Home Internasional Update Kunjungan Bilateral Indonesia ke Korea Selatan, Ada Investasi ke IKN

Update Kunjungan Bilateral Indonesia ke Korea Selatan, Ada Investasi ke IKN

TELENEWS.ID – Pada Kamis (28/07/2022), Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali melanjutkan kunjungannya ke negara Asia Timur lain yaitu Korea Selatan. Setelah China dan Jepang, di Korea Selatan, Presiden Jokowi menemui Presiden Korea Selatan, Yoon Suk Yeol. Kedatangan Presiden Jokowi ke Kantor Kepresidenan Yongsan langsung disambut sendiri oleh Presiden Yoon Suk Yeol.

Dalam konferensi pers, Presiden Jokowi menyebut bahwa Korea Selatan merupakan mitra penting bagi Indonesia dan merupakan mitra strategi khusus. Bahkan Presiden Jokowi juga menyebut bahwa tahun depan, Indonesia dan Korea Selatan akan merayakan 50 tahun persahabatan kedua negara.

Presiden Jokowi tidak lupa memberikan selamat atas terpilihnya Presiden Yoon menjadi Presiden Korea Selatan yang baru. Presiden Jokowi juga yakin di bawah kepemimpinan presiden baru, Yoon Suk Yeol, kemitraan Indonesia dan Korea Selatan akan semakin kokoh terutama di bidang ekonomi, serta perdagangan yang semakin meningkat. Hal ini diyakini karena dari hasil pertemuan tersebut kedua negara sepakat untuk membuka pangsa pasar lebih luas untuk menghilangkan berbagai hambatan yang saat ini masih ada. Selain itu kedua negara masing-masing juga akan saling mempromosikan produk unggulan mereka.

Terkait hal ini kedua negara sepakat menandatangani nota kerja sama antara kementerian investasi/Badan koordinasi penanaman modal Indonesia dengan kementerian perdagangan, Perindustrian, dan Energi Korea Selatan dalam meningkatkan investasi hijau yang berkelanjutan.

Dari hasil pertemuan tersebut, Indonesia dam Korea Selatan sepakat untuk meningkatkan investasi untuk percepatan pembangunan khususnya di Indonesia dibidang industri baja, baterai kendaraan listrik, kabel listrik dan telekomunikasi, garmen, dan energi baru. Selain itu kedua negara juga sepakat bahwa Korea Selatan akan melakukan investasi di ibukota Indonesia yang baru dalam bidang penyediaan air minum dan pembangunan kota dengan metode smart city.

Baca juga :  Berbeda Pandangan, Dua Petinggi Facebook Bentrok

Terkait hal tersebut, muncul nota kesepahaman tersebut, ada protokol perubahan memorandum saling pengertian antara kementerian pekerjaan umum dan perumahan rakyat Indonesia dengan Kementerian pertahanan, Infrastruktur dan Transportasi Korea Selatan tentang kerja sama teknis pemindahan dan pembangunan ibukota negara baru.

Bukti dari adanya kerja sama yang disepakati kedua negara di industri baja ini adalah ditanda tanganinya nota kesepahaman antara Kementerian Investasi melalui PT Krakatau Steel dan Posco Korea Selatan. Nilai investasi yang disepakati adalah 6,7 miliar Dollar Amerika dan diharapkan akan menyerap 58,000 tenaga kerja Indonesia.

Selain itu perjanjian lain yang ditanda tangani adalah memorandum saling pengertian antara kementerian koordinator bidang kemaritiman dan investasi Indonesia dan kementerian kelautan dan perikanan korea selatan tentang kerja sama maritim. (Angela Limawan)

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Deretan Destinasi Incaran Wisatawan Berkonsep Alam dan Budaya di Papua, Simak Daftarnya

TELENEWS.ID - Berbicara seputar deretan tempat wisata unggulan sekaligus menjadi incaran semua wisatawan lokal sampai mancanegara pastinya memberi penawaran menarik.

Dianggap Berjasa, Layakkah Brigadir Yoshua Diangkat Sebagai Pahlawan?

TELENEWS.ID - Pengacara Brigadir Nopriansyah Yoshua Hutabarat, Kamaruddin Simanjuntak meminta Presiden Joko Widodo untuk mengangkat Brigadir Josua sebagai pahlawan pada peringatan HUT...

Sebelum Harga Mie Instan Naik 3 Kali Lipat, Yuk Cobain 5 Tips Makan Mie yang Sehat dan Bergizi

TELENEWS.ID - Harga mie instan dikabarkan akan mengalami kenaikan. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebut ada kemungkinan bahwa makanan cepat saji favorit...

Terbukti, Gigi Putih Bersih Bikin Kamu Terlihat Awet Muda dan Menarik di Mata Lawan Jenis

TELENEWS.ID - Gigi yang putih dan bersih memang menyenangkan untuk dilihat. Mereka yang memiliki gigi putih, bersih dan rapi menjadi penanda bahwa...