Home Nasional Politik Usai Rakernas PDI-P, Tidak Ada Nama Bacapres dan Bacawapres, Peluang Puan Masih...

Usai Rakernas PDI-P, Tidak Ada Nama Bacapres dan Bacawapres, Peluang Puan Masih Terbuka

TELENEWS.ID – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) telah menyelesaikan rangkaian acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) yang diadakan sejak 21 Juni hingga 23 Juni 2022 lalu. Namun senada dengan rapat pimpinan nasional (Rapimnas) yang diadakan oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sebelumnya, yang diakhiri tanpa adanya nama bakal calon presiden (Bacapres) atau bakal calon wakil presiden (Bacawapres) yang dideklarasikan.

Sejumlah pihak menilai, belum adanya nama bacapres ataupun bacawapres yang dideklarasikan akan diusung oleh partai kepala banteng ini, dikarenakan masih ingin mendongkrak elektabilitas dan popularitas Puan Maharani untuk dicalonkan sebagai bacapres untuk pemilu 2024 mendatang.

Menurut Direktur Eksekutif Trias Politika Strategis, Agung Baskoro, PDI-P masih ingin memanfaatkan sisa waktu yang ada untuk berusaha mendongkrak elektabilitas dan popularitas Puan yang sebenarnya sangat ingin dicalonkan partai. Namun sepertinya akan sulit sampai detik terakhir dan PDI-P wajib untuk mengeluarkan satu nama yang akan diusung nanti.

Agung juga menuturkan bahwa sejak dimulainya Rakernas pada Selasa (21/06/2022) lalu, ketua Umum PDI-P, Megawati Soekarnoputri banyak memberikan tekanan tegas yang ditujukan terutama kepada Joko Widodo dan Ganjar Pranowo selaku kader PDI-P bahwa dirinya masih ingin berusaha untuk mencalonkan putrinya, Puan Maharani sebagai capres.

Diketahui sebelumnya, Presiden Joko Widodo menghadiri deklarasi pendukungnya di masa pencalonan dulu, Projo di Jawa Tengah dan mengundang Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Jokowi juga sempat memberikan sinyal mendukung Ganjar dalam pemilu 2024 mendatang walaupun dirinya menegaskan tidak boleh terburu-buru mengambil keputusan.
Dalam rakernas juga Megawati berusaha untuk menekankan kepada seluruh kader PDI-P bahwa dirinya merupakan kekuatan absolut penentu capres dari PDI-P yang tidak akan bisa diintervensi oleh siapapun.

Baca juga :  Pertemuan dan Rencana Koalisi Partai Nonparlemen di 2024

PDI-P sebenarnya memiliki dua pilihan dalam mencalonkan capres yang akan diusung, yaitu Puan Maharani dan Ganjar Pranowo. Nama Ganjar semakin hari semakin menguat di sejumlah lembaga survei dan sudah banyak dukungan publik yang mendeklarasikan sebagai pendukung Ganjar. Bahkan Ganjar juga masuk dalam bursa bacapres dari Partai Nasdem beberapa waktu lalu dan bersaing dengan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Ganjar juga sudah mendapat tanda-tanda lampu hijau dari Presiden Joko Widodo untuk menggantikan dirinya sebagai presiden pada rakernas Projo beberapa waktu lalu. Presiden Joko Widodo sendiri disebut-sebut juga mampu menjadi key makers untuk penentu capres dan cawapres pemilu 2024 dari PDI-P.

Sedangkan Puan Maharani sendiri masih sangat memprihatinkan hasil elektabilitas dan popularitasnya di sejumlah survei nasional. Sekalipun Puan didukun hampir seluruh kader PDI-P untuk menjadi bacapres yang akan diusung PDI-P, namun hal ini tidak bisa disamakan dengan dukungan dari publik Indonesia yang saat ini belum terlihat baik.

Baca juga :  Duet Sahroni-Airin, Buntut Pertemuan Nasdem-Golkar

Agung menegaskan bahwa jika PDI-P tidak egois dan memaksakan mencalonkan Puan dengan hasilnya yang masih sangat rendah ini. Akan sangat rasional dengan mencalonkan Ganjar Pranowo sebagai capres. Bahkan PDI-P juga tidak membutuhkan koalisi karena sudah memenuhi syarat presidential thershold. (Angela Limawan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Deretan Destinasi Incaran Wisatawan Berkonsep Alam dan Budaya di Papua, Simak Daftarnya

TELENEWS.ID - Berbicara seputar deretan tempat wisata unggulan sekaligus menjadi incaran semua wisatawan lokal sampai mancanegara pastinya memberi penawaran menarik.

Dianggap Berjasa, Layakkah Brigadir Yoshua Diangkat Sebagai Pahlawan?

TELENEWS.ID - Pengacara Brigadir Nopriansyah Yoshua Hutabarat, Kamaruddin Simanjuntak meminta Presiden Joko Widodo untuk mengangkat Brigadir Josua sebagai pahlawan pada peringatan HUT...

Sebelum Harga Mie Instan Naik 3 Kali Lipat, Yuk Cobain 5 Tips Makan Mie yang Sehat dan Bergizi

TELENEWS.ID - Harga mie instan dikabarkan akan mengalami kenaikan. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebut ada kemungkinan bahwa makanan cepat saji favorit...

Terbukti, Gigi Putih Bersih Bikin Kamu Terlihat Awet Muda dan Menarik di Mata Lawan Jenis

TELENEWS.ID - Gigi yang putih dan bersih memang menyenangkan untuk dilihat. Mereka yang memiliki gigi putih, bersih dan rapi menjadi penanda bahwa...