Home Travel Tugas Sandiaga Uno Bangkitkan Pariwisata

Tugas Sandiaga Uno Bangkitkan Pariwisata

TELENEWS.ID – Tugas Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) yang baru, Sandiaga Uno, dirasa cukup berat dan penuh tantangan. Apalagi membangkitkan pariwisata yang mati suri sejak 2019.

Presiden Jokowi dan Wapres Ma’ruf Amin juga memberikan amanah kepada Menparekraf agar membangkitkan pariwisata Indonesia, terutama di destinasi super prioritas sehingga perlu adanya inovasi dalam waktu singkat.

Lebih lanjut Presiden Jokowi juga meminta Sandiaga Uno mempercepat pengembangan lima destinasi super prioritas dari sisi infrastruktur dan atraksi wisata agar menjadi destinasi wisata unggulan pasca Covid-19. Jokowi menekankan agar fokus setahun ke depan dan kerja keras.

Adapun lima Destinasi Super Prioritas yang dimaksud adalah Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo dan Likupang.

“Kami harus bergerak cepat, bapak presiden dan wapres memberikan arahan dalam satu tahun ini harus ada quick win, harus ada perubahan yang mendasar membenahi terhadap destinasi-destinasi 5 super prioritas,” kata Sandi usai pelantikan di Istana Negara, Jakarta Pusat.

Baca Juga : Boy Rafli Amar, Calon Kuat Kapolri Baru

Seperti yang dikatakan pada akun @kemenparekraf, Jumat, 25 Desember 2020, “Strategi inovasi dilakukan dengan pendekatan big data, untuk memetakan potensi dan menguatkan berbagai aspek pada sektor parekraf.”

Terkait hal tersebut, Sandi pun telah menyusun sejumlah program yang akan menerapkan tiga hal, inovasi, adaptasi dan kolaborasi.

Inovasi yang dimaksud adalah sebagai dasar bagi pengembangan destinasi super prioritas untuk satu ke depan, yaitu meliputi infrastruktur, kuliner dan kebudayaan.

Sementara itu, adaptasi adalah dengan membiasakan dan mendisiplinkan dalam penerapan protokol kesehatan sebagai bentuk adaptasi kebiasaan baru, yaitu Cleanliness (Kebersihan), Healthy (Kesehatan), Safety (Keamanan) dan Environment (Ramah Lingkungan) atau disingkat CHSE.

Sedangkan kolaborasi, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) akan berkolaborasi dengan semua pihak atau stakeholder agar dapat terciptanya lapangan kerja seluas-luasnya. Khususnya lapangan kerja yang terdampak Covid-19 di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Kami akan berjuang untuk mempertahankan dan mengembangkan pemberdayaan agar kita bisa membuka lapangan kerja seluas-luasnya dan mempertahankan tingkat pendapatan dan kesejahteraan masyarakat, khususnya di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif,” kata Sandi.

Jokowi juga mengingatkan untuk setiap destinasi terutama lima destinasi super prioritas untuk menyiapkan Calendar of Event (CoE), agar menarik wisatawan terutama di saat Covid-19, sehingga ini bisa mempertahankan jumlah lapangan kerja dan aktivitas ekonomi di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, ujar Sandi.

Menurut Sandi kembali, kalender wisata ini terbagi menjadi event berskala kecil yang akan diselenggarakan secara mingguan atau bulanan, dan satu event besar berskala internasional yang bisa digelar tahunan. “Event skala dunia ini yang diharapkan menjadi big bang,” tambah Sandiaga Uno.

Penulis: Dwi Eppy

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Desa Wisata Ini Diprediksi Bakal Hits di Tahun 2022, Yuk Simak Apa Saja Daftarnya

TELENEWS.ID - Banyak solusi ketika Anda ingin mencari destinasi liburan bersama keluarga ataupun teman-teman dengan tema desa wisata. Saat ini trend mengunjungi...

Pemerintah Enggan Rekrut CPNS di Tahun 2022, Ternyata Ini Alasannya

TELENEWS.ID - Banyak informasi mengenai Pemerintah yang tidak akan melakukan perekrutan CPNS di tahun 2022. Kemudian dari aspek penambahan jumlah ASN juga...

Salah Satunya Bikin Awet Muda, 5 Alasan Kamu Harus Pakai Serum Vitamin C Mulai Dari Sekarang!

TELENEWS.ID - Serum menjadi salah satu skincare yang sekarang menjadi salah satu kebutuhan wanita masa kini. Rasanya perawatan wajah tak akan lengkap...

Berkaca Dari Supir Kecelakaan Maut Balikpapan, Ini 5 Tips Agar Tak Bangun Kesiangan

TELENEWS.ID - Berbagai fakta mengejutkan terungkap pasca kecelakaan maut yang terjadi di tanjakan Rapak, Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (21/1/2022) pagi. Salah satunya,...