TELENEWS.ID -Persaingan pabrikan mobil di Indonesia masih terus memberi inovasi di setiap produknya untuk menggenjot nilai penjualan.
Menghadapi kondisi pandemi Covid 19 tentu berdampak besar di sektor penjualan mobil terutama pada pabrikan ternama yang memiliki pangsa pasar luas di Indonesia.
Masuk ke bulan April 2022 kemarin ada catatan bahwa beberapa merk mobil telah mengalami peningkatan penjualan.
Hal tersebut menjadi momen penting seiring adanya perbaikan dari sektor ekonomi Indonesia saat ini. Maka dari itu pabrikan Toyota masih merajai produk mobil terlaris sampai sekarang di Tanah Air.
Dilansir dari data Wholesales di Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) pada 22/5/2022 menjelaskan bahwa data mobil terlaris pada April 2022 tercatat ada Toyota Avanza berada di atas Brio series dengan mencatatkan nilai 5039 unit.
Sedangkan posisi dua ditempati Brio series baik Satya dan RS yang mana mendapatkan angka penjualan 4897 unit.
Posisi ketiga ditempati Toyota Veloz yang mana sudah tercatat ada distribusi ke dealer mencapai angka 4860 unit.
Posisi keempat terdapat model pikap Daihatsu Gran Max yang mana mendapat nilai penjualan mencapai 4135 unit, hingga Suzuki Carry juga mencatatkan penjualan mencapai 3,789 unit.
Selanjutnya masih ada Daihatsu Sigra yang ada di posisi keenam yang mana mencatatkan nilai penjualan mencapai 3.616 unit dan posisi tujuh ditempati Mitsubishi Xpander yang distribusinya mencapai 3.542 unit.
Posisi ke delapan ditempati Toyota Kijang Innova yang mana berhasil mencatatkan angka 3.336 unit, hingga posisi kesembilan berhasil ditempati Toyota Calya dengan angka penjualan 3.232 unit dan posisi kesepuluh ditempati Toyota Rush mencapai 3.194 unit.
Dari data Gaikindo sendiri terdapat peningkatan di bulan Maret sampai April 2022 di mana penjualan mobil menjelang bulan puasa sampai Hari Raya Lebaran 2022 masih mengalami angka kenaikan namun tidak terlalu signifikan.
Ada data penurunan dilansir dari Wholesales mencapai angka 15.9 di awal tahun yang mana menjadi satu pekerjaan rumah untuk setiap dealer hingga mampu meningkatkan penjualan retail. (Stefanus Bernadi)