Home Olah Raga Van Dijk Pastikan Diri Absen Di EURO 2020

Van Dijk Pastikan Diri Absen Di EURO 2020

TELENEWS.ID – Punggawa andalan Liverpool, Virgil Van Dijk, akhirnya resmi memutuskan untuk absen membela Belanda di ajang EURO 2020 mendatang. Bek sentral tangguh itu lebih memilih untuk fokus memulihkan cedera parah yang dideritanya bulan Oktober tahun silam.

Van Dijk memang telah absen membela Liverpool selama kurang lebih 7 bulan. Ia menderita kerusakan ligamen lutut akibat mendapat tekel dari Jordan Pickford di laga derby Merseyside kontra Everton tahun silam. Kendati cedera tersebut hampir pulih 100%, Van Dijk menarik diri dari ajang EURO 2020 karena merasa akan tidak maksimal jika memaksakan diri.

“Dengan segala situasi yang terjadi, saya merasa keputusan yang tepat untuk tubuh saya adalah tidak pergi ke Euro nanti,” tutur Van Dijk dalam sebuah wawancara. “Saya akan melanjutkan fase terakhir pemulihan cedera saya saat libur kompetisi. Setelah itu saya akan fokus di pra musim bersama klub dan itu target realistis saya,”.

Keputusan tersebut tentu menjadi pukulan cukup telak bagi tim nasional Belanda. Pasalnya, sebelum dihantam cedera, Van Dijk merupakan sosok tak tergantikan di pertahanan Oranje dan bahkan didapuk untuk mengenakan ban kapten.

“Tentu saja saya terpukul tidak bisa ikut EURO, tidak bisa memimpin rekan-rekan senegara, tetapi inilah yang terjadi dan saya, kita semua harus menerimanya,” papar Van Dijk dengan nada sendu. “Saya pikir keputusan untuk tidak terlibat adalah keputusan yang tepat dalam rencana jangka panjang. Ini berat, tapi saya harus berdamai dengannya,” tukasnya kemudian.

Sejak menjalani debut di timnas Belanda tahun 2015 silam, Van Dijk telah mencatatkan 38 kali penampilan (caps) dengan torehan empat gol. Ia dipercaya menjadi kapten pada tahun 2018 silam. Pemain yang disinyalir memiliki keturunan China itu dianggap sebagai salah satu bek modern terbaik di dunia saat ini.

Baca juga :  Alasan Inggris Memainkan Semua Pertandingan Euro 2020 di Wembley dan Bergemanya ‘Football Is Coming Home’

Bukan hanya dibekali fisik mumpuni, namun Van Dijk juga memiliki bakat alami dalam membaca permainan dan mempunyai jiwa kepemimpinan yang tinggi. Didatangkan oleh Liverpool dari Southampton, Van Dijk menjadi sosok kunci kejayaan klub asuhan Jurgen Klopp itu hingga mampu meraih gelar juara Liga Primer Inggris musim silam.

Sayangnya, kiprah Van Dijk di lapangan hijau harus terhenti untuk waktu yang cukup lama. Hingga saat ini, sang tembok pertahanan telah bermain di total 95 laga bersama The Reds dan mencetak sepuluh gol. (Billy Bagus)

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Berniat Menghibur, Tapi 5 Hal Ini Tak Boleh Dilakukan pada Wanita yang Suaminya Meninggal Dunia

TELENEWS.ID - Betapa hancur hati Nadzira Shafa istri dari almarhum Ameer Azzikra, adik selebgram Alvin Faiz yang tak lain juga putra kedua...

Permohonan Gubernur Anies Baswedan untuk bertemu dengan Bapak Presiden Ir. Joko Widodo

TELENEWS.ID - Saya, Prof. Otto Cornelis Kaligis, Warga Binaan Lapas kelas satu Sukamiskin Bandung, dalam kedudukan saya sebagai praktisi dan ahli hukum,...

Inikah 5 Alasan Nekat Pria Berselingkuh Meski Sudah Punya Pasangan Sempurna?

TELENEWS.ID - Beberapa waktu lalu jagat media sosial dikejutkan dengan kabar YouTuber dan influencer Nessie Judge yang mengakhiri hubungan dengan kekasihnya, Bram...

Pemerintah Hormati Putusan MK Terkait UU Cipta Kerja

TELENEWS.ID - Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa pemerintah menghormati dan segera melaksanakan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 91/PUU-XVIII/2020 terkait Undang-Undang (UU) Nomor...