Home Gaya hidup Kesehatan Vaksin PCV Sudah Gratis dan Bisa Dijadikan Program Rutin, Yuk Cek Manfaatnya

Vaksin PCV Sudah Gratis dan Bisa Dijadikan Program Rutin, Yuk Cek Manfaatnya

TELENEWS.ID – Vaksin PCV cukup penting untuk anak-anak dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Beberapa jenis vaksin di Indonesia yang secara khusus ditujukan untuk anak-anak juga dibutuhkan lebih dari satu. Sehingga vaksin PCV ini juga diperhitungkan untuk melihat seperti apa instrumen penting dari manfaat vaksinasi dasar yang bisa diakses di Posyandu.

Jenis vaksin PCV ini sebenarnya sudah umum diberikan, hanya saja beberapa waktu terakhir jenis vaksin PCV ini sudah bisa diakses secara gratis.

Vaksinasi tambahan memang butuh biaya tambahan, terutama tipe vaksin seperti PCV ataupun Pneumococcal Conjugate Vaccine. Hanya butuh satu kali suntik saja orang tua perlu mengeluarkan biaya mencapai 500 ribu sampai 1 juta Rupiah.

Namun, saat ini Anda tidak perlu khawatir lagi karena Pemerintah sendiri telah memasukkan vaksin PCV ini ke program imunisasi dasar yang mana dapat mendapatkan manfaat pemberian vaksin PCV seperti informasi berikut ini.
Mencegah Gangguan Pneumonia Pada Anak-anak

Secara tidak langsung ada poin penting dimana ada beberapa opsi yang diberikan untuk mencegah terjadinya gangguan pneumonia yang diakibatkan dari bakteri pnemokokus. Pada usia anak tertentu terutama balita perlu perlindungan ekstra dari serangan bakteri tersebut. Sehingga pemberian vaksin PCV ini diperlukan untuk mengurangi resiko paparan bakteri pneumokokus.

Pemberian Vaksin PCV Diberikan Sebanyak 3 Dosis dan Gratis
Pada faktanya vaksin PCV gratis di Puskesmas diberikan secara gratis sebanyak 3 dosis. Kemudian pada vaksin pertama diberikan pada usia 2 bulan diikuti dengan dosis 3 bulan, sedangkan pada dosis ketiga masih diberikan anak pada usia 1 tahun sehingga perhatikan dari jadwal pemberiannya dan jangan sampai terlambat untuk pemberian vaksin PCV tersebut untuk si kecil.

Pantau Gejala KIPI ataupun Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi Ringan
Tipe vaksinasi lainnya juga diperhitungkan dan akhirnya vaksin PCV ini biasanya diikuti dengan gangguan kesehatan ringan seperti bengkak di bekas area suntikan, nyeri, dan merasa demam. Dari gejala tersebut sudah dianggap biasa dan normal sehingga para orang tua perlu mendampingi hingga tidak perlu khawatir karena bisa berlangsung selama 2 hari.

Baca juga :  Tak Hanya Mencerahkan, 5 Makanan Ini Juga Ampuh Kencangkan Kulit. Bikin Awet Muda Bund!

Terdapat 4 Daerah di Indonesia Bisa Mengakses PCV Gratis
Program vaksinasi PCV gratis ini bisa didapatkan di Puskesmas di daerah Jawa Barat, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, dan Bangka Belitung. Namun, tidak menutup kemungkinan ada jangkauan lebih luas terhadap proses vaksinasi di semua daerah Indonesia dalam beberapa tahun ke depan.

Karena itu dari 4 daerah tersebut diperlukan optimasi vaksinasi PCV yang mana dapat memberi optimalisasi terhadap kekebalan tubuh terhadap bakteri sekaligus adanya tambahan vaksinasi Covid 19 sebagai pelengkap. (Stefanus Bernadi)

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Sebelum Harga Mie Instan Naik 3 Kali Lipat, Yuk Cobain 5 Tips Makan Mie yang Sehat dan Bergizi

TELENEWS.ID - Harga mie instan dikabarkan akan mengalami kenaikan. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebut ada kemungkinan bahwa makanan cepat saji favorit...

Terbukti, Gigi Putih Bersih Bikin Kamu Terlihat Awet Muda dan Menarik di Mata Lawan Jenis

TELENEWS.ID - Gigi yang putih dan bersih memang menyenangkan untuk dilihat. Mereka yang memiliki gigi putih, bersih dan rapi menjadi penanda bahwa...

Pertamina Jadi Perusahaan RI Satu-satunya Masuk ke Fortune Global 500, yuk Simak Faktanya

TELENEWS.ID - Sejumlah prestasi dan kontribusi Pertamina untuk menyediakan energi bagi masyarakat Indonesia masih terus ditingkatkan. Bentuk prestasi Pertamina...

Mentan Sarankan Masyarakat Konsumsi Singkong untuk Gantikan Gandum yang Semakin Mahal

TELENEWS.ID - Kondisi harga gandum secara global mengalami perubahan dan meningkat lebih mahal karena kondisi perang Rusia-Ukraina. Alhasil dari...