Home Olah Raga UEFA Ubah Aturan di Kompetisi Euro 2020

UEFA Ubah Aturan di Kompetisi Euro 2020

TELENEWS.ID – Pada hari Selasa (4/5/2021), UEFA mengumumkan bahwa mereka akan memperluas jumlah pemain dalam satu skuat di Euro 2020, mengizinkan skuat yang terdiri 26 orang untuk memenuhi permintaan para pelatih yang khawatir mereka berpotensi kehilangan pemain karena Covid-19.

Pelatih timnas Prancis Didier Deschamps dan pelatih timnas Belgia Roberto Martinez termasuk di antara mereka yang menyerukan perubahan, sementara pelatih timnas Inggris Gareth Southgate menentang hal tersebut.

Melihat dari keputusan yang dibuat, skuat dalam satu pertandingan masih akan dibatasi menjadi 23 pemain sebagai jumlah maksimum (sesuai dengan Undang-undang 3 dari Hukum IFAB untuk sebuah pertandingan yang mengizinkan maksimal 12 pemain pengganti yang disebutkan dalam pertandingan tim nasional A), termasuk tiga penjaga gawang.

UEFA mengklarifikasi bahwa peraturan saat ini mengizinkan pelatih untuk mengganti skuat mereka setelah batas waktu 1 Juni hingga pertandingan pertama dalam kasus ‘cedera atau penyakit serius’ akan mencakup pemain yang positif Covid-19 atau yang sedang dinyatakan sebagai ‘kontak dekat’ dari orang yang positif Covid-19.

Peraturan baru juga akan memungkinkan penjaga gawang diganti sebelum setiap pertandingan selama turnamen jika terjadi masalah fisik bahkan jika satu atau dua penjaga gawang dari daftar pemain masih tersedia.

Seorang pemain yang telah diganti pada daftar pemain nantinya tidak akan diizinkan untuk kembali ke turnamen.

Kemudian juga, UEFA telah memutuskan bahwa setiap tim akan diizinkan untuk membuat hingga lima pergantian pemain dalam pertandingan di Euro 2020 musim panas ini, bukan tiga seperti biasanya, sejalan dengan aturan saat ini di banyak kompetisi level klub.

Tim nasional telah menunjuk skuat yang terdiri dari 23 pemain di Piala Dunia dan Euro sejak Piala Dunia 2002 yang digelar di Jepang dan Korea Selatan.

Baca juga :  Puskas Arena Penuh Di Laga Portugal-Hungaria, Netizen: Pemandangan Indah!

Euro 2020 ditunda tahun lalu karena pandemi, tetapi akan berlangsung di berbagai tempat yang sudah ditunjuk mulai dari 11 Juni hingga 11 Juli 2021.

Melihat waktu yang semakin dekat, akan menarik untuk dilihat apakah UEFA kembali membuat revisi aturan demi kelancaran turnamen karena pandemi masih berlangsung. (Dhe)

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Berkaca Pada Celine Evangelista, Begini Cara Menciptakan Hubungan yang Sehat dengan Ibu

TELENEWS.ID - Hubungan Celine Evangelita dengan ibundanya, Vicentia Nurul kembali memanas. Belum lama ini Vicentia membongkar aib Celine, terkait kandasnya rumah tangga...

Jakarta International Stadium: Mega Proyek yang Dilalui 5 Orang Gubernur DKI

TELENEWS.ID - Jakarta International Stadium atau JIS adalah salah satu mega proyek Indonesia yang menyimpan banyak makna. Tidak hanya sarat dengan capital...

Jangan Panik, Ini Tips untuk Mengatasi Anak-anak yang Tidak Suka Makan Sayur dan Buah

TELENEWS.ID - Anak-anak memang tidak begitu menyukai buah dan sayuran. Padahal kedua jenis makanan itu merupakan sumber serat yang baik bagi kesehatan...

Rachmat Gobel Diisukan Jadi Menteri Pertanian?

TELENEWS.ID - Nama Rachmat Gobel belakang santer diisukan akan menjadi jajaran kabinet Presiden Jokowi. Rumor tersebut adalah pertimbangan dari beberapa pengamat politik...