Home Olah Raga UEFA Ubah Aturan Gol Tandang di Semua Kompetisi Klub Eropa

UEFA Ubah Aturan Gol Tandang di Semua Kompetisi Klub Eropa

TELENEWS.ID – UEFA mengumumkan pada Jumat pagi (25/6/2021) bahwa aturan gol tandang akan dihapus dari kompetisi klub Eropa setelah 56 tahun berjalan.

Mulai musim depan (2021-22), pertandingan dua leg tidak mungkin lagi ditentukan dengan menghitung jumlah gol yang dicetak masing-masing pihak di stadion yang lain.

Sebaliknya, jika leg kedua berakhir imbang secara agregat, perpanjangan waktu 30 menit akan dimainkan dan disusul dengan adu penalti jika masih belum ada pemenang.

Perubahan ini akan berlaku di Liga Champions UEFA kategori pria dan wanita, Liga Europa dan Liga Konferensi Europa yang baru dibentuk sebagai kasta ketiga.

Aturan itu dibuat agar tim tamu atau pun tim tuan rumah tampil terbuka dan berusaha mencetak lebih banyak gol dalam kondisi imbang atau tertinggal.

Dalam beberapa tahun terakhir, Liga Champions UEFA menunjukkan beberapa pertandingan yang mengejutkan, misalnya saat AS Roma bangkit dari kekalahan tandang 4-1 di babak perempatfinal dan berhasil mengalahkan Barcelona dengan kemenangan kandang 3-0 pada 2018.

Musim berikutnya Tottenham Hotspur mencapai final setelah mengalami kekalahan kandang dengan skor 0-1 melawan Ajax namun membalas dengan kemenangan tandang 2-3 di Amsterdam.

UEFA sekarang menegaskan bahwa tidak ada lagi alasan untuk memberi bobot lebih pada gol tandang daripada yang dicetak di kandang. Dalam mengumumkan perubahan aturan, badan pengatur sepak bola Eropa itu mengatakan statistik menunjukkan penurunan yang konsisten dalam keunggulan tuan rumah sejak tahun 1970-an, dengan rasio gol yang dicetak di kandang dan tandang berubah dari 2,02/0,95 menjadi 1,58/1,15.

Di antara faktor-faktor yang diungkap UEFA tentang penurunan keunggulan tuan rumah termasuk tingkat keamanan di dalam lapangan, lapangan yang semakin terstandarisasi dan kondisi yang lebih nyaman untuk tim tamu dalam melakukan perjalanan melintasi antarnegara. Pergeseran seperti itu tidak hanya terjadi dalam sepak bola kategori pria, tetapi sepak bola wanita juga mengubah aturan gol tandang.

Baca juga :  Tim Muda USA Siap Menggebrak Qatar 2022

Presiden UEFA, Alexander Ceferin, mengatakan perubahan itu telah diminta oleh klub-klub yang merasa aturan gol tandang sekarang menempatkan tim tuan rumah pada kerugian kompetitif.

Diperkenalkan UEFA sejak tahun 1965, Ceferin mengungkapkan bahwa selalu ada pertanyaan dan perdebatan di berbagai pertemuan UEFA selama beberapa tahun terakhir terkait gol tandang.

Meski tidak ada kebulatan tentang pandangan, banyak pelatih, penggemar dan pemangku kepentingan sepak bola lainnya mempertanyakan keadilan dari aturan gol tandang tersebut.

“Dampak dari aturan itu bertentangan dengan tujuan awal karena pada kenyataannya aturan itu sekarang menghalangi tim tuan rumah untuk bermain menyerang, karena mereka takut kebobolan yang akan memberi tim lawan keuntungan. Ada juga kritik atas ketidakadilan, terutama dalam perpanjangan waktu yang mewajibkan tim tuan rumah mencetak dua gol ketika tim tamu telah mencetak gol,” pungkas Ceferin.

Baca juga :  Aturan Baru Handball di EURO 2020

Namun aturan gol tandang tetap berlaku dalam pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022 di Qatar. (Dhe)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Menurut Penelitian, Pria dengan 7 Sifat Ini yang Bakal Jadi Pasangan Terbaik Untukmu

TELENEWS.ID - Bagi wanita memilih pasangan bukanlah hal yang main-main. Banyak hal yang harus mereka pertimbangkan sebelum memilih pasangan, baik untuk menjadi...

Membongkar 5 Mitos Seputar Operasi Caesar, Proses Melahirkan yang Dipilih Nagita Slavina

TELENEWS.ID - Pasangan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina akhirnya menimang buah hati mereka yang kedua. Pada Jumat, 26 November 2021 kemarin, Gigi...

Mengenal Oversharing, Kebiasaan Menggunakan Medsos yang Bisa Membuatmu Kehilangan Privasi

TELENEWS.ID - Di zaman seperti sekarang ini hampir segala sesuatu dibagikan oleh orang-orang di media sosial. Mulai dari aktivitas setelah bangun tidur...

Makanan yang Membantu Mengatasi Selulit Secara Alami

TELENEWS.ID - Sejatinya adalah hal yang normal dan lumrah jika wanita memiliki selulit pada kulit atau tubuh mereka. Namun tak bisa dipungkiri...