Home Olah Raga Van Dijk Pastikan Diri Absen Di EURO 2020

Van Dijk Pastikan Diri Absen Di EURO 2020

TELENEWS.ID – Punggawa andalan Liverpool, Virgil Van Dijk, akhirnya resmi memutuskan untuk absen membela Belanda di ajang EURO 2020 mendatang. Bek sentral tangguh itu lebih memilih untuk fokus memulihkan cedera parah yang dideritanya bulan Oktober tahun silam.

Van Dijk memang telah absen membela Liverpool selama kurang lebih 7 bulan. Ia menderita kerusakan ligamen lutut akibat mendapat tekel dari Jordan Pickford di laga derby Merseyside kontra Everton tahun silam. Kendati cedera tersebut hampir pulih 100%, Van Dijk menarik diri dari ajang EURO 2020 karena merasa akan tidak maksimal jika memaksakan diri.

“Dengan segala situasi yang terjadi, saya merasa keputusan yang tepat untuk tubuh saya adalah tidak pergi ke Euro nanti,” tutur Van Dijk dalam sebuah wawancara. “Saya akan melanjutkan fase terakhir pemulihan cedera saya saat libur kompetisi. Setelah itu saya akan fokus di pra musim bersama klub dan itu target realistis saya,”.

Keputusan tersebut tentu menjadi pukulan cukup telak bagi tim nasional Belanda. Pasalnya, sebelum dihantam cedera, Van Dijk merupakan sosok tak tergantikan di pertahanan Oranje dan bahkan didapuk untuk mengenakan ban kapten.

“Tentu saja saya terpukul tidak bisa ikut EURO, tidak bisa memimpin rekan-rekan senegara, tetapi inilah yang terjadi dan saya, kita semua harus menerimanya,” papar Van Dijk dengan nada sendu. “Saya pikir keputusan untuk tidak terlibat adalah keputusan yang tepat dalam rencana jangka panjang. Ini berat, tapi saya harus berdamai dengannya,” tukasnya kemudian.

Sejak menjalani debut di timnas Belanda tahun 2015 silam, Van Dijk telah mencatatkan 38 kali penampilan (caps) dengan torehan empat gol. Ia dipercaya menjadi kapten pada tahun 2018 silam. Pemain yang disinyalir memiliki keturunan China itu dianggap sebagai salah satu bek modern terbaik di dunia saat ini.

Baca juga :  Deretan Fakta Menarik Kala Internazionale Runtuhkan Dominasi Juventus di Serie A

Bukan hanya dibekali fisik mumpuni, namun Van Dijk juga memiliki bakat alami dalam membaca permainan dan mempunyai jiwa kepemimpinan yang tinggi. Didatangkan oleh Liverpool dari Southampton, Van Dijk menjadi sosok kunci kejayaan klub asuhan Jurgen Klopp itu hingga mampu meraih gelar juara Liga Primer Inggris musim silam.

Sayangnya, kiprah Van Dijk di lapangan hijau harus terhenti untuk waktu yang cukup lama. Hingga saat ini, sang tembok pertahanan telah bermain di total 95 laga bersama The Reds dan mencetak sepuluh gol. (Billy Bagus)

Most Popular

Kenali Beberapa Risiko Penyakit dan Karakteristik Berdasarkan Golongan Darah

TELENEWS.ID - Apapun yang berkaitan dengan golongan darah tampaknya selalu menarik untuk disimak. Informasi mengenai diet sesuai golongan darah ataupun karakteristik seseorang...

Jumlah Miner Kripto Berkurang, Stok Kartu Grafis Diprediksi Segera Normal

TELENEWS.ID - Kabar baik bagi para pemilik PC gaming yang hendak meng-upgrade perangkat mereka, stok kartu grafis (VGA) disebut akan segera meningkat....

Disamakan Dengan Musuh Batman, Jeff Bezos Dilarang Balik Ke Bumi

TELENEWS.ID - Belum juga berangkat ke luar angkasa, Jeff Bezos sudah dilarang kembali ke bumi. Belum lama, beredar sebuah petisi online yang...

Untung Saja Belanda Masih Punya Mathijs De Ligt

TELENEWS.ID - Kemenangan meyakinkan Belanda kontra Austria membuktikan bahwa mereka beruntung masih memiliki Mathijs De Ligt. Bek sentra belia Juventus itu mampu...