS.ID - Di zaman seperti sekarang ini hampir segala sesuatu dibagikan oleh orang-orang di media sosial. Mulai dari aktivitas setelah bangun tidur...

Makanan yang Membantu Mengatasi Selulit Secara Alami

TELENEWS.ID - Sejatinya adalah hal yang normal dan lumrah jika wanita memiliki selulit pada kulit atau tubuh mereka. Namun tak bisa dipungkiri...

Kementerian PUPR Antisipasi Banjir di Mandalika

TELENEWS.ID - Kementerian PUPR tengah menyelesaikan pembangunan berbagai infrastruktur pendukung Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Nusa Tenggara Barat yang merupakan salah satu...

Tetap Cantik Saat Touring, Ini 6 Tips Menjaga Kulit dan Rambut untuk Para Lady Biker

TELENEWS.ID - Kesan garang dan tangguh dari seorang lady biker memang tak bisa untuk dipungkiri. Ini karena touring dengan motor umumnya dilakukan...