Home Nasional Tutup Semua Gerai SPBU Di Indonesia, Ini Rencana Total Oil

Tutup Semua Gerai SPBU Di Indonesia, Ini Rencana Total Oil

TELENEWS.ID – PT Total Oil Indonesia memutuskan untuk menutup seluruh jaringan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Indonesia. Perusahaan asal Prancis itu kini berencana untuk fokus menjual produk mereka lainnya, seperti oli dan pelumas mesin.

Hal tersebut dikonfirmasi langsung oleh Marketing Manager Total Oil Indonesia, Magda Naibaho. Ia menyebut bahwa perusahaannya memang sudah mulai menutup sekitar 18 jaringan SPBU di Indonesia secara bertahap sejak akhir 2020 silam.

Lebih lanjut, Magda menjelaskan bahwa keputusan itu sejalan dengan strategi global Total Oil dalam hal manajemen portfolio. Kendati melepas bisnis retail fuel, namun Total Oil masih beroperasi di Indonesia dengan berjualan produk lainnya.

“PT Total Oil Indonesia sudah hadir di Indonesia sejak tahun 2003 dan kami tetap berkomitmen untuk terus menyediakan produk dan layanan unggulan di Indonesia, termasuk pelumas dan produk specialty lainnya,” terang Magda.

Total Oil Indonesia merupakan unit usaha dari grup Total S.A, perusahaan asal Prancis. Total beroperasi di 130 negara. Dalam laman resmi perusahaan, Total S.A merupakan perusahaan minyak dan gas dan operator tenaga matahari di global dengan jumlah karyawan mencapai 98 ribu orang. Perusahaan bekerja sama dengan SunPower dan Total Solar dalam menjalankan bisnisnya.

Total bukanlah jaringan SPBU pertama yang angkat kaki dari Indonesia. Pada tahun 2012 silam, perusahaan migas asal Malaysia, Petronas, juga membuat keputusan untuk mundur dari bisnis penyedia bahan bakar kendaraan. Saat itu, Petronas memiliki 19 SPBU yang tersebar di Jakarta dan Medan.

Direktur Pembinaan Usaha Hilir Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM saat itu, Umi Asngadah mengungkapkan bahwa tutupnya bisnis SPBU Petronas di Indonesia disebabkan karena kalah saing dengan SPBU lainnya, di mana penjualannya terus menurun sehingga biaya operasi tidak lagi dapat dipenuhi.

Baca juga :  Mantan Kader Bongkar Borok, SBY Disebut Tak Berkeringat Bangun Partai

Menurut pantauan sejumlah sumber, SPBU Total yang sebagian besar tersebar di daerah Jabotabek sudah tutup atau berganti menjadi SPBU VIVO, contohnya pada SPBU Total di Jalan Warung Buncit dan Daan Mogot. Kemudian di sejumlah titik seperti Jl. Kapten Tendean dan Pejaten, SPBU Total terlihat ditutupi seng berwarna biru. (Billy Bagus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Permohonan Gubernur Anies Baswedan untuk bertemu dengan Bapak Presiden Ir. Joko Widodo

TELENEWS.ID - Saya, Prof. Otto Cornelis Kaligis, Warga Binaan Lapas kelas satu Sukamiskin Bandung, dalam kedudukan saya sebagai praktisi dan ahli hukum,...

Inikah 5 Alasan Nekat Pria Berselingkuh Meski Sudah Punya Pasangan Sempurna?

TELENEWS.ID - Beberapa waktu lalu jagat media sosial dikejutkan dengan kabar YouTuber dan influencer Nessie Judge yang mengakhiri hubungan dengan kekasihnya, Bram...

Pemerintah Hormati Putusan MK Terkait UU Cipta Kerja

TELENEWS.ID - Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa pemerintah menghormati dan segera melaksanakan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 91/PUU-XVIII/2020 terkait Undang-Undang (UU) Nomor...

Anies Tunjuk Sekjen IMI Sebagai Ketua Pelaksana Formula E, Ada Apa?

TELENEWS.ID - Ajang Formula E yang sedianya akan dilaksanakan pada bulan Juni tahun 2022 nanti tinggal menunggu waktu. Namun, hingga saat ini...