Home Internasional Utada Hikaru Ngaku 'Non-Biner', Minta Dipanggil ‘Mx’

Utada Hikaru Ngaku ‘Non-Biner’, Minta Dipanggil ‘Mx’

TELENEWS.ID – Penyanyi pop asal Jepang, Utada Hikaru, belum lama membuat kehebohan di dunia maya setelah mengaku sebagai ‘non-biner’ alias tidak mengasosiasikan diri sebagai laki-laki atau perempuan. Ia pun minta dirinya tidak lagi dipanggil dengan sebutan Miss atau Ms, melainkan Mix atau Mx.

Hal tersebut diungkap Hikaru lewat sebuah unggahan instagram tanggal 18 Juni silam. “Aku lelah ditanya mau dipanggil ‘Miss’ atau ‘Missus’ atau harus memilih antara ‘Miss/Mrs/Ms setiap hari. Aku tidak nyaman diidentifikasi lewat jenis kelamin atau status pernikahan. Aku juga tidak merasa menjadi bagian itu semua,” curhatnya.

Dalam unggahan tersebut, Utada juga merasa seakan dipaksa untuk mengidentifikasikan diri dalam masyarakat. Ia berharap adanya opsi alternatif yang bisa digunakan siapapun dari jenis kelamin atau status sosial apapun, dan mengaku akan meidentifikasi dirinya dengan sebutan ‘Mix’ atau ‘Mx’.

Setelah menulis sepanjang ini, aku mencari dan menemukan Mx (diucapkan sebagai ‘mix’) disarankan untuk digunakan. Menurutku ini luar biasa, dan aku berharap hal ini bisa digunakan lebih banyak lagi. Aku khawatir ideku untuk sebutan netral datang terlalu lama,” pungkas pelantun ‘First Love’ itu.

Pada hari Jumat (25 Juni) silam, Utada pun menegaskan statusnya tersebut secara langsung dalam sebuah livestream bersama sutradara anime Neon Genesis Evangelion, Hideaki Anno. “Anda tahu, ini adalah bulan Juni, dan saya adalah non-biner. Happy Pride Month (bulan perayaan kaum LGBT)”! tutur Utada kepada para fans yang menyaksikannya lewat internet.

Non-Binary atau disebut Genderqueer merupakan stilah identitas gender yang tidak merujuk secara spesifik pada salah satu gender seperti perempuan maupun laki-laki. Seorang non-biner dapat berada di antara ataupun di luar dua gender tersebut. Dalam konteks ini, identitas gender merujuk pada persepsi internal seseorang.

Baca juga :  Buntut Protes Jeff Bezos, Kontrak Astronot SpaceX Dengan NASA Ditangguhkan

Kelompok nonbiner menganggap dirinya memiliki dua jenis kelamin sekaligus, karena itulah kata ganti orang ketiga atau jamak untuk kelompok orang dengan identitas gender sebagai nonbiner biasanya adalah “mereka” (they) atau “kita” (us) bukan “dia“ yang di bahasa Inggris dibedakan sesuai gender fisik (she/her atau he/him).

Selain Utada Hikaru, sejumlah selebriti dan musisi papan atas dunia juga telah menyatakan diri sebagai non-binary, diantaranya Sam Smith, Demi Lovato hingga Ruby Rose. (Billy Bagus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Startup Indonesia Lakukan PHK Besar, Ada Apa?

TELENEWS.ID – Beberapa hari lalu, perusahaan startup Indonesia seperti LinkAja, Zenius, SiCepat, dan JD.ID melakukan pemutusan hubungan kerja kepada sejumlah karyawannya. Hal...

Elon Musk Batal Bangun Pabrik Tesla di India, Peluang Indonesia Semakin Besar

TELENEWS.ID – Dikutip dari India Times dan ABP Live, Elon Musk memutuskan untuk tidak berinvestasi di India dalam membangun pabrik mobil Tesla...

Ibukota Akan Pindah, Bagaimana Pertahanan Udaranya?

TELENEWS.ID - Pemindahan Ibukota negara ke Penajam, Paser Utara, Kalimantan Timur harus dibarengi dengan pertahanan udara yang maksimal. Karena, posisi Ibukota tersebut...

Pemprov DKI Mengandalkan SPAM untuk Mengatasi Akses Air Bersih

TELENEWS.ID - Untuk mengatasi masalah banjir dan juga menanggulangi masalah air bersih di DKI Jakarta, Pemprov DKI Jakarta mendapatkan kucuran dana dari...