Home Nasional Tradisi Ngabuburit Unik di Indonesia

Tradisi Ngabuburit Unik di Indonesia

TELENEWS.ID – Ngabuburit sudah bukan menjadi hal yang aneh ketika masuk di bulan suci Ramadan khususnya di Indonesia. Tradisi ini adalah sebuah kegiatan yang dilakukan untuk menunggu berbuka puasa. Di Indonesia sendiri setiap daerah memiliki tradisi yang berbeda-beda sesuai dengan ciri khas masing-masing. Yuk, mari kita simak beberapa tradisi ngabuburit unik yang ada di berbagai daerah di tanah air.

Panjat Tebing

Memang terkesan sebuah kegiatan yang ekstrim pada bulan puasa, namun warga Madiun beraktivitas dengan berolahraga untuk menunggu berbuka puasa. Stadion Wilis adalah tempat berlangsung berbagai macam kegiatan olahraga. Namun salah satu kegiatan yang paling digemari adalah panjat tebing. Karena saking populer, kegiatan ini menjadi salah satu tradisi ngabuburit yang harus dilakukan setiap tahunnya di Madiun.

Bleguran

Di Jakarta pada tahun 1970an lampau, ngabuburit yang paling populer dilakukan adalah Bleguran. Anak-anak hingga remaja kala itu membuat sebuah meriam tradisional yang terbuat dari bambu lalu mencari tempat terbuka seperti lapangan atau halaman untuk bermain sembari menunggu waktu berbuka puasa. Suara menggelegar akan keluar dari meriam bambu tradisional tersebut meskipun tidak menimbulkan ledakan berbahaya. Namun tradisi ini sudah tidak terlihat lagi di ibukota dan mulai terpinggirkan.

Kumbohan

Di Lamongan, tradisi ngabuburit yang cukup unik adalah Kumbohan. Warga Lamongan biasa melakukan Kumbohan atau menangkap ikan sambil menunggu berbuka puasa. Kegiatan ini biasanya dilakukan di Sungai Bengawan Solo. Permukaan air sungai pada sore hari akan surut yang membuat masyarakat menangkap ikan dengan mudah. Bukan hanya sekedar menangkap ikan, namun hasil tangkapannya bisa dimasak untuk menu berbuka puasa.

Balapan Perahu Layar

Di kawasan Pantai Kenjeran ada sebuah tradisi ngabuburit yang ada di Surabaya. Tradisi balapan menggunakan perahu layar kerap dilakukan para warga berkumpul di Pantai Kenjeran sambil menunggu berbuka puasa. Namun perahu yang digunakan bukanlah perahu asli, namun perahu mini yang ditambah dengan berbagai hiasan berwarna-warni.

Baca juga :  Kemendagri Siapkan Gedung Pusdiklat Tampung Pasien Covid-19

Main Layangan Hias

Pemandangan sedikit berbeda bisa ditemukan di Majalengka dimana masyarakat disana mengisi waktu luang di sore hari dengan bermain layangan hias. Ternyata tradisi ngabuburit ini sudah lama dilakukan sejak dahulu kala dan masih bisa ditemukan di Majalengka pada bulan puasa.

Santai Kayak di Pantai

Indonesia terkenal dengan pantai-pantai yang sangat menakjubkan. Bukan tanpa alasan jika pantai menjadi salah satu destinasi favorit masyarakat setempat untuk ngabuburit. Pantai Losari di Makassar adalah salah satunya. Warga Makassar meluangkan waktu di pinggir pantai Losari sambil menunggu berbuka puasa.

Baca juga :  Di Kritik ICW, KPK Akan Tetap Bekerja Keras Berantas Korupsi di Indonesia

Di Tegal pun bisa ditemukan kegiatan serupa dimana masyarakat setempat sering berkumpul di pinggir pantai utara sembari menikmati panorama langit di sore hari sambil menunggu beduk Maghrib.(Neidi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Ladies, Kenali 6 Tanda Cowok Parasit yang Perlu Diwaspadai

TELENEWS.ID - Hubungan mantan pasangan Laura Anna dan Gaga Muhammad kembali memanas. Laura yang merasa dirugikan baik secara fisik maupun finansial, akhirnya...

Mengenal Situationship yang Bisa Menjebakmu Dalam Hubungan Toxic Tanpa Status

TELENEWS.ID - Apakah kamu memiliki seorang teman yang memperlakukan kamu dengan mesra, dan memberikan perhatian lebih dari seorang teman? Akan tetapi sayangnya,...

Hati-hati, Dokter Peringatkan Bahaya Memakai Celana Jeans Ketat Bagi Organ Intim Wanita

TELENEWS.ID - Praktis, stylish dan bisa dipadukan dengan jenis busana apa saja membuat celana jeans menjadi salah satu item fashion favorit kaum...

Manchester United Ditangan Ralf Rangnick, Apakah Mampu Bersaing?

TELENEWS.ID - Belakangan nama Ralf Rangnick mencuat di kancah dunia sepak bola untuk menjadi juru taktik klub Manchester United. Seperti diketahui bersama,...