Home Nasional Unggahan Kontroversial Ruhut Menguntungkan Bagi Anies

Unggahan Kontroversial Ruhut Menguntungkan Bagi Anies

TELENEWS.ID – Ruhut Sitompul harus tersandung masalah rasialis, setelah dirinya mengunggah meme Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan yang mengunggah sosok Anies menggunakan pakaian adat Dani, Papua. Ruhut dilaporkan oleh Mega MS Keliduan yang menjabat sebagai Komandan Patriot Revolusi ke Polda Metro Jaya pada Rabu (11/05/2022). Unggahan Ruhut tersebut dinilai menimbulkan kebencian antar suku-ras.

Unggahan meme Anies tersebut terlihat pada akun media sosial Ruhut pada Rabu (11/05/2022) lalu dan Ruhut menambahkan cuitan “Ha ha ha kata orang Betawi usahe ngeri X Sip deh,”. Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Zulpan mengkonfirmasi adanya laporan dengan terlapor atas nama Ruhut Sitompul.

“Pelapor selaku pemuda Papua, melaporkan akun @ruhutsitompul ke Polda Metro Jaya, laporannya masih diteliti. Atas kejadian tersebut, korban telah dilecehkan identitas dan kebudayaannya, kemudian membuat laporan polisi,” ujar Zulpan saat dihubungi, Kamis (12/5/2022).

Laporan tersebut tertuang dalam nomor laporan LP/B/2299/SPKT/Polda Metro Jaya dengan tanggal 11 Mei 2022. Dalam laporan tersebut, Ruhut dilaporkan dengan tuduhan pelanggaran Pasal 28 ayat (2) juncto Pasal 45A ayat (2) UU RI Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi elektronik (ITE). Kuasa hukum Petrodes Mega MS Keliduan, Sanggam Indra Permana Sianipar menyebut bahwa unggahan Ruhut tersebut berpotensi menimbulkan stigma buruk bagi masyarakat Papua.

“Tentunya sebagai antropolog, Bung Mega sangat mengecam statement tersebut, karena hanya membuat stigma-stigma masyarakat Papua menjadi sesuatu yang patut untuk dibenci, mengingat tidak semua masyarakat, terlebih masyarakat Papua, suka terhadap Anies, dan Ruhut bukan bagian dari masyarakat Papua, sehingga unsur terhadap penghinaan, pencemaran, penistaan tidaklah dapat dikesampingkan,” kata Sanggam.

Baca juga :  Urban Renewal Ala Anies Baswedan, Perlukah?

Anies Diuntungkan dalam Kasus Ini

Unggahan yang dilakukan oleh Ruhut tersebut memberi angin segar bagi Anies Baswedan yang saat ini sedang mendulang simpati. Hal tersebut diungkapkan oleh Kunto Adi Wibowo, Pengamat Politik dari Universitas Padjadjaran. Menurutnya, jika banyak yang menilai bahwa unggahan Ruhut tersebut buruk, maka yang diuntungkan adalah Anies Baswedan.

Semakin banyak orang bersimpati kepada Anies, maka akan semakin banyak topik pembicaraan mengenai Gubernur DKI Jakarta tersebut. Hal ini akan memberikan keuntungan bagi Anies yang sekarang ini sedang membutuhkan popularitas untuk bisa ikut bergabung dalam bursa pilpres 2024 nanti. Karakter orang Indonesia, yang suka bersimpati kepada korban bisa menjadi sebuah berkah tersendiri bagi Anies.
“Ini pun sebenarnya tidak terlepas dari faktor keberpihakan politik. Kalau orang itu dari awal emang udah benci ke Pak Anies, maka postingan itu akan menambah kebencian dia,” ujar Kunto.

Popularitas adalah salah satu hal yang sekarang ini sedang banyak dicari oleh mereka yang berjuang untuk bisa mendapatkan arena di ajang pilpres 2024 nanti. Beberapa tokoh termasuk Anies menjadi salah satu tokoh yang juga sering mendapatkan berita mengenai segala tindak tanduk aktivitasnya.

Baca juga :  Bandara Kertajati; Nasibmu Kini

Ruhut Sitompul sendiri sampai sekarang belum memberikan pernyataannya mengenai unggahan yang kontroversialnya tersebut. Namun dirinya mengklaim bahwa tidak bermaksud untuk menghina dan tidak ada unsur penghinaan di unggahan foto pada akun media sosial Ruhut tersebut. (Latief)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Kisah Kelam Keluarga Pendiri Gucci

TELENEWS.ID – Rodolfo Gucci atau biasa dikenal dengan Maurizio D’Ancora merupakan pendiri dan pencipta brand Gucci. Pada awalnya Rodolfo membuat brand Gucci...

Telkomsel Merugi Setelah Investasi di GOTO, Kok Bisa ?

TELENEWS.ID – PT Telkom Indonesia (Persero) melalui anak perusahaannya, Telkomsel melakukan investasi di PT Go To Gojek Tokopedia Tbk. Namun yang aneh...

Polemik Anggota TNI Aktif Dilantik Sebagai PJ Bupati

TELENEWS.ID – Pejabat pengganti Gubernur, Bupati, dan Walikota tahun ini sudah banyak yang dilantik. Terakhir Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian telah melantik...

Kedatangan Ten Hag Memberi Angin Segar Bagi Maguire dan Van De Beek

TELENEWS.ID - Erik Ten Hag secara resmi ditunjuk sebagai pelatih utama Manchester United menggantikan Ralf Rangnick untuk musim 2022/2023. Erik datang ke...