Home Hiburan Film Unik, Festival Film Swedia Menghipnotis Penonton Sebelum Menyaksikan Film

Unik, Festival Film Swedia Menghipnotis Penonton Sebelum Menyaksikan Film

TELENEWS.ID – Tahun lalu, festival film Swedia mengajak seorang turis untuk menonton film sendirian di pulau terpencil. Tahun lalu, festival film ini memberikan keunikan lain, yaitu menghipnotis penonton sebelum menyaksikan film.

Sebelum menayangkan setiap film, seorang penghipnotis akan melakukan hipnosis massal dari panggung utama. Hipnotis ini bertujuan untuk mengubah keadaan pikiran penonton sesuai dengan suasana hati dan tema film. Setelah film usia, penghipnotis akan mengembalikan kondisi penonton ke keadaan semula, alias mematahkan hipnosisnya.

“Kami membangun bioskop hipnosis ini untuk bereksperimen membuat pengalaman film, menantang gagasan tentang cara menonton film,” kata Jonas Holmberg, direktur Festival Film Gothenburg di Swedia, dikutip dari AFP, Selasa (1/2/2022).

Sesi eksperimental pertama berlangsung pada Minggu malam waktu setempat di hadapan hanya puluhan orang, dibatasi akibat pandemi Covid-19.

Sebagai pengganti trailer, penonton mendapat sesi bersama ahli hipnotis Fredrik Praesto sebelum menonton “Land of Dreams” dari sutradara Iran-Amerika Shirin Neshat.

Praesto memulai dengan latihan fisik – seperti meminta penonton untuk menyatukan tangan seolah-olah magnet dan menutup mata.

Setelah menghitung 20 detik, penonton membuka mata dan film kemudian dimulai. Setelah kredit film bergulir, ada hitungan lagi untuk menghentikan hipnotis terhadap penonton.

Sensasi yang dirasakan penonton berbeda-beda, mulai dari hampir tak sadarkan diri hingga konsentrasi lebih kuat, seperti dilaporkan relawan.

“Kau bisa menyingkirkan kebisingan dan distraksi, juga Anda betul-betul menghayati film,” kata penonton bernama Jonna Blumborg.

“Saya mencoba melakukan apa yang disuruh, seperti merasakan tekstur kain, kulit, rambut dan sebagainya dan lebih mudah fokus karena suasana sangat gelap, hanya ada cahaya layar,” kata temannya, Louise Nilsson.

Penonton lain, Fredrik Sandsten, menjelaskan hipnotis itu membuatnya merasa berada dalam kondisi pikiran yang menyenangkan.

Baca juga :  Raih 300 Penghargaan ‘Game of the Year’, Last of Us Part II Cetak Sejarah

Festival film Swedia berlangsung pada 28 Januari sampai 6 Februari mendatang.(Nanang Middin)

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Kisah Kelam Keluarga Pendiri Gucci

TELENEWS.ID – Rodolfo Gucci atau biasa dikenal dengan Maurizio D’Ancora merupakan pendiri dan pencipta brand Gucci. Pada awalnya Rodolfo membuat brand Gucci...

Telkomsel Merugi Setelah Investasi di GOTO, Kok Bisa ?

TELENEWS.ID – PT Telkom Indonesia (Persero) melalui anak perusahaannya, Telkomsel melakukan investasi di PT Go To Gojek Tokopedia Tbk. Namun yang aneh...

Polemik Anggota TNI Aktif Dilantik Sebagai PJ Bupati

TELENEWS.ID – Pejabat pengganti Gubernur, Bupati, dan Walikota tahun ini sudah banyak yang dilantik. Terakhir Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian telah melantik...

Kedatangan Ten Hag Memberi Angin Segar Bagi Maguire dan Van De Beek

TELENEWS.ID - Erik Ten Hag secara resmi ditunjuk sebagai pelatih utama Manchester United menggantikan Ralf Rangnick untuk musim 2022/2023. Erik datang ke...