Home Internasional Ukraina dan Rusia Memanas, Zelensky Ajak Putin Duduk Bersama

Ukraina dan Rusia Memanas, Zelensky Ajak Putin Duduk Bersama

TELENEWS.ID – Atmosfer ketegangan di area perbatasan antara Ukrania dan Rusia semakin memanas, inilah yang mendasari Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky mengajak Presiden Rusia, Vladimir Putin untuk membahas kondisi ini sehingga tidak terjadi konflik.

Kondisi ini semakin parah dalam sepekan terakhir, Diduga Rusia memberikan dukungan pada separatis anti Ukraina yang berada di Timur Ukraina, inilah yang membuat pertempuran semakin intensif dan ketegangan dengan Rusia semakin memanas.

Dikutip dari AFP pada Rabu (23/04/2021) dalam pidato resminya, Zelensky memberikan undangan terbuka pada Vladimir Putin untuk segera bertemu sebelum kejadian semakin buruk.

“Saya siap melangkah lebih jauh dan mengundang Anda (Vladimir Putin) untuk bertemu di bagian manapun di Donbass Ukraina, ditempat ini perang sedang berlangsung” ujarnya.

Zelensky membuat tuduhan berat pada Rusia, dimana terbukti mengerahkan pasukannya dengan dalih dalam masa latihan militer di perbatasan Ukraina. Presiden Ukraina tersebut tidak percaya dengan pernyataan itu, pasalnya Rusia membawa sejumlah besar pasukannya, apalagi terkonsentrasi di area perbatasan yang tergolong rentan.

Zelensky kembali mengingatkan pada Putin yang pernah mengatakan jika perkelahian tidak akan terhindari jika Anda (Rusia) melakukan serangan terlebih dahulu. Zelensky kembali mengingatkan pada Putin, ini bukan hanya perkelahian dua orang saja, namun perang nyata yang akan melibatkan jutaan nyawa manusia.

Ukraina sendiri memang memiliki masalah dengan kelompok separatis yang berada di wilayah Donetsk dan Luhansk, ini sudah terjadi sejak 2014 lalu. Pergolakan semakin ramai setelah semenanjunjg Krimea diambil alih oleh Moskow. Kejadian ini bahkan menyebabkan 13.000 nyawa melayang dalam kejadian tersebut.

Inilah yang membuat kedua negara (Ukraina dan Rusia) membuat perjanjian dengan kelompok pemberontak tersebut, untuk melakukan gencatan senjata. Namun tetap saja muncul kontak tembak, tercatat lebih dari 30 tentara Ukraina menjadi korban sejak awal 2021.

Baca juga :  Tiket Penerbangan Supermoon Ludes Terjual Dalam 2,5 Menit, Nonton Apa Sih?

Kondisi ini semakin panas dengan adanya Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO, pasukan pengaman perbatasan yang kini jumlahnya diperbanyak oleh Rusia. Putin sendiri berdalih, ini hanya untuk pengamanan negaranya.

Sedangkan Uni Eropa membuat prediksi mencengangkan sebanyak apa pasukan Rusia yang berjaga di sepanjang perbatasan Ukraina. Kabarnya sudah ada lebih dari 100 ribu pasukan tentara dengan persenjataan lengkap, ini tentu akan memicu perang.

Langkah perdamaian sudah dilakukan beberapa tokoh penting dunia, salah satunya Paus Fransiskus, pemimpin Gereja Katolik Roma Vatikan, pernah mempertemukan kedua kepala negara tersebut dan memberikan arahan untuk saling menahan diri agar tidak terjadi peperangan. Dalam dialog terbuka tersebut, baik Rusia dan Ukraina sepakat dengan saran tersebut.

Baca juga :  Donal Trump Akan Tandatangi Perintah Eksekutif Soal Reformasi Kepolisian

Keputusan tepat bagi presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, mengundang Presiden Rusia, Vladimir Putin untuk bertemu. Nampaknya langkah diplomatik akan lebih menguntungkan Ukraina dan adanya perjanjian kedua negara tidak akan membuat ratusan bahkan jutaan nyawa melayang dalam perang.

Ketegangan ini bukan yang pertama, sebelumnya di tahun 2019 pernah terjadi hal serupa. Namun keduanya pemimpin negara tersebut memutuskan untuk bertemu dan membicarakan solusinya secara diplomatik. Nampaknya Zelensky lebih menginginkan cara ini, namun belum ada kejelasan apa tindakan Putin selanjutnya. (Chairunisa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Mengenal Oversharing, Kebiasaan Menggunakan Medsos yang Bisa Membuatmu Kehilangan Privasi

TELENEWS.ID - Di zaman seperti sekarang ini hampir segala sesuatu dibagikan oleh orang-orang di media sosial. Mulai dari aktivitas setelah bangun tidur...

Makanan yang Membantu Mengatasi Selulit Secara Alami

TELENEWS.ID - Sejatinya adalah hal yang normal dan lumrah jika wanita memiliki selulit pada kulit atau tubuh mereka. Namun tak bisa dipungkiri...

Kementerian PUPR Antisipasi Banjir di Mandalika

TELENEWS.ID - Kementerian PUPR tengah menyelesaikan pembangunan berbagai infrastruktur pendukung Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Nusa Tenggara Barat yang merupakan salah satu...

Tetap Cantik Saat Touring, Ini 6 Tips Menjaga Kulit dan Rambut untuk Para Lady Biker

TELENEWS.ID - Kesan garang dan tangguh dari seorang lady biker memang tak bisa untuk dipungkiri. Ini karena touring dengan motor umumnya dilakukan...